in , ,

Tips Pilih Koper Buat Traveler, Jangan Asal Beli Lho

Panduan Memilih Koper untuk Temani Perjalanan, Awas Salah Pilih!

Ilustrasi membawa koper saat liburan
Ilustrasi membawa koper saat liburan via Pexels

Selain ransel, koper jadi salah satu kebutuhan penting seorang traveler. Sayangnya, tak sedikit orang yang kerap bingung memilih koper ideal untuk teman perjalanan. Nah, agar Teman Traveler tak mengalami situasi sama, simak tips pilih koper buat traveler berikut ini. Yuk, kita simak bersama.

Baca juga : Wisata Religi di Tuban, Menilik Sejarah yang Mengagumkan

Pilih Ukuran Koper

luggage_933487_1280_4qm.jpg
Ilustrasi ukuran koper via Pixabay

Bagi Teman Traveler yang belum tahu, koper terdiri dari beberapa jenis ukuran. Biasanya dibagi berdasarkan satu inch alias inci (“). Kalian bisa pilih ukuran kabin (16″, 18″, dan 20”), medium (22″ dan 24″), atau large (28″ dan 32″).

brandless_xv_poepk5ck_unsplash_0Yt.jpg
Ilustrasi ukuran koper via Unsplash

Jika Teman Traveler termasuk tipe yang sering bepergian seorang diri dengan rentang waktu kurang dari seminggu, koper ukuran kabin adalah pilihan terbaik. Sebaliknya, koper medium dan large lebih cocok untuk kalian yang bepergian bersama pasangan maupun anak, atau jalan-jalan antara 1-2 minggu.

Satu lagi yang perlu Teman Traveler ketahui adalah koper medium dan large harus masuk bagasi pesawat. Jadi siap-siap mengeluarkan biaya ekstra jika membawa koper jenis ini ya.

Memilih Merek dan Harga Koper

brandless_9j3xpu4dc6e_unsplash_sEP.jpg
Ilustrasi merek koper via Unsplash

Dalam budaya Jawa dikenal pepatah, ‘rego nggowo rupo’. Artinya kurang lebih, kualitas serta rupa menyesuaikan harga. Hal ini juga berlaku dalam memilih jenis koper. Semakin mahal harganya, bisa dipastikan barangnya bakal berkualitas jempolan dan mengusung merek ternama.

Koper sendiri termasuk salah satu investasi jangka panjang untuk seorang traveler. Jadi Teman Traveler tak perlu ragu untuk merogoh kocek sedikit dalam demi mendapat barang kualitas terbaik. Patokan harga untuk koper 20 inci berkualitas tinggi adalah sekitar Rp700.000.

Perhatikan Bahan Koper

tommaso_pecchioli_03nt4wml1kk_unsplash_bLc.jpg
Ilustrasi bahan koper via Unsplash

Secara umum ada dua bahan koper yang bisa Teman Traveler pilih, yaitu hard case dan soft case. Koper jenis pertama lebih kokoh, namun rentan retak saat proses pengangkutan di bandara. Solusinya, carilah koper hard case yang terbuat dari PC atau poly carbonate.

Sementara buat Teman Traveler yang lebih menyukai bahan soft case, pilihlah yang terbuat dari bahan ballistic nylon. Jenis material ini diyakini tidak mudah robek dan cukup awet digunakan jangka panjang.

Keamanan Koper

img_20191104_152957_ku8.jpg
Ilustrasi keamanan koper (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Satu lagi yang jangan sampai terlewat adalah mengecek keamanan koper. Cermati bahan resletingnya, terbuat dari logam anti tusuk atau tidak. Selain itu jangan lupa cek mekanisme kunci koper. Bagian ini wajib dibuat dengan standar TSA (Travel Sentry Approved).

Jenis Roda Koper

alex_holyoake_g8zceu8unvi_unsplash_x6F.jpg
Ilustrasi jenis roda koper via Pexels

Meski kelihatan sepele, Teman Traveler juga sebaiknya memperhatikan jenis roda koper sebelum membeli. Jenisnya ada dua, yakni dua roda (upright) dan empat roda (spinner). Umumnya para traveler bakal memilih tipe kedua karena lebih memudahkan bergerak di permukaan rata.

Tempat Membeli Koper

beautiful_blur_casual_935756_Jgn.jpg
Ilustrasi membeli koper via Pexels

Terakhir, Teman Traveler harus jeli memilih toko untuk membeli koper, terutama buat kalian yang berencana membeli online. Jika sudah menemukan merek koper dengan feature yang diincar, sebaiknya kalian membeli di official store untuk menghindari kena tipu.

Jika memilih membeli di toko lain, pastikan untuk menggunakan jasa marketplace dan atau vendor dengan reputasi baik. Cek ulasan para pelanggan sebelumnya. Dari situ, Teman Traveler bakal bisa menilai apakah toko tersebut benar-benar trusted atau tidak.

Nah, itulahlah beberapa tips pilih koper buat traveler. Jangan sampai asal beli karena murah atau tergiur model lucu. Ayo, buruan hunting koper idamanmu dan siap jalan-jalan ke Bali atau Bandung! Next

ramadan

5 Street Food Terekstrem di Dunia, Ada Embrio Bebek!

6 Spot Foto Solo yang Wajib Disambangi, Yuk Simak!