in ,

Kupas Tuntas Tujuan Traveling di Banyumas, Traveler Dijamin Puas!

Pancuran pitu [image source]

Banyumas adalah salah satu kabupaten di provinsi Jawa Tengah dimana wilayahnya dikepung oleh daratan. Di bagian utara kabupaten ini terdapat Gunung Slamet yang merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa setelah Gunung Semeru. Keberadaan gunung tersebut membuat Banyumas ketiban berkah dengan banyaknya air terjun serta kawasan asri yang dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata alam yang sangat terkenal yaitu Baturraden.

Baca juga : Wisata Semarang dan Sekitarnya yang Bertema Air, Seger Abis!

Mungkin sebagian dari kalian bertanya, bukannya Baturraden itu ada di Purwokerto? Yap, nama Purwokerto memang lebih dikenal traveler, tapi sebenarnya ini adalah nama ibukota dari kabupaten Banyumas. Untuk mengetahui destinasi traveling lainnya yang dimiliki Banyumas, yuk ikuti Travelingyuk mengupas tuntas tujuan traveling di kota yang terkenal dengan dialek “ngapak”-nya ini.

1. Traveling di Banyumas Wajib Hukumnya Datang ke Baturraden

Baturaden [image source]

Destinasi pertama yang wajib traveler singgahi saat liburan di Banyumas adalah Obyek Wisata Baturraden. Alasannya cukup simpel karena ini adalah obyek wisata paling populer di kabupaten ini. Letaknya berada 14 kilometer dari kota Purwokerto atau tepat berada di kaki Gunung Slamet. Dengan begitu traveler akan dimanjakan dengan udara gunung yang sejuk dan terbebas dari polusi.

Baturaden [image source]

Obyek Wisata Baturraden terbagi ke dalam beberapa zona. Buat traveler yang suka jalan-jalan santai bersama pasangan dapat berkunjung ke Taman Bitanin yang mengoleksi aneka tanaman langka. Di kawasan ini juga terdapat waterboom untuk anak-anak yang suka bermain air. Buat yang suka melihat satwa langka tinggal datang ke Taman Kaloka Widya Mandala. Pokoknya lengkap deh tinggal pilih sesuai dengan kesukaan para traveler.

Lokasi : Karangmangu, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

2. Ada di Kecamatan Baturraden Terdapat Curug Lawang yang Begitu Tenang

Curug Lawang [image source]

Mungkin bagi sebagian traveler masih asing mendengar nama Curug Lawang. Ini adalah curug yang sama dengan Curug Bidadari yang terletak di Desa Karangsalam, kecamatan Baturraden, Jawa Tengah. Curug Lawang adalah penamaan yang diberikan warga sekitar lantaran sebelum sampai di spot air terjunnya traveler akan melewati semacam gua yang terlihat seperti pintu masuk.

Curug Lawang [image source]

Curug Lawang atau curug telu ini sangat mempesona dan seperti kata banyak pepatah yang mengatakan bahwa untuk menuju ke tempat yang indah terkadang seseorang harus melewati jalan yang tidak mudah. Itu juga berlaku bagi traveler yang mau berkunjung ke Curug Lawang. Perjalanan panjang menerjang perbukitan dan jalan setapak menjadi rute wajib yang harus dilewati traveler jika mau bercumbu dengan keindahan Curug Lawang.

Lokasi :  Karangsalam, Baturraden, Banyumas

3. Siapkan Fisik Untuk Perjalanan Panjang ke Curug Carang

Curug Carang [image source]

Mau yang lebih menantang? Masukkan Curug Carang ke dalam daftar kunjungan. Rute menuju ke curug ini akan menguras energi sebab setiap traveler harus trekking jalan kaki melewati jalan setapak, membelah hutan hingga menyisir aliran sungai. Namun keindahan curug satu ini memang layak untuk disambangi.

Curug Carang [image source]

Curug Carang bisa dijangkau dengan mengambil rute arah Baturraden, kemudian sebelum gerbang wisata Mandala Baturraden ambil arah kanan menuju Curug Telu, barulah setelah itu kendaraan diparkir di rumah warga yang terletak sebelum pertigaan Gerbang Desa Karang Salam. Setelah perjalanan panjang barulah kamu akan menemukan curug ini, dijamin deh bakal males pulang setelah sampai di lokasi.

Lokasi :  Kemutug Kidul, Baturraden, Kotayasa, Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

4. Pancuran Pitu, Pemandian Air Hangat Untuk Spa Alami

Pancuran pitu [image source]

Pancuran Pitu sangat pas untuk dikunjungi terutama sebagai media relaksasi otot-otot yang lelah. Pancuran Pitu merupakan pemandian alami dengan air mancur berupa air hangat dari Gunung Slamet yang mengandung belerang. Kandungan belerang ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit serta membuat tubuh segar.

Pancuran pitu [image source]

Curug Pitu terletak sekitar 3 kilometer dari Loka wisata Baturaden. Kawasan ini selalu ramai dikunjung wisatawan dari berbagai daerah. Rata-rata mereka datang dengan tujuan untuk terapi kesehatan. Bagi yang mau pelayanan lebih, ada warga yang menawarkan pijat sekaligus spa tradisional menggunakan belerang. Tarifnya sekitar Rp. 20-35 ribu rupiah.

Lokasi :  Loka wisata Baturaden, Jawa Tengah

5. Hutan Pinus Binangun, Tempat Traveling yang Bikin Foto Jadi Keren di Instagram

Hutan Pinus [image source]

Sudah sejak tahun lalu foto traveling di kawasan hutan pinus akan membuat si traveler makin keren di Instagram. Sehingga banyak situs traveling yang membahas spot-spot hutan pinus di Indonesia yang bisa dijadikan tujuan jalan-jalan. Banyumas sebenarnya memiliki kawasan hutan pinus yang terkenal di daerah Baturraden. Namun selain di sana masih ada tempat lain yang bisa dikunjungi untuk foto-foto selfie yaitu hutan pinus Binangun.

Hutan Pinus [image source]

Hutan Pinus Binangun berada di desa Binangun, kecamatan Banyumas. Daerah ini selain memiliki hutan pinus yang keren juga terdapat kawasan wisata yang dikenal dengan nama Taman Angkasa yang baru saja dikembangkan pada bulan Juni 2015 silam. So setelah puas selfie-selfie di hutan pinus sekalian saja mampir ke Taman Angkasa ya.

Lokasi : Binangun, kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas

6. Pengen Cepat Dapat Jodoh? Buktikan Mitos Curug Pengantin yang Konon Bikin Enteng Jodoh

Curug Pengantin [image source]

Curug Pengantin sepertinya sangat pas untuk dikunjungi traveler yang sedang menanti jodoh. Pasalnya curug yang terletak di Dusun Parduli, Desa Kracak, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ini memiliki mitos barang siapa mandi dengan airnya maka akan di dekatkan dengan jodohnya.

Curug pengantin [image source]

Karena mitos yang beredar tersebut banyak traveler yang penasaran untuk datang ke lokasi dan membuktikan mitos tersebut meski mereka tahu perjalanan menuju ke Curug Pengantin tidaklah mudah. Mereka harus jalan kaki melewati trek yang terjal sebelum akhirnya sampai di lokasi. Bahkan beberapa orang yang berasal dari warga setempat rela datang dan madi di air terjun ini pada tengah malam di hari malam Jumat Kliwon.

LOkasi : Dusun Parduli, Desa Kracak, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

7. Sambangi Curug Cipendok Yang Sangat Deras Dengan Sensasi Hujan Buatan Yang Bikin Puas

Curug Cipendok [image source]

Curug Cipendok dengan debit airnya yang sangat deras sayang untuk kamu lewatkan. Curug ini terletak di Kecamatan Cilongok dan telah memiliki berbagai fasilitas pendukung semisal jogging track, cottage dan juga area outbond. Dasi semuanya yang paling menarik adalah air terjun itu sendiri.

Curug Cipendok, via instagram
Curug Cipendok, via instagram

Curug Cipendok memiliki ketinggian 95 meter dan menjadi salah satu air terjun tertinggi di provinsi Jawa Tengah. Debit airnya sangat deras sehingga jika traveler berada di dekat air terjun ini akan basah kuyup terkena percikan air yang ditiup angin. Jadi kalau memutuskan bermain di Curug Cipendok sebaiknya kamu membawa baju ganti ya guys.

Lokasi : Karangtengah, Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

8. Curug Nangga, Air Terjun Bertingkat yang Begitu Menggoda

Curug Nangga [image source]

Jangan lupa untuk singgah di Curug Nangga. Air terjun yang mulai populer di tahun 2015 ini memiliki karakteristik unik berupa terjunan air tujuh tingkat. Curug Nangga bisa traveler jumpai dengan menjelajahi desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Akses menuju ke lokasi masih sedikit sulit karena spot ini belum dikelola maksimal oleh pemerintah.

Curug Nangga [image source]

Awal mulanya segelintir traveler memposting keindahan Curug Nangga di media sosial yang kemudian diketahui traveler lain sehingga sedikit demi sedikit keberadaan air terjun keren ini mulai terkuak. Nama Nangga sendiri diambil dari kata dasar Tangga yang merepresentasikan bentuk fisik air terjun yang seperti tangga. Kini pengelolaan air terjun ini dilakukan oleh kelompok sadar wisata desa Petahunan.

Lokasi :  Pekuncen, Petahunan, Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

9. Mau Mendengar Nyanyian Merdu Alam Semesta? Datang ke Telaga Sunyi Saja

Telaga Sunyi [image source]

Kadang kita butuh menjauh dari keramaian kota untuk mendengar nyanyian alam. Tempat yang sunyi menjadi pilihan utama untuk melakukannya. Di Banyumas kamu bisa menepi dengan mengunjungi Telaga Sunyi, sesuai dengan namanya suasana di sekitar telaga ini memang sangat sunyi senyap hingga traveler bisa dengan mudah mendengar nyanyian merdu alam semesta.

Telaga Sunyi [image source]

Telaga Sunyi berada 3 kilometer dari Taman Wisata Baturraden. Telaga ini memiliki air terjun mini yang tak henti-hentinya mengalirkan air hingga traveler bisa menikmati bunyi gemercik airnya. Meski menenangkan bukan berarti tempat ini bisa kamu gunakan untuk pelarian dari masalah asmara ya, sebab tempat ini malah menjadi jujugan anak muda untuk berpacaran. Datang kesini kamu bisa dibikin iri dengan tingkah laku muda-mudi tersebut.

Lokasi : Limpakuwus, Sumbang, Banyumas

10. Museum BRI, Satu-Satunya di Indonesia

Museum BRI [image source]

Mumpung lagi di Banyumas sekalian saja mampir ke Museum Bank Rakyat Indonesia. Museum ini bisa traveler jumpai di jalan Jend Sudirman, Purwokerto, bersebelahan dengan Kantor unit BRI cabang Wiriatmadja. Diresmikan oleh Kamardy Arief, Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia pada tanggal 19 Desember 1990. Ini adalah satu-satunya Museum BRI di Indonesia.

Museum BRI [image source]

Pemilihan Purwokerto sebagai tempat dibangunnya Museum BRI adalah karena di kota inilah cikal bakal BRI didirikan oleh Patih R Aria Wiriatmadja pada tanggal 16 Desember 1895. Selain kamu bisa menambah wawasan tentang sejarah berdiri dan berkembangnya salah satu bank paling besar dan tertua di Indonesia, berkunjung ke Museum BRI juga tidak dipungut biaya alias gratis.

Lokasi : Jalan Jenderal Sudirman, Kedungwuluh, Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Bagi traveler Banyumas yang ngaku sudah khatam menjelajahi kotamu sendiri dan menjumpai banyak destinasi yang belum dituliskan Travelingyuk. Kalian bisa membantu kami untuk melengkapi daftar di atas. Caranya tuliskan saja di kolom komentar di bawah ini. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

9 Destinasi Wisata Populer di Dunia Ini Punya Tingkat Pembunuhan Tertinggi di Dunia!

Belum Gaul Kalau Belum Ke Curug Aul