in , ,

Objek Wisata Umbul Besuki Klaten yang Tersembunyi

Umbul Besuki
Umbul Besuki

Umbul besuki ini terletak di Dk. Kiringan, Ponggok, Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten. Umbul besuki ini tempatnya lumayan tersembunyi agak jauh dari jalan raya. Tempat ini juga masih jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Baca juga : Daftar Rawon di Sidoarjo, Ada yang Resepnya Sejak Zaman Kemerdekaan

IMG_20190719_224510_2350.jpg
Umbul Besuki Klaten (c) Arfani/Travelingyuk

Papan petunjuk arah untuk menuju ke tempat ini juga masih kurang banyak dan memadai. Umbul Besuki berada di tepi sungai dekat dengan area persawahan. Namun tidak perlu terlalu khawatir jalan sempit ya karena untuk menuju ke tempat ini bisa di akses menggunakan mobil. 

IMG_20190719_224432_0985.jpg
Umbul Besuki Klaten (c) Arfani/Travelingyuk

Ada hal yang sangat menarik sekali yang bisa kita lihat di Umbul Besuki. Yaitu semburan mata air dari dalam tanah yang terus menerus keluar ke permukaan dan bisa disaksikan dengan sangat jelas oleh mata telanjang. Saya sangat antusias sekali saat menyaksikan febomena ini tidak ada waktu khusus untuk bisa melihat semburan air ini karena hal ini berlangsung selama 24 jam jadi kita bisa datang kapan saja untuk menyaksikan fenomena alam ini.

IMG_20190719_224320_9431.jpg
Umbul Besuki Klaten (c) Arfani/Travelingyuk

Air di mata air Besuki ini juga sangat jernih kita bisa melihat dasar kolam yang ada disekitar sumber mata air ini dengan mudah. Waktu saya berkunjung di kolam sumber mata air ini terlihat sangat dangkal di bagian bawah kolam juga terdapat lumpur tipis jika berjalan dikolam ini maka airnya akan keruh.

IMG_20190719_224337_4025.jpg
Umbul Besuki Klaten (c) Arfani/Travelingyuk

Di bagian tengah kolam terdapat beberapa batu yang berukuran lumayan besar yang bisa digunakan untuk duduk-duduk sembari berenang.  Sepertinya Umbul Besuki ini sedang berada dalam tahap persiapan untuk menjadi salah satu destinasi wisata yang akan di unggulkan di sekitaran Umbul Ponggok. Hal ini terlihat dari pembangunan yang sedang dilakukan di sekitaran kolam sumber mata air ini.

IMG_20190719_224500_8504.jpg
Umbul Besuki Klaten (c) Arfani/Travelingyuk

Di bagian samping kolam terlihat sudah terpasang tembok bebatuan dengan motif menarik. Waktu saya berkunjung terlihat beberapa pekerja yang sedang bersiap untuk memulai menukang ditempat ini. Semoga renovasinya berjalan lancar dan cepat yaa agar wisatawan dapat berkunjung dengan nyaman di tempat ini.

IMG_20190719_224351_8156.jpg
Umbul Besuki Klaten (c) Arfani/Travelingyuk

Di sekitar Umbul Besuki ini banyak pepohonan yang tumbuh rindang tinggi menjulang keatas yang mebuat daerah sekitar tidak terlihat gersang. Udara di tempat ini juga bersih tidak tercemar polusi. Berbeda dengan kebanyakan Umbul lainnya di Umbul Besuki ini tidak terlihat penjual makanan dan minuman yang berjualan sambil menyewakan tikar. Hal ini mungkin dikarenakan sedikit sekali wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Nah tapi tidak perlu khawatir jika merasa lapar karena mata air Besuki ini dengan restoran bale tirto dan pengunjung bisa bersantap disana. Ada satu hal lagi yang paling membedakan dari tempat lainnya yaitu biaya masuk ke lokasi ini masih gratis belum ada petugas yang berjaga untuk meminta retribusi tiket masuk. Gimana nih sahabat traveling ada yang merasa tertarik untuk mengunjungi tempat ini. Next

ramadan
Pantai Pandawa

Sisi Lain Pantai Pandawa, Wisata Bali dengan Sejuta Pesona

Matahari Terbit di Turki

Sensasi Terbang saat Matahari Terbit di Turki