in ,

Traveling ke India, Cobain Teh dari Kotoran Sapi

[image source]

Traveler tentu tahu kopi paling enak itu berasal dari Indonesia, terbuat dari “kotoran” binatang luwak dan diberilah nama kopi luwak yang harganya selangit. Tapi kalau ngomongin teh bisa jadi teh dari India ini adalah yang paling top karena cara bikinnya hampir sama dengan kopi luwak, yaitu melibatkan binatang juga. Inilah teh dari kotoran sapi.

Baca juga : Bekas Reruntuhan Bangunan Kuno di Belanda ini Jadi Restoran Keren!

Ngomong-ngomong masalah budaya minum teh, negara pertama yang jadi rujukan tentu tidak lepas dari negara Jepang. Tapi ternyata bukan hanya negara Matahari Terbit saja yang punya budaya minum teh, India juga punya. Kebudayaan minum teh di India ini ternyata dibawa oleh penjajah Inggris yang kemudian terus dilestarikan oleh penduduk asli India hingga sekarang.

Kotoran sapi yang kering untuk bahan bakar [image source]
Kotoran sapi yang kering untuk bahan bakar [image source]
Istilah teh dalam bahasa India berarti chai dan bisa traveler dapatkan di berbagai kota di negara tersebut. Tapi kalau mau mencicipi chai yang tidak biasa traveler bisa mendapatkannya di Varanasi. Kabarnya kota ini menyediakan chai dari campuran kotoran sapi. Anehnya lagi banyak yang menyukai teh jenis ini.

Dilansir Travelingyuk dari BBC, chai dibuat dari campuran teh, susu serta dedaunan herbal yang diyakini baik untuk kesehatan. Susu yang digunakan pun berasal dari susu sapi segar yang disucikan oleh umat Hindu. Diproses pembuatannya inilah kotoran sapi ikut terlibat. Susu yang baru diperas akan direbus terlebih dahulu. Nah arang untuk merebus ini berasal dari kotoran sapi yang mengering.

Penjual Chai tradisional di Varanasi [image source]
Penjual Chai tradisional di Varanasi, BBC Travel
Susu yang telah panas akan dicampur dengan daun herbal dan daun teh. Setelah campur, dedaunan tadi akan dipisahkan hingga menghasilkan susu berwarna cokelat seperti capucino dan chai siap disajikan setelah sebelumnya dikocok lebih dahulu. Bukan tidak mungkin selama proses perebusan aroma kotoran sapi ikut tercampur ke dalam minuman ini.

Untuk mendapatkan sensasi original menikmati chai, wadah yang harus digunakan pun terbuat dari bahan khusus. Bukan cangkir kaca atau plastik melainkan menggunakan gelas kecil yang terbuat dari tanah liat semacam tembikar gitu.

Chai disuguhkan dengan gelas dari tanah liat [image source]
Chai disuguhkan dengan gelas dari tanah liat [image source]
Jadi rasa dan aroma tehnya menyatu dengan rasa tanah. Gelas yang sudah digunakan tidak dicuci tapi langsung dipecahkan untuk diolah kembali menjadi gelas baru. Tertarik mencicipi chai dari kotoran sapi di India? Mampirlah ke Varanasi kalau liburan ke negeri Bollywood tersebut. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Fakta Unik Himalaya, Wisata ke Puncak Dunia

Trik Mengatasi Jet Lag Dari Para Ahli