in , ,

Belanja Bunga di Kawasan Wisata Sidomulyo Kota Batu

Wisata Sidomulyo Batu
Wisata Sidomulyo Batu

Kota Batu sebagai kota wisata memang banyak mempunyai destinasi wisata yang bisa kita temukan di setiap sudut kotanya. Mulai dari wisata permainan, petualangan, wisata belanja, sampai wisata alam semua ada di Kota Batu. Satu hal lagi yang terkenal dari Batu yaitu sebagai kota penghasil bunga-bunga indah. Nah, ternyata ada juga destinasi wisata untuk melihat atau membeli bunga-bunga hias yang indah di Kota Batu. Mau tahu lebih jelas?, yuk kita bahas.

Baca juga : Gunung Tangkuban Parahu Erupsi, Jatuhan Abu ke Kecamatan Lembang

1. Lokasi Wisata Bunga Kota Batu

Jika di daerah lain ladang atau persawahan digunakan untuk tanaman pangan, lain halnya dengan di Kota Batu. Di Kota Batu ada sebuah area pertanian yang seluruh areanya ditanami dengan bunga-bunga indah dan awalnya orang-orang hanya menyebutnya ladang bunga, tapi sekarang tempat ini sudah diberi nama Kawasan Wisata Bunga Sidomulyo.

Seperti namanya, tempat wisata menarik ini berada di Jl. Mawar Putih Desa Sidomulyo, Kota Batu. Untuk menuju ke sini kita cukup mengarah ke arah pemandian Selecta melewati jalan tanjakan bernama Jl. Bukit Berbunga yang selama ini dikenal sebagai jalanan yang banyak ditemui penjual bunga. Asiknya datang ke sini adalah kita bebas datang ke wisata bunga ini gratis tanpa ada tiket masuk.

2. Kebun Bunga Di Setiap Hamalan Rumah

Kalau kita sudah menemukan sebuah gapura Wisata Bunga Sidomulyo, maka begitu kita masuk ke area pemukiman warga menuju kebun bunga kita akan dihadirkan pemandangan menarik. Kita akan melihat semua rumah yang ada di kawasan ini mempunyai budidaya tanaman bunga hias di setiap halaman rumahnya. Ini bukan hal aneh karena mayoritas penduduk di tempat ini adalah seorang petani bunga atau pemilik ladang bunga. Bunga-bunga yang ada di depan setiap rumah warga ini tentunya juga bisa kita beli.

3. Lokasi Kebun Bunga Yang Indah Berlatar Gunung

Berjarak sekitar 150 meter dari gapura masuk di tepi jalan raya, kita akan masuk ke sebuah kawasan pertanian yang luas dan semuanya ditanami berbagai jenis bunga. Tidak salah memang kalau akhirnya tempat ini dijadikan sebuah destinasi wisata, karena selain kita bisa menemukan berbagai bunga indah, pemandangan yang kita dapatkan berupa gunung, perbukitan, dan juga hamparan bangunan di pusat Kota Batu yang terlihat dari atas sini membuat kita terhibur.

4. Ada Berbagai Macam Jenis Bunga

Sebagai ladang atau kebun bunga dengan area yang sangat luas, di Wisata Bunga Sidomulyo kita bisa menemukan banyak sekali tanaman bunga yang indah, unik, dan tentunya menarik. Salah satu jenis tanaman yang menarik adalah jenis tanaman bonsai yang bernama dolar. Bunga bonsai ini sudah ditanam di sebuah pot besar dan dibentuk semenarik mungkin sejak ditanam, jadi kita bisa pilih yang paling menarik untuk dibeli tanpa harus repot-repot membuat bonsai sendiri di rumah. Kebanyakan bunga ini dibeli oleh dinas-dinas pertamanan untuk ditaman di taman-taman kota.

Jenis bunga lain yang ada di ladang bunga ini adalah bugenvil. Bugenvil yang ada di area ini banyak sekali pilihannya, ada bugenvil merah, pink, ungu, putih, dan warna lainnya. Kita bisa membeli bunga bugenvil yang sudah ditanam di pot-pot mulai dari yang berukuran kecil hingga besar. Selain itu kita juga membeli dalam bentuk tertanam di dalam polibag.

Siapa sih yang tidak suka bunga mawar, jenis bunga warna warni dengan wanginya yang sangat khas dan disukai semua orang. Perpaduan tanah yang subur dengan hawa dingin Kota Batu membuat bunga mawar tumbuh subur di sini. Di kebun bunga ini kita bisa menikmati melihat-lihat tanaman bunga mawar yang beraneka warna, dan tentunya kita bisa membelinya untuk diberikan pada pasangan.

Untuk ibu-ibu yang suka menghiasi interior rumahnya dengan tanaman-tanaman hidup, di kebun bunga ini juga terdapat lokasi penjualan berbagai jenis tanaman gantung dan tanaman-tanaman lain yang pas untuk dipajang di dalam rumah seperti anggrek, gelombang cinta, dan masih banyak lagi jenis lainnya. Kalau kita membeli dalam jumlah banyak biasanya penjual akan memberikan harga yang miring.

Selain beberapa bunga populer yang telah disebutkan sebelumnya, taman wisata bunga di Desa Sidomulyo ini juga banyak menyediakan puluhan bahkan ratusan bunga lainnya yang cocok untuk ditanam di taman kita. Pinus, palm, bahkan jenis tanaman bambu kuning pun ada banyak di sini. Masih belum puas?, ada juga bunga wali songo, ringin putih, sakura, cemara, anggrek, krisan, lavender, bamboo air, dan bibit-bibit buah misalnya jambu, jeruk, sirsak, dan lain sebagainya. Semuanya lengkap dan kita hanya menyiapkan kendaraan untuk mengangkut bunga-bunga indah pilihan kita.

5. Membeli Langsung Pada Pemilik Kebun

Semua kebun bunga di Desa Sidomulyo ini dimiliki oleh warga lokal setempat, dan begitupun juga dengan perawatannya sehari-hari yang mereka lakukan sendiri dibantu oleh anggota keluarga lain. Karena langsung dijaga oleh sang pemilik kebun, kita pun bisa leluasa langsung bertanya mengenai bunga-bunga yang ada di area ini. Satu hal lagi kita jadi bebas menawar sampai jadi kepada pemiliknya kalau mau membeli bunga.

Selain dikelola dan dijaga langsung oleh pemilik kebun, area wisata bunga ini juga menjadi lapangan pekerjaan untuk warga setempat yang tidak mempunyai lahan kebun bunga. Tentunya walaupun masuk ke kawasan wisata ini gratis, tapi keberadaannya juga meningkatkan perekonomian warga setempat.

6. Bunga Banyak Dikirim Ke Berbagai Kota

Selain kita bisa membeli langsung di tempat kebun bunga ini, bunga-bunga disini juga banyak dikirim ke luar Kota Batu untuk dijual di toko-toko bunga atau sekedar memenuhi pesanan dari orang. Maka jangan heran kalau kita melihat banyak truck ataupun pick up diarea kebun yang mengangkut banyak sekali bunga. Bahkan toko-toko bunga di seluruh Malang raya pun mengambil dagangannya dari kebun bunga di Desa Sidomulyo ini.

7. Ratusan Pengunjung Datang Setiap Hari

Karena Kota Batu memang sangat khas dengan bunga-bunga indahnya, ini membuat banyak wisatawan yang datang berwisata ke Kota Batu juga mampir ke objek Wisata Bunga ini. Di akhir pekan atau hari libur, lokasi kebun bunga ini banyak dipadati mobil-mobil wisatawan dari luar kota untuk membeli bunga sebagai oleh-oleh. Tidak sedikit juga wisatawan yang sering kembali ke Kota Batu hanya untuk membeli bunga lagi di tempat ini, mereka kebanyakan adalah warga Kota Surabaya. Next

ramadan
Goa Seplawan

Gua Seplawan, Kawasan Wisata di Purworejo yang Menakjubkan

Kuliner

Warung Dhahar Blora, Coba Kikil Kuah Pedas yang Khas Banget