in ,

Perempuan Hamil Jangan Liburan ke Negara Ini Dulu, Rawan Virus Mematikan

Virus Zika
Virus Zika

Belakangan babymoon atau liburan saat hamil tengah trend dan digandrungi oleh banyak kalangan. Tidak hanya keluar pulau, ada pula yang traveling ke luar negeri demi mendapatkan kenangan seru sebelum menjadi ibu seutuhnya. Liburan dalam kondisi berbadan dua memang tidak masalah, tapi kamu harus waspada dengan bahaya yang siap mengancam. Salah satunya adalah virus zika.

Baca juga : Mengunjungi Bangunan Tradisional di Korea Selatan, Mesin Waktu Menuju Era Joseon Seperti di K-Drama Idola

Pernah dengar nama penyakit ini kan? Yap, zika merupakan virus yang disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti dan menyebabkan sakit seperti deman dan flu. Meski terlihat ringan, ternyata virus ini berbahaya jika bersarang pada tubuh ibu hamil. Bagaimana tidak, bayi yang dilahirkan oleh penderita penyakit ini berpotensi mengalami mikrosefalus atau kondisi kepala mengecil. Tidak hanya itu, sang bayi juga beresiko mengalami cacat lain seperti gangguan pada otak.

Penderita Virus Zika
Penderita Virus Zika di Brasil [image source]
Hingga saat ini, wabah tersebut telah menyerang 18 negara di Amerika Latin. Dilansir dari Kompas, salah satu negara yang paling mengejutkan dengan jumlah penderitanya adalah Ekuador. Dalam satu tahun ini saja, setidaknya adalah 400 wanita hamil yang positif terkena virus Zika. Bahkan sudah tercatat 3 bayi lahir dalam keadaan cacat akibat penularan lewat nyamuk Aedes Aegypti yang menjangkit ibunya. Wah, yakin nih masih ingin liburan ke negara-negara di sana?

Virus mengerikan ini tidak hanya ditularkan dari ibu ke anaknya, tapi bisa juga melalui hubungan seksual hingga transfusi darah. Meningkatnya jumlah penderita virus ini membuat banyak warga sempat panik. Bahkan pemerintah juga kebingungan lantaran belum menemukan vaksin yang tepat untuk mencegah penyebaran. Alhasil, hingga saat ini mereka masih berupaya untuk menanganai virus zika dengan pemberantasan menggunakan obat nyamuk, menghancurkan sarang telur hingga penyuluhan kepada ibu-ibu hamil.

Tips Cegah Virus Zika
Tips Cegah Virus Zika [image source]
Untuk kamu yang tengah berlibur ke daerah Amerika Latin memang perlu hati-hati dengan virus satu ini. Sekedar tips, cara paling efektif untuk mencegah terserang virus zika adalah menggunakan anti nyamuk baik di dalam maupun di luar ruangan. Jangan lupa mengenakan baju dan celana panjang meskipun udara di sana cukup panas. Nah, meski sudah aman, tidak ada salahnya memasang kelambu saat tidur. Setelah pulang dari negara tersebut, sakit atau tidak lebih baik segera konsultasi kepada dokter.

Jika liburan ke Amerika Latin masih rencana, lebih baik tunda saja dan pilih negara yang aman untuk kesehatan badan serta kandunganmu. Atau juga pilih saja pulau – pulau cantik di Indonesia yang masih aman dari penyebaran virus mengerikan satu ini. Next

ramadan
Burangrang Bar and Resto

Burangrang Dusun Bambu Bawa Suasana Ubud ke Lembang

Tapanuli Tengah, Surganya Pantai dengan Sejuta Pesona