in ,

Pantan Terong, Beranda Alam Aceh Jujukan Para Pelancong

Nikmati Pemandangan Aceh Tengah dari Ketinggian di Pantan Terong

Pemandangan indah dari puncak Pantan Terong
Pemandangan indah dari puncak Pantan Terong via Instagram azharscout

Ada banyak cara untuk menikmati panorama sekitar. Salah satunya dengan berangkat menuju ‘beranda alam’ seperti daerah dataran tinggi atau perbukitan. Bagi masyarakat Aceh Tengah, tempat yang sering jadi jujukan untuk melihat lanskap indah dari ketinggian adalah Pantan Terong.

Baca juga : Jajanan Tradisional Warna Warni, Ndeso Tapi Banyak Dicari

Terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kecamatan Bebesan, Aceh Tengah, Pantan Terong pas sekali dikunjungi mereka yang ingin mencari tempat dengan udara segar dan panorama menakjubkan. Apalagi letaknya hanya sekitar 15 menit perjalanan dari Kota Takengon. Lantas apa saja keiistimewaan dari tempat ini? Berikut Travelingyuk berikan penjelasan lengkapnya.

1. Pemandangan alami

Jalanan dekat Pantan Terong via Instagram nurjannah.awaliyah

Pantan Terong terletak di wilayah perbukitan di Aceh Tengah. Namun harap berhati-hati karena sebelum mencapai tujuan ada banyak tikungan curam. Sebaiknya perhatikan baik-baik kondisi kendaraan sebelum memutuskan datang ke lokasi ini.

Namun semua perjuangan keras untuk menuju Pantan Terong bakal terbayar lunas. Pemandangan yang tersaji selama perjalanan sungguh memanjakan. Dijamin takkan bosan karena ada banyak hamparan pinus dan lembah-lembah indah yang masih begitu asri.

2. Kopi Gayo

Pemandangan indah dari puncak Pantan Terong
Pemandangan indah dari puncak Pantan Terong via Instagram semut_r4ngrang

Begitu sampai di puncak Pantan Terong, pengunjung akan disambut lanskap menakjubkan. Pemandangan Aceh Tengah terlihat begitu jelas, berpadu apik dengan megahnya Danau Laut Tawar yang sungguh memanjakan mata. Ditambah lagi udaranya terasa begitu segar, membuat tubuh kian rileks dan sehat.

Pengunjung berpose di puncak Pantan Terong
Pengunjung berpose di puncak Pantan Terong via Instagram ryf_diana

Setelah puas berfoto-foto dan mengagumi panorama di puncak Pantan Terong, tak ada salahnya mengistirahatkan kaki sejenak di warung-warung sekitar. Para pemiliknya akan menyambut tiap pengunjung dengan ramah dan hangat. Di sini, kita juga bisa menikmati secangkir kopi gayo yang terkenal itu.

3. Main Paralayang pun Oke

Indahya perbukitan di sekitar Pantan Terong
Indahya perbukitan di sekitar Pantan Terong via Instagram etnisgayo

Bagi para penggemar olahraga ekstrem, Pantan Terong juga menyediakan fasilitas paralayang atau gantole. Adrenalin dijamin bakal mengalir deras ketika meliuk-liuk menuruni perbukitan di Takengon menggunakan layang gantung. Sensasinya tentu akan berbeda dibanding aktivitas sejenis di tempat lain.

4. Fasilitas cukup lengkap

Salah seorang pengunjung nikmati Kopi Gayo di Pantan Terong
Salah seorang pengunjung nikmati Kopi Gayo di Pantan Terong via Instagram sukurdy_jepret

Tak perlu khawatir bakal kelaparan jika berwisata ke Pantan Terong. Sebab di daerah sekitar banyak tenda-tenda penduduk yang menawarkan pengganjal perut seperti mie rebus, telur goreng, plus teh maupun kopi hangat. Cocok sekali dinikmati di tengah dinginnya udara di daerah puncak bukit.

Selain itu ada parkiran luas dan toilet yang memadai. Mushola pun tersedia bagi pengunjung yang ingin melaksanakan ibadah sholat. Bagi yang butuh mengistirahatkan kaki sejenak, tersedia rumah panggung yang bebas digunakan siapa saja. Namun sayangnya belum ada penginapan di daerah sekitar sini.

5. Berkemah? Mengapa Tidak

Suasana Pantan Terong saat senja
Suasana Pantan Terong saat senja via Instagram waul93

Pengelola setempat tidak melarang jika ada pengunjung yang ingin mendirikan kemah dan bermalam. Apalagi pemandangan di Pantan Terong memang amat spektakuler, terutama untuk menikmati indahnya matahari terbit maupun terbenam. Namun jangan lupa buat api unggun agar tidak sampai menggigil di tengah dinginnya udara malam.

Satu lagi yang perlu diingat adalah soal norma kesopanan. Bagi yang datang dengan rombongan, pastikan tenda laki-laki dan perempuan dipisah jika tak ingin mendapat peringatan keras dari warga sekitar.

Itulah tadi beberapa keiistimewaan dan hal menarik yang ada di bukit Pantan Terong. Jika kebetulan sedang berada di Aceh Tengah, dekat Kota Takengon, mampirlah ke beranda alam ini untuk menikmati panorama alami yang sungguh spektakuler. Next

ramadan

4 Desa Adat di Pulau Flores dengan Budaya yang Kaya dan Istimewa

Via Instagram yhudi.dwy

Srambang Park Ngawi, Destinasi Paduan Alam dan Spot Selfie