in , , , , ,

Wisata di Banyumas Bebas Dikunjungi Tanpa Surat Antigen

Warga Jateng bisa bebas ke atraksi wisata tanpa surat antigen

wisata di Banyumas
siap sambut

Banyumas, selain dikenal dengan masyarakat yang memiliki logat ngapak yang khas, wisata alamnya pun gak kalah keren dan semenarik Jogja. Banyak destinasi wisata yang pas banget buat dikunjungi saat momen liburan panjang seperti Libur Tahun Baru. Meski tengah dalam kondisi menghadapi pandemi, pemerintah Banyumas tetap membuka diri untuk menerima wisatawan yang berkunjung ke berbagai atraksi wisata di Banyumas.

Baca juga : Maya Bay, Pantai Yang Ngetop Berkat Leonardo di Caprio

Siap Sambut Wisatawan Berlibur Tahun Baru

Persiapan satgas menyambut wisatawan via facebook/Koramil 25 Pwt Selatan

Kepala Dinporabudpar, Asis Kusumandani mengaku, pemerintah telah siap menerima wisatawan yang ingin mengadakan liburan di berbagai tempat wisata di Banyumas. Kesiapan tersebut dibuktikan dengan protokol kesehatan yang telah diterapkan, tenaga kesehatan, dan sangsi bagi tempat wisata yang melanggar prokes. Bahkan, disebutkan jika sebanyak 15 desa wisata di Banyumas telah dilengkapi dengan peralatan untuk menjalankan protokol kesehatan seperti hand sanitizer, penyemprotan disinfektan di area wisata, thermo gun, dan tempat cuci tangan. Bahkan, beberapa obyek wisata difasilitasi tim Satgas Covid-19. Harapannya, wisatawan dapat menikmati liburan tahun baru dengan aman.

Surat Tes Antigen Berlaku untuk Wisatawan Luar Jateng

Ilustrasi surat rapid test antigen via ig/@rairillydita

Masyarakat Banyumas dan seluruh warga Jateng patut bernafas lega. Pemerintah hanya membebankan pemeriksaan surat rapid test antigen pada wisatawan luar Jateng, itupun hanya diperiksa saat mereka berada di hotel. Meskipun pemerintah tak membatasi kunjungan wisatawan dari berbagai pelosok daerah, surat tes antigen dengan hasil negatif menjadi syarat wajib bagi wisatawan luar Jateng yang ingin menikmati liburan tahun baru di Banyumas.

Dilarang Melakukan Perayaan Tahun Baru Berlebihan

Ilustrasi perayaan tahun baru via ig/@kulinerjogya

Perayaan tahun baru memang belum lengkap tanpa pentas kembang api. Sayangnya, meski obyek wisata bebas dikunjungi di masa pandemi, pemerintah tetap melarang perayaan berlebihan seperti pentas kembang api dan live music yang dapat menyebabkan kerumunan. Pasalnya, gelaran pentas kembang api seringkali dilaksanakan di alun-alun yang menyebabkan ribuan orang berkumpul di satu titik.

Syarat Masuk Wisata

penggunaan masker dan pengecekan suhu di tempat wisata via facebook/Koramil 25 Pwt Selatan

Karena tengah berada di masa pandemi Covid-19, syarat wajib selama berada di tempat wisata ialah tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku seperti menjaga jarak, dilarang berkerumun, dan mencuci tangan dengan sempurna. Para wisatawan juga akan melakukan cek suhu yang dilaksanakan oleh pihak pengelola wisata. Selain itu, beberapa obyek wisata juga menerapkan sistem reservasi untuk masuk ke tempat wisata. Pembelian tiket tersebut dilakukan melalui aplikasi Mas Basid yang ada di smartphone. Nantinya, para pengunjung akan mendapat informasi tentang alamat tempat wisata, jam buka, dan kuota kunjungan per harinya. Para pengunjung juga harus membayar dengan sistem cashless. Sampai saat ini, masih 4 tempat wisata yang menerapkan sistem pembelian tiket online, yakni Loka Wisata Baturraden, Taman Rekreasi Andhang Pangrenan, THR Pangsar Soedirman, dan Taman Balai Kemambang.

Nah, bagi para pengunjung luar Jateng harap lebih teliti saat menyiapkan surat tes antigennya ya supaya bisa menikmati wisata di Banyumas. Bagi masyrakat Jawa Tengah pun harus tetap berhati-hati dan menjaga diri selama merayakan tahun baru di obyek-obyek wisata Banyumas. Next

ramadan

Written by dessy humairoh

Ibu rumah tangga yang hobi menulis dan bercerita. Menghabiskan waktu dengan anak sambil tetap produktif mengasah otak adalah hal yang menantang.

fi hudson yards new york

Hudson Yards di New York, Pusat Perbelanjaan Fasilitas Terlengkap

takayama

Takayama, Kota Festival yang Sarat Budaya Jepang