in ,

Liburan Super di Anyer dengan Mencoba Keseruan Wisata Ini

Taman Nasional Ujung Kolon [image source]

Anyer merupakan sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Serang. Sebagian wilayahnya adalah pesisir pantai dan jadi andalan objek wisata Banten. Kamu yang tinggal di sana atau di sekitarnya pasti sudah akrab dengan beberapa destinasi wisata keren di Anyer. Selain itu, warga Ibu Kota Jakarta yang ingin liburan seru juga tidak perlu pergi jauh-jauh karena Anyer yang dekat saja sudah menyuguhkan keindahan paripurna. Berikut ini adalah beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi.

Baca juga : 5 Destinasi Wisata Hits di Banyuwangi, Habiskan Liburan di Ujung Timur Pulau Jawa

1. Pantai Sambolo

Pantai Sambolo [image source]
Pantai Sambolo mudah sekali ditemukan dan jalan menuju ke sana gampang ditempuh karena masih jadi satu dengan kawasan wisata Anyer. Tepatnya terletak di Jalan Raya Karang Bolong, Cinangka. Untuk sampai di Pantai Sambolo kamu harus menempuh perjalanan selama kurang lebih satu setengah jam setelah keluar dari gerbang tol Cilegon Barat. Ketika sampai, kamu akan menikmati hamparan pasir laut yang putih. Begitu serasi dengan ombak laut dan terpaan angin yang membawa aroma khas.

Pantai Sambolo [image source]
Pantai Sambolo [image source]
Tiket masuk ke lokasi wisata ini cukup murah sekitar Rp. 5 ribu saja. Kamu harus membayar biaya parkir sebesar Rp. 15 ribu untuk kendaraan roda dua. Sedangkan mobil dipatok dengan harga Rp. 50 ribu sekali parkir. Salah satu pesona yang membuat pantai ini banyak dikunjungi adalah keindahan matahari terbenam. Beberapa fasilitas olahraga air juga bisa kamu sewa mulai dari  Speed Boat, donat boat, jet ski, parasailing, juga snorkeling.

Lokasi : Jalan Raya Karang Bolong, Cinangka. Banten

2. Mercusuar Anyer

Mercusuar Anyer [image source]
Bicara soal Anyer, kamu pasti ingat jika nama daerah yang ada di Kabupaten Serang tersebut pernah disebut di berbagai buku sejarah sebagai titik awal pembangunan jalan oleh penjajah Belanda dengan memanfaatkan penduduk pribumi.

Mercusuar Anyer [image source]
Mercusuar Anyer [image source]
Kabarnya salah satu penanda titik nol tersebut adalah sebuah bangunan mercusuar yang dibangun pada tahun 1806. Sedangkan proyek jalan mulai dibangun pada tahun 1825. Saat Gunung Krakatau meletus pada tahun 1883, bangunan hancur dan didirikan kembali. Pembangunan selesai pada tahun 1885 di bawah pemerintahan  Z.M Willem III.

Lokasi : Banten, Cikoneng, Anyar, Serang, Banten

3. Pantai Anyer

Pantai Anyer [image source]
Pantai Anyer termasuk salah satu destinasi wisata yang terkenal tidak hanya di kalangan traveler lokal, tapi juga mancanegara. Ombak begitu tenang, sehingga kamu bisa  bermain di pinggir pantai dengan nyaman dan mendapatkan keseruan yang maksimal.

Pantai Anyer [image source]
Pantai Anyer [image source]
Apalagi jika kamu datang beramai-ramai. Bahkan bertandang sendirian untuk melepas penat juga bisa kamu lakukan di Pantai Anyer. Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini sambil menikmati indahnya pasir pantai adalah berenang, mencoba banana boat, main pasir, snorkeling, diving, jetski.

4. Pantai Marina

Pantai Marina [image source]
Pantai Marina juga tidak kalah keren, dibanding beberapa tujuan wisata lain di Anyer, pantai ini menyuguhkan beberapa fasilitas menarik. Bukan hanya pemandangan pantai dengan ombak yang langsung menghantam karang, Pantai Marina menyediakan beberapa jenis olahraga air. Setelah puas bermain-main di Pantai, kamu bisa mencoba berbagai kuliner yang tersedia di sekitarnya.

Pantai Marina [image source]
Pantai Marina [image source]
Kalau kamu ingin bermalam juga nggak perlu khawatir, karena sudah ada beberapa bangunan penginapan yang nyaman dan bikin betah para wisatawan. Tinggal pilih mana yang sesuai dengan selera dan kantong, kamu sudah bisa istirahat di penginapan yang dekat dengan pantai.

Lokasi : Anyer, Serang, Banten

5. Pantai Marbella

pantai marbella [image source]
Pantai Marbella tidak bisa dilepaskan dari pesona Hotel dengan nama yang sama dan terletak di dekat bibir pantai. Hotel tersebut termasuk hotel tua dengan standar bintang lima yang mewah dan berkelas. Kamu bisa menjadikannya salah satu pilihan akomodasi untuk liburan. Atau kalau tidak, mampir saja ke wisata Pantai Marabella yang terkenal bersih dan terawat. Ombak yang menerpa dengan tenang, membuat hamparan pasir jadi begitu indah.

Pantai Marbella [image source]
Pantai Marbella [image source]
Berjalan di pantai sambil menikmati angin laut akan membuat kamu lupa sejenak dengan berbagai masalah dan mensyukuri alam negeri ini yang begitu kaya dan mempesona. Karena suasananya yang romantis, Pantai Marbella banyak dikunjungi oleh pengantin baru yang ingin berbulan madu.

Lokasi :  Jalan Raya Karang Bolong, Desa Bandulu, Serang, Banten

6.  Pantai Cibeureum

Pantai Cibereum [image source]
Pantai yang cantik, air laut jernih dengan ombak seakan menari-nari pasti bisa memanjakan matamu dan membuat kamu lebih santai. Suasana seperti itu biasa kamu dapatkan dengan datang langsung ke Pantai Cibeureum. Akses menuju tempat ini cukup mudah karena termasuk dalam kawasan Pantai Anyer dan dekat dengan lokasi wisata terkenal.

Pantai Cibeureum [image source]
Pantai Cibeureum [image source]
Selain karena pantainya, Cibeureum juga jadi tujuan wisata kuliner yang mantap. Ada beberapa penjual makanan khas pantai dengan cita rasa yang menggoda. Selain itu, pohon kelapa yang banyak tumbuh di sekitar pantai membawa kesejukan tersendiri.

Lokasi :  Kampung Cinangka, Anyer, Serang, Banten

7. Pantai Pasir Putih Florida

Pantai Florida [image source]
Pantai sangat identik dengan yang namanya sunrise atau sunset. Cahaya merah yang membias di langit dan laut akan membuat kamu menyaksikan pemandangan keren bak lukisan yang mengesankan. Ada beberapa tempat keren untuk melihat matahari tergelincir di balik lautan menjelang malam. Salah satunya adalah Pantai Florida. Untuk masuk ke area pantai kamu harus membayar biaya tiket sebesar Rp. 10 ribu.

Pantai Florida [image source]
Lokasi : Pantai Pasir Putih Florida, Anyer, serang

8. Pantai Jambu

Pantai Jambu [image source]
Anyer nggak lengkap kamu kunjungi jika belum datang ke Pantai Jambu. Setiap tujuan wisata di penghujung Pulau Jawa ini memang terkenal dengan ombaknya yang tenang dan hamparan pasir putih mengagumkan. Rasakan ketika kakimu menyentuh pasir pantai yang lembut sambil memandang ke arah laut lepas yang luas. Berbeda dengan beberapa tempat lain, Pantai Jambu masih terlihat bersih dan alami. Letaknya tidak jauh dari Pantai Karang Bolong.

Pantai Jambu [image source]
Lokasi : Anyer, Serang, Banten

9. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong [image source]
Pantai Karang Bolong juga menjadi destinasi wisata di sekitar Anyer yang begitu unik dan memiliki pemadangan cantik. Sesuai namanya, terdapat sebuah karang besar yang bolong. Ada banyak sekali cerita perihal asal-usul dan penyebab karang tersebut berlubang.

Pantai Karang Bolong [image source]
Sebagian orang menyebut lubang tersebut terbentuk akibat letusan Gunung Krakatau. Terlepas dari mitos yang menyelimutinya, kamu bisa dimanjakan dengan berbagai hal menarik di Pantai Karang Bolong. Dari bermain di pantai hingga tracking ke puncak karang untuk melihat pemandangan dari ketinggian.

Lokasi : Jl. Raya Karang Bolong Km 35 Anyer Lor Serang – Banten

10. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kolon [image source]
Yang khas dari taman nasional di ujung Pulau Jawa ini adalah keberadaan badak bercula satu. Memang kamu akan menghadapi belantara, namun terdapat beberapa wahana  wisata yang tentunya aman kamu datangi. Fasilitasnya juga lengkap, bahkan kamu bisa menjelajah dengan menaiki perahu. Lokasinya juga tidak begitu jauh dari Anyer.

Taman Nasional Ujung Kolon [image source]
Lokasi : Pandeglang, Banten

Itulah beberapa tujuan wisata di Anyer dan sekitarnya. Menurutmu tempat mana yang paling keren? Next

ramadan

Uji Nyali dengan Muncak ke Gunung Sibayak, Berastagi

10 Benda Wajib Punya untuk Traveling yang Anti Ribet