in ,

Tips Liburan ke Nusa Penida, 1 Day Trip

Pantai di Nusa Penida
Pantai di Nusa Penida

Nusa Penida adalah salah satu destinasi terbaik di Provinsi Bali. Tempat ini terkenal dengan keindahan pantainya. Ada banyak tujuan wisata yang keren. Mungkin kamu pernah mendengar nama Broken Beach atau Diamond Beach. Semua itu ada di Nusa Penida. Untuk ke sini bisa dibilang susah-susah gampang.

Baca juga : Museum Ne’ Gandeng, Menghargai Leluhur dalam Balutan Pesona Toraja

Butuh trik khusus agar liburamu lebih maksimal Teman Traveler. Sebenarnya kalau ingin mudah, bisa menggunakan jasa open trip atau privat trip dengan harga yang lebih mahal. Namun jika ingin berangkat sendiri juga bisa, tapi perhatikan beberapa hal berikut ini ya.

1. Ikut Penyebrangan Paling Pagi

Nusa Penida
Nusa Penida Photo by Dika Pebriyanta

Jika Teman Traveler berangkat dari Kuta atau kota Denpasar, sudah ada transportasi umum seperti Trans Dewata yang akan langsung mengantarkanmu ke Pelabuhan Sanur tempat penyebrangan ke Nusa Penida. Atau bisa juga menyewa sepeda motor.

Jadwal penyebrangan paling pagi biasanya adalah jam 07.00 waktu setempat. Tempat travele usahakan untuk ikut yang paling pagi ini. Jika kesiangan maka durasi trip di Nusa Penida jadi lebih singkat, sehingga mungkin beberapa destinasi tidak bisa dikunjungi karena kehabisan waktu. Tiketnya sekitar Rp 75.000 per orang untuk sekali jalan dan bisa langsung di beli On The Spot.

2. Isi Perut dan Isi Bensin Lebih Dulu

Broken Beach
Broken Beach Photo by Nick Wehrli

Begitu tiba di Nusa Penida, sudah akan ada yang menawarkan sewa sepeda motor atau mobil. Lebih enak jika sudah memesan jauh hari. Namun jika tidak, Teman Traveler bisa sewa pada saat tiba di Nusa Penida. Rata-rata biaya sewanya untuk satu motor adalah Rp 75.000 dan bisa ditawar. Sudah dapat kendaraan, jangan langsung gas ya. SPBU ada di dekat pelabuhan, sebaiknya isi bensin terlebih dahulu. Jika belum sarapan, juga ada deretan warung makan dengan berbagai menu enak.

3. Tentukan Destinasi Pilihan

Pantai di Nusa Penida
Pantai di Nusa Penida Photo by Dimitri Dim

Sebenarnya 1 Day Trip di Nusa Penida bukanlah rekomendasi terbaik. Jika ingin liburanmu benar-benar maksimal, bisa menginap dan eksplore selama dua hari. Meski begitu, dalam satu hari pun Teman Traveler juga bisa ke berbagai tempat. Caranya adalah pilih destinasi yang areanya berdekatan. Contohnya area selatan saja atau area utara saja.

Jika cuma 1 hari, bisa pilih yang area selatan dengan destinasi. Pantai Klingking, Broken Beach atau Angel Billabong, lalu ke Crystal Bay. Kalau ingin ke semua destinasi ya bisa juga. Tapi waktu di setiap spot hanya sebentar karena dikhawatirkan akan ketinggalan kapal.

4. Perhatikan Waktu

Broken Beach Nusa Penida
Broken Beach Nusa Penida Photo by Alesia Kozik

Jika sudah menentukan ingin 1 day trip saja, sebaiknya langsung beli tiket pp. Jadi nanti waktu mau pulang tinggal naik kapal saja. Jadwal penyebrangan trakhir dari Nusa Penida ke Bali adalah jam 17.00 jadi, pukul 16.00 Teman Traveler sudah ada di dekat pelabuhan ya agar tidak ketinggalan kapalnya.

Itulah beberapa tips liburan di Nusa Penida untuk Teman Traveler. Ada rencana ke sini dalam waktu dekat? Semoga tips ini membantu ya. Next

ramadan
Edinburgh

Kota Terbaik di Dunia 2022 versi Time Out

Agrowisata Belimbing Moyoketen, Piknik, Kulineran, sampai Pusat Oleh-Oleh Serba Belimbing