in ,

Korban Ratusan, Ini 5 Tragedi ‘Dark Oktober’ 2022

jembatan gantung putus
jembatan gantung putus

Bulan Oktober memberikan kesan tersendiri bagi sebagian orang. Ada banyak peristiwa yang terjadi dalam waktu berdekatan. Sedihnya lagi ada ratusan korban yang kehilangan nyawa. Salah satunya terjadi di Indonesia awal Oktober silam. Kejadian itu lebih dikenal dengan Tragedi Kanjuruhan.

Baca juga : Es Pak San di Cilacap, Kesegaran yang Sudah Ada Sejak 1957

Ternyata selain Tragedi Kanjuruhan, ada juga peristiwa nahas lainnya yang di berbagai negara. Netizen bahkan menyebut bulan ini sebagai Dark Oktober khusunya bagi Benua Asia. Ya, ini karena kelima tragedi berikut ini terjadi di Asia. Dari negara Indonesia hingga Korea Selatan.

1. Tragedi Kanjuruhan Indonesia

Tragedi Kanjuruhan
Tragedi Kanjuruhan via ichef.bbci.co.uk

Tragedi ini bahkan menyita perhatian dunia. Bagaimana tidak, ratusan korban adalah sporter bola yang tewas akibat berdesak-desakan beberapa saat setelah laga antara Arema Malang dengan Persebaya Surabaya. Dilaporkan dalam peristiwa ini ada 135 orang meninggal. Suporter bola dari negara lain juga turut menyampaikan duka mendalam atas apa yang terjadi pada tragedi tanggal 1 Oktober 2022 di Stadion Kanjuruhan Malang tersebut.

2. Tragedi Day Care Thailand

Pembunuhan di DayCare Thailand
Pembunuhan di DayCare Thailand via images.perthnow.com.au

Kejadian memilukan selanjutnya terjadi di Tahiland. Tepatnya menimpa korban yang ada di sebuah penitipan anak Day Care daerah Uthaisawan. Saat itu tanggal 6 Oktober 2022 seorang pria bernama Panya Khamrab menembakan senjata api dan merenggut puluhan korban jiwa. Dalam kejadian tersebut dilaporkan ada 37 orang meninggal dunia, 34 orang meninggal dunia di day care tersebut dan kebanyakan adalah anak-anak. Sedangkan 3 lainya adalah anak dan istri dari pelaku penembakan. Ternyata pelaku adalah mantan polisi yang telah dipecat dari pekerjaannya.

3. Serangan Udara Militer Myanmar

Serangan udara di Myanmar
Serangan udara di Myanmar via cdn.cnn.com

Beberapa waktu yang lalu Myanmar mendapat sorotan karena adanya serangan udara pada tanggal 23 Oktober 2022 ke negara bagian Kachin di wilayah utara Myanmar. Korban dari serangan itu sendiri adalah para penonton konser musik yang diadakan oleh organisasi kemerdekaan Kachin. Dilaporkan ada 81 orang meninggal dalam insiden tersebut.

4. Tragedi Itaewon Korea Selatan

Tragedi Itaewon
Tragedi Itaewon via awsimages.detik.net.id

Untuk merayakan Halloween, banyak orang berkumpul di gang sempit di Itaewon Korea Selatan. Sayangnya acara yang diadakan tanggal 29 Oktober 2022 tersebut memakan banyak korban jiwa. Gang sempit itu merenggut 153 orang. Korban berjatuhan karena berdesakan, mereka terjepit hingga kehabisan oksigen.

5. Tragedi Jembatan Putus di India

jembatan gantung putus
jembatan gantung putus awsimages.detik.net.id

Menutup Bulan Oktober ternyata ada peristiwa mengerikan lainnya yang terjadi. Sebuah jembatan gantung di negara bagian Gujarat India dilaporkan putus. Pada saat kejadian ada banyak orang yang sedang melintas, akibatnya ada 151 korban jiwa.

Itulah beberapa peristiwa tragis yang terjadi selama Bulan Oktober 2022 di Benua Asia. Kejadian-kejadian inilah yang menyebankan munculnya julukan Dark Oktober. Next

ramadan
Turing bersama menggunakan sepeda motor

Musim Hujan Ingin Touring Tetap Aman? Yuk Simak Tipsnya!

Rumah Batu Wonogiri

Rumah Batu di Wonogiri Mirip Seperti Milik “Patrick SpongeBob”, Ada Kolam Renangnya Juga!