in , ,

Waru-waru, Pesona Eksotis Pulau Sempu

Menjelajah Sudut Indah Waru-waru, Pantai Perawan di Pulau Sempu

Salah satu sudut Pantai Waru-waru
Salah satu sudut Pantai Waru-waru (c) Mia/Travelingyuk

Teman Traveler mendamba sebuah sudut pesona alam yang jarang dijamah wisatawan? Jika sedang liburan di Malang, kalian bisa mampir ke Pantai Waru-waru, sebuah destinasi yang berada di Pulau Sempu, Hutan, Tambakrejo, Sumbermanjing. Seperti apa keindahan yang ditawarkan? Yuk, simak ulasan berikut.

Baca juga : Menelusuri Pulau Kapoposang, Spot Diving Indah di Sulawesi Selatan

Menuju Waru-waru

img20190825101942_jpi.jpg
Perahu nelayan di Sendang Biru (c) Mia/Travelingyuk

Untuk menuju Waru-waru, pertama-tama Teman Traveler harus meluncur ke Pantai Sendang Biru. Jika menumpang kendaraan pribadi, kalian bisa menitipkannya di area parkir khusus. Setelah itu, langsung saja menyewa salah satu perahu nelayan untuk menyebrang, tarifnya sekitar Rp100.000 untuk perjalanan pergi-pulang.

Kapasitas perahu biasanya lumayan besar, bisa diisi hingga 10 penumpang. Biasanya nelayan akan meninggalkan nomor kontak yang bisa langsung Teman Traveler hubungi begitu ingin kembali lagi ke Sendang Biru.

img20190825103101_0br.jpg
Pemandangan selama menyebrang (c) Mia/Travelingyuk

Selama perjalanan menyebrang Teman Traveler bakal dimanja pemandangan kapal nelayan dan perbukitan hijau di sekitar pulau. Tak perlu khawatir mabuk laut, karena penyebrangan ini hanya akan memakan waktu sekitar 15 menit.

Eksotisme yang Terjaga

img20190825114914_4HO.jpg
Lautan di sekitarnya nampak sangat biru (c) Mia/Travelingyuk

Begitu sampai, Teman Traveler akan mendapati bahwa Waru-waru menawarkan lingkungan eksotis yang benar-benar terjaga. Hal ini tak terlepas dari fakta bahwa tempat ini masih jarang dikunjungi wisatawan.

Pertama menjejakkan kaki di sini, Teman Traveler akan merasakan betapa lembut dan bersihnya hamparan pasir di sekitar pantai. Secara umum, kawasan di sekitar sini memang tidak terlalu luas, namun garis pantainya cukup panjang. 

img20190825105857_mGc.jpg
Garis pantainya cukup panjang (c) Mia/Travelingyuk

Lingkungan sekitar pantai dikelilingi perbukitan hijau dan beberapa pulau kecil. Kehadirannya membentuk perpaduan indah dengan biru laut dan kawasan hutan yang masih asri.

Aman untuk Bermain

img20190825124006_1_Kp0.jpg
Gradasi air laut (c) Mia/Travelingyuk

Hal menarik lain dari Waru-waru adalah gradasi warna air lautnya yang terlihat sangat kontras dan cantik. Semakin gelap coraknya, semakin dalam perairan tersebut. Benar-benar jadi sebuah suguhan pesona alam yang tiada duanya.

img20190825124230_HJv.jpg
Terasa begitu dingin dan menyegarkan (c) Mia/Travelingyuk

Oh ya, ombak di sekitar sini juga sangat tenang. Aman buat Teman Traveler yang ingin berenang maupun sekedar bermain air. Ketika siang hari, airnya akan terasa lumayan menyegarkan. Dijamin kalian bakal betah berlama-lama berbasah-basah ria di sekitar sini.

Kawasan Konservasi

img20190825120224_uWq.jpg
Pantai ini masuk area konservasi (c) Mia/Travelingyuk

Waru-waru masuk dalam wilayah Pulau Sempu, sebuah kawasan yang ditetapkan sebagai area konservasi. Oleh karena itu, jangan kaget jika Teman Traveler masih menemukan beberapa binatang liar di sini. Selama berkunjung kalian mungkin akan menemukan beberapa ekor monyet datang untuk meminta makanan. Sementara di pinggir pantai, tak jarang bakal nampak gerombolan ubur-ubur dan ikan kecil.

Aktivitas Seru

img20190825114924_op5.jpg
Kawasan hutan sekitar pantai (c) Mia/Travelingyuk

Ada beberapa aktivitas seru yang bisa Teman Traveler coba selama mengunjungi Pantai Waru-waru. Kalian bisa berenang dan merasakan segarnya perairan sekitar sini. Jika sudah bosan, kalian boleh coba memancing sambil bermalas-malas ria.

Jika ingin bersantai tanpa takut terkena teriknya matahari, Teman Traveler bisa berteduh sejenak di dekat tebing karang dan pepohonan. Di sini kalian bisa menggelar tikar dan mengadakan piknik ala-ala. Oh ya, karena semua sudut pantai ini Instagramable, jangan lupa untuk berfoto ria ya.

img20190825131113_lvu.jpg
Nelayan sedang memancing (c) Mia/Travelingyuk

Bagaimana Teman Traveler, tertarik mampir ke Pantai Waru-waru? Mengingat Pulau Sempu termasuk kawasan konservasi, mungkin kalian harus meminta izin pada pihak terkait untuk bisa menyambangi tempat ini. Namun jika kalian sedang liburan di Malang, tak ada salahnya mencoba. Selamat jalan-jalan! Next

ramadan

4 Wisata yang Gunakan Virtual Reality di Indonesia, Serasa Masuk ke Dalam Dunia Game

Bukit Jaddih di Bangkalan

Bukit Jaddih, Tambang Aktif Instagenic yang Jadi Buruan Wisatawan