in , , ,

Indahnya Panorama Waduk Jatigede Dari Gardu Pandang Puncak Damar

Akhir pekan menjadi waktu yang tepat untuk bersantai dan berlibur. Segala penat, beban, dan suntuknya rutinitas kerjaan akan melebur saat teman traveler disuguhkan panorama keindahan Waduk Jatigede dari atas Bukit Damar. Bukit ini menjadi sebuah lokasi wisata alam yang pas untuk menikmati estetika alam Waduk Jatigede dari ketinggian. View dari atas sungguh betul-betul menakjubkan, pemandangan yang tersaji sayang akan dilewatkan. Apalagi ketika sunrise ataupun sunset tiba. Bisa dibilang Puncak Damar Jatigede adalah surganya para pemburu konten dan berfoto ria.

Baca juga : Keindahan Prambanan, Candi dengan Arsitektur yang Indah di Jogja

Puncak damar dengan view Waduk Jatigede yang menawan. Foto via djavatoday.com

Bukit ini menjadi tempat healing paling keren didaerah Sumedang, Jawa Barat. Suasana yang hening dengan pemandangan yang indah menjadi paket lengkap yang bisa kamu nikmati. Sorotan utama dari wisata ini adalah panorama Waduk Jatigede yang sungguh eksotis dilihat dari ketinggian. Gradasi warna yang cantik antara birunya air dengan bukit dan gunung yang berwarna hijau.

Sunset dari puncak bukit damar yang memukau. Foto via jabarpos.com

Seperti kita ketahui bersama Waduk Jatigede merupakan waduk terbesar kedua yang ada di Indonesia, dan telah ada sejak zaman pemerintahan kolonial Belanda. Pemandangan tersebut bisa kamu saksikan secara nyata di gardu pandang menjadi lokasi utama para pengunjung dikala mengunjungi Puncak Damar. Meski tergolong luas nan lebar, namun papan peringatan telah mewajibkan untuk tidak melebihi 10 pengunjung berbarengan diatas gardu pandang demi keselamatan para pengunjung.

Salah satu spot foto di puncak damar. Foto via pinhome.com

Pemandangan yang tersaji merupakan Bendungan atau Waduk Jatigede di sebelah timur, dan menjadi lokasi favorit dalam menyaksikan sunrise maupun sunset. Jadi, waktu terbaik mengunjungi Puncak Damar merupakan di pagi dan sore hari. Sekiranya hendak menyaksikan sunrise datanglah lebih dini, agar tidak tertinggal. Posisi depan gardu ini juga terdapat ebuah rumah kayu yang bisa dijadikan sebagai spot untuk berfoto.

Harga tiket masuk pun cukup murah, yang jelas tidak membuat kantong bolong. Cukup membayar Rp. 4.000 saja per orang kamu sudah bisa menikmati pemandangan yang menkajubkan. Untuk berfoto di rumah panggung kamu hanya perlu membayar setulusnya pada kotak yang telah tersedia, asyik bukan!

Waduk Jatigede dilihat dari atas bukit damar. Foto via pikiranrakyat.com

Lokasi puncak Damar ini tepat berada di Desa Pakualam, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Jam operasional Puncak Damar buka setiap hari hari Senin hingga akhir pekan. Mulai beroperasi pukul 07.00 sampai 18.00 waktu setempat. Fasilitas yang ada di Puncak Damar masih terbatas, yang tersedia hanyalah titik-titik tamasya yang menyajikan panorama alam yang indah. Next

ramadan

Ellie Donat Laris Pakai Resep Jadul, Tahun Ini Sudah Seumuranmu

Taman Bunga Telaga Malingan Jogja, Tempat Healing Tanpa Nguras Kantong