in , , ,

Sejuknya Hutan Wisata Baning, Hutan Tropis Tengah Kota Sintang

Hutan Wisata Baning Sintang yang menyejukkan mata
Hutan Wisata Baning Sintang yang menyejukkan mata

Kawasan hijau merupakan salah satu tempat paling dicari banyak traveler untuk menyejukkan diri dikala siang hari dan menjadi sumber kehidupan kaya akan manfaat. Di kota Sintang terdapat hutan tropis yang menjadi satu satunya hutan tropis tengah kota yang ada di Indonesia.

Baca juga : Mahoni Grand Park, Wisata Probolinggo Favorit Anak Muda

Namannya Hutan Wisata Baning yang terletak di Kelurahan Baning dan Kelurahan Tanjung Puri, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat. Menjadi salah satu wisata unggulan di tengah kota Sintang karena akses menuju hutan sangatlah mudah.

Hutan Wisata Baning Sintang yang menyejukkan mata
Hutan Wisata Baning Sintang yang menyejukkan mata. Foto via direktoripariwisata.com

Keberadaannya masih sangat alami sehingga hutan ini menjadi salah satu sumber oksigen penyelamat dari berbagai ancaman polusi udara kota Sintang. Jika biasanya daerah Kota selalu identik dengan udaranya yang pengap dan penuh dengan asap, polusi, serta debu. Maka berbeda dengan Kota Sintang ini, berkat adanya hutan tropis yang berada di tengah-tengah Kota menjadikan udara di Kota ini tetap terjaga. Terlindung dari dampak negatif polusi udara.

Salah satu jembatan didalam hutan tropis baning sintang yang sangat teduh
Salah satu jembatan didalam hutan tropis baning sintang yang sangat teduh. Foto via sintang.hotelsmyhome.com

Hutan tropis Baning ini memiliki kawasan seluas 315 hektar yang ditetapkan sebagai destinasi wisata berdasarkan Surat Keputusan Bupati Daerah Tingkat II Sintang Nomor 07/A-II/1975. Serta berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan dan Perkebunan Nomor 405/KPTS-II/99. Keunikan dari hutan ini memiliki tanah yang datar dan tidak berbukit, sehingga terdapat rawa gambut dengan berbagai macam tumbuhan endemik.

Bagi kamu yang ingin menyejukkan diri ketika siang hari, dan suka dengan keindahan alam hijau subur, Hutan Tropis Baning adalah jawabannya. Didalamnya, kamu akan merasakan suasana yang teduh dan sejuk berkat pohon-pohon yang ada di dalam hutan. Hingga kamu tidak sadar bahwa kamu sedang berada dipusat kota.

Salah satu sudut hutan tropis baning yang sangat menawan
Salah satu sudut hutan tropis baning yang sangat menawan. Foto via kompasssintang.com

Tidak hanya keteduhan saja, namun iringan kicauan burung membuat suasana semakin nyaman dan tenang. Bagi kamu yang ingin piknik bersama keluarga, sepertinya kawasan ini selalu ramai dikunjungi banyak wisatawan keluarga. Apalagi mengajak anak-anak berlibur dihutan mereka dapat belajar mengenal berbagai macam pepohonan tumbuhan hingga hewan seperti burung, bajing, monyet, kera, dan sebagainya.

Lutung merah menjadi salah satu hewan yang berkembang biak di hutan tri=opis Baning
Lutung merah menjadi salah satu hewan yang berkembang biak di hutan tropis Baning. Foto via tribunpontianak.com

Didalam hutan tersedia spot foto unik yaitu jembatan kayu dan batang pohon yang besar. Selain itu fasilitas yang ditawarkanpun sangat lengkap, mulai dari tempat parkir yang luas, gazebo untuk kamu yang ingin menikmati hutan, toilet, mushola, serta warung warung penjual makanan dan minuman. Next

ramadan

Harta Suku Dayak Meratus Berupa Air Terjun Haratai, Sanggup Jadi Sektor Wisata yang Memukau

Berbagai peryaan meriah ketika hari kemerdekaan negara negara didunia

Tradisi Unik Perayaan Kemerdekaan diBerbagai Negara di Belahan Dunia