in , , ,

Tradisi Unik Perayaan Kemerdekaan diBerbagai Negara di Belahan Dunia

Berbagai peryaan meriah ketika hari kemerdekaan negara negara didunia
Berbagai peryaan meriah ketika hari kemerdekaan negara negara didunia

Negara Indonesia baru saja memperingati detik detik kemerdekaan yang ke 77 tahun tepat pada tanggal 17 Agustus 2022. Kegiatan tengah dimeriakan oleh seluruh warga nusantara mulai dari Sabang hingga Merauke. Hari Kemerdekaan sejatinya menjadi hari yang sungguh bersejarah bagi seluruh negara yang ada didunia. Tiap negara pastinya merayakan dengan kidmat hingga mengadakan kegiatan dan perayaan yang meriah.

Baca juga : Kampung Pelangi Tulungagung, Wisata Instagenic Dekat Ranu Gumbolo

Berbagai peryaan meriah ketika hari kemerdekaan negara negara didunia
Berbagai peryaan meriah ketika hari kemerdekaan negara negara didunia. Foto via phinemo.com

Nah, berikut deretan perayaan kemerdekaan yang unik dari berbagai belahan dunia yang biasa dilakukan tiap peringatan kemerdekaan.

Menerbangkan Layang-Layang dari India

Negara satu ini merayakan hari kemerdekaannya setiap tanggal 15 Agustus, dua hari sebelum hari kemerdekaan Indonesia. Uniknya perayaan di negara India ini dengan acara menerbangkan layang layang. Hingga langit India ketika siang hari dipenuhi oleh layang-layang berbagai bentuk. Serunya tidak hanya menghiasi langit India namun berbagai kantor, rumah, sekolah mereka menhias dengan suasana warna bendera India.

Menerbangkan layang-layang menjadi parade di India ketka merayakan hari kemerdekaan
Menerbangkan layang-layang menjadi parade di India ketka merayakan hari kemerdekaan. Foto via toodia.com

Menerbangkan layan-layang ini memiliki filosofi yang cukup bermakna yaitu sebagai simbol kebebasan, tepat dengan kondisi terbang dilangit India secara bebas.

Parade Militer di Prancis

Negara dengan sebutan heksagon ini meraih kemerdekaannya tepat di tanggal 17 Juli. Meriahnya, warga Perancis merayakan hari kemerdekaannya dengan melakukan parade militer. Hingga mereka melakukan berbagai kegiatan di markas pemadam kebakaran bersama dengan petugas serta berbagai alat-alat pemadam.

Berkerumun di Alun-Alun di Meksiko

Meksiko merayakan hari kemerdekaannya tepat pada tanggal 16 September. Biasanya perayaan kemerdekaan dengan berbagai parade sudah dilakukan lebih awal pada malam tanggal 15 September. Perayaan ini sengaja mengumpulkan masyarakat dari berbagai elemen di alun-alun Meksiko dengan mendengarkan laungan patriotisme dari presiden.

Peringatan kemerdekaan dengan berkumpul di alun alun meksiko
Peringatan kemerdekaan dengan berkumpul di alun alun meksiko. Foto via shopback.co.id

Kegiatan seru ditengah alun alun ini disambut dengan yel-yel hingga menyalakan parade kembang api begitu meriah serta berbagai konser dan pesta diselenggarakan ditiap sudut negara.

Menari di Ghana

Ghana memang negara dengan kreasi seni tari yang begitu memukau. Tiap perayaan kemerdekaan negara ini melakukan berbagai parade keren, pawai keliling dengan menyalakan kembang api dan pastinya menari hip hop ala Afrika Barat.

Menari menjadi salah satu perlombaan favorit masyarakat Ghana
Menari menjadi salah satu perlombaan favorit masyarakat Ghana. Foto via gotravely.com

Kegiatan meriah ini dilakukan tiap tanggal 6 Maret sebagai peringatan hari kemerdekaan Ghana. Hingga malam hari jalan poros Ibukota terlihat ,menyala dengan indahnya warna kembang api yang serentak.

Mengenakan Vyshyvanka di Ukraina

Perayaan Kemerdekaan di Ukraina dengan Mengenakan baju Vyshyvanka
Perayaan Kemerdekaan di Ukraina dengan Mengenakan baju Vyshyvanka. Foto via anehdidunia.com

Perayaan hari kemerdekaan negara Ukraina ini dimeriahkan dengan memakai busana tradisonal khas Ukraina dengan nama Vyshyvanka. Bahkan beberapa perkantoran dan sekolah sengaja diperintahkan untuk memakai pakaian tradisional tepat ditanggal 24 Agustus.

Panjat Pinang di Indonesia

17 Agustus adalah hari kemerdekaan negara republik Indonesia, pastinya bakal meriahkan oleh seruh warga nusantara. Perayaan dilakukan dengan berbagai pertunjukan seni budaya, pentas seni, dan tak lupa mengadakan perlombaan. Panjat pinang merupakan ciri khas yang tidak lupa ketika perlombaan diadakan.

Panjat Pinang menjadi ciri khas perlombaan di tanah nusantara
Panjat Pinang menjadi ciri khas perlombaan di tanah nusantara. Foto via gotravely.com

Kegiatan perlombaan dengan memanjat pohon pinang ini sangat digemari seluruh warga nusantara. Disamping unik dan lucu, banyak warga yang melihatnya sangat terhibur. Panjat pinang ini melambangkan perjuangan rakyat Indonesia mencapai kemerdekaan dari tangan penjajah. Next

ramadan
Hutan Wisata Baning Sintang yang menyejukkan mata

Sejuknya Hutan Wisata Baning, Hutan Tropis Tengah Kota Sintang

Hore! Sebentar Lagi Indonesia Punya Kereta Panoramic Seperti di Swiss