in , , , ,

Musim Hujan Ingin Touring Tetap Aman? Yuk Simak Tipsnya!

Turing bersama menggunakan sepeda motor
Turing bersama menggunakan sepeda motor

Musim hujan tidaklah menjadi penghalang bagi kaum traveler yang hobi jalan-jalan. Apalagi menuju lokasi destinasi menggunakan sepeda motor berbarengan menjadi pengalaman yang seru serta menyenangkan. Dengan modal waspada dan hati-hati ketika melakukan touring saat musim hujan. Banyak yang harus diperhatikan mulai dari fisik hingga kondisi motor sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga : Sentra Pembuatan Emping Jengkol Di Bogor Dan Khasiatnya Bagi Kesehatan

Turing bersama menggunakan sepeda motor
Turing bersama menggunakan sepeda motor. Foto via liputan6.com

Nah, agar perjalanan touring kamu lebih nyaman dan menyenangkan meskipun musim hujan, yuk simak beberapa tips dibawah ini.

Cek Kondisi Motor

Hal paling utama dan terpenting saat kalian ingin melakukan perjalana touring ketika musim hujan adalah mengecek kondisi kendaraan. Mulai dari cek kondisi ban dan tekanan angin serta pola ban yang terdapat dimotor mu. Hal krusial lainnya adalah kampas rem depan dan belakang, Oli mesin, gear dan rantai mesin, lampu sein, lampu sorot dan lampu rem, hingga bagian detail lainnya.

Cek kondisi mesin terutama ban ketika ingin melakukan perjalana touring
Cek kondisi mesin terutama ban ketika ingin melakukan perjalana touring. Foto via otosia.com

Mesin motor juga perlu di cek pada bengkel resmi sehingga semakin optimal ketika akan melakukan perjalanan panjang. Pastinya kamu tidak menginginkan kendaraan mogok yang bakal merepotkanmu ketika diperjalanan. Ban menjadi paling utama ketika dibuat perjalanan musim hujan, karena akan menambah licin jalanan.

Sedia Jas Hujan

sedia jas hujan ketika touring di musim hujan
sedia jas hujan ketika touring di musim hujan. Foto via motorplus.com

Musim hujan pastinya penjulan jas hujan semakin banyak dipinggir jalan. Untuk kamu yang belum memiliki jas hujan, sangat penting untuk menyediakan jas hujan didalam jok motor ketika musim hujan. Pilihlah jas hujan model baju dan celana yang terpisah agar penggunaan ketika diperjalanan jauh membuat mu lebih nyaman berkendara. Pilihlah ukuran yang lebih besar dari badan mu. Semisal ukuran baju biasanya menggunakan ukuran M, maka ketika memilih jas hujan hendaknya memilih ukuran XL.

Pilih Rute yang Aman dari Banjir dan Longsor

Hindari jalur perbukitan rawan longsor
Hindari jalur perbukitan rawan longsor. Foto via pinterest.com

Touring ketika musim hujan juga diperhatikan jalur dan akses menuju tempat tujuan. Kamu harus rajin-rajin memantau darah rawan banjir dan longsor sehingga bisa menghindari lokasi yang rawan bencana. Lebih baik memilih akses jalan agak jauh daripada melewati jalur rawan bencana keika musim hujan. Meski jalur semakin singkat namun rute perbukitan dan pegunungan sebaiknya perlu dihindari sehingga perjalanan semakin aman dan nyaman.

Berteduh

Berteduh dikala hujan deras melanda
Berteduh dikala hujan deras melanda. Foto via kompasotomotif.com

Berteduh menjadi pilihan yang tepat ketika hujan mulai turus dengan derasnya. Berteduh akan memberikanmu keamanan dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan ketika melakukan perjalanan disaat hjujan deras. Disamping kamu bisa beristirahat memulihkan energi, kamu akan merasa lebih aman. Berjalanlah kembali setelah hujan reda sehingga jarak pandang waktu perjalanan akan lebih luas. Next

ramadan

Danau Pading, Area Bekas Pertambangan yang Disulap Menjadi Wisata Favorit di Bangka Tengah

jembatan gantung putus

Korban Ratusan, Ini 5 Tragedi ‘Dark Oktober’ 2022