in , ,

Tips Makan di Restoran Saat Pandemi Covid-19, Menurut IKatan Dokter Indonesia

fi tips makan di restoran saat pandemi

PPKM Level 3 dan 4 masih berlanjut hingga 2 Agustus 2021 dan sejumlah peraturan disesuaikan salah satunya diperbolehkan dine in di tempat makan langsung namun diberi waktu 20 menit saja. Berikut tips makan di restoran saat pandemi covid-19 menurut Ikatan Dokter Indonesia. Yuk simak penjelasannya.

Baca juga : Ingin Liburan Tapi Sulit Kantongi Izin Ortu? Simak 5 Tipsnya!

1. Ventilasi Udara di Restoran

ventilasi di restoran
Ilustrasi via pexels Rachel Claire

Dikutip dari Kompas.com, menurut Eka Ginanjar Sekjen Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dari sisi ventilasi, makan di tempat terbuka di luar ruangan lebih baik. Atau pastikan ada ventilasi besar pada tempat makan agar udara bisa berganti dengan baik.

2. Menerapkan Protokol Kesehatan Ketat

menerapkan protokol kesehatan
Ilustrasi via pexels Magda Ehlers

Selanjutnya perhatikan juga tempat makan yang dituju sudah menerapkan protokol kesehatan ketat seperti menjaga kapasitas, mengecek suhu tubuh pengunjung sebelum masuk, menyediakan tempat cuci tangan serta hand sanitizer, staf restoran selalu menggunakan masker dan sarung tangan, serta ada pemeriksaan kesehatan berkala bagi karyawan restoran.

3. Meja dan Kursi Dibersihkan Secara Rutin

meja dan kursi dibersihkan
Ilustrasi via pexels Ketut Subiyanto

Kemudian Teman Traveler harus memastikan meja dan kursi restoran yang akan dikunjungi secara rutin dibersihkan. Selain itu menerapkan social distancing, adanya batas jarak pada meja makan.

4. Memilih Restoran Dengan Menu Individual

memilih restoran dgn menu individual
Ilustrasi via pexels Rachel Claire

Teman Traveler harus menghindari sistem makan prasmanan dan memilih restoran dengan menu porsi individual. Lalu jangan memesan terlalu banyak tetapi pesan menu yang cukup, mengingat saat ini diberlakukan waktu makan setiap orang 20 menit.

5. Manfaatkan Layanan Pesan Antar

manfaatkan layanan pesan antar
Ilustrasi via pexels Norma Mortenson

Selanjutnya Eka Ginanjar mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan layanan pesan antar makanan dari restoran. Opsi ini lebih aman daripada makan di tempat kulinernya langsung. Namun, harus memastikan juga bahwa makanan yang dikirim kemasannya tersegel rapi, bersih dan bisa disemprot dengan alkohol atau disinfektan bagian bungkus luarnya terlebih dahulu.

Demikian tips makan di restoran saat pandemi covid-19, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan di mana pun Teman Traveler berada. Next

ramadan
fi situs warisan unesco terbaru

UNESCO Menambahkan Situs Warisan Dunia Terbaru di Eropa dan Asia

Bali

Negara yang Tawarkan Vaksin Covid-19 Untuk Wisatawan