in , ,

30 Spot Foto dan Wisata di Nusa Penida, Semuanya Indah!

Rekomendasi Lima Wisata Keren di Nusa Penida Bali

Panorama di Diamond Beach
Panorama di Diamond Beach (c) Laila Madania/Travelingyuk

Nusa Penida sendiri berada di tenggara Bali, dipisahkan Selat Badung. Di sekitarnya terdapat dua pulau kecil lain, Nusa Ceningan dan Nusa
Lembongan. Jika ingin menuju sini, Teman Traveler bisa langsung booking kapal dari Pantai Sanur.

Baca juga : Chinatown Bandung, Suasana Negeri Tirai Bambu di Kota Kembang yang Super Instagramble

Jika Teman Traveler berencana mampir ke Nusa Penida, berikut adalah rekomendasi tempat yang wajib disambangi Yuk, simak ulasan selengkapnya tentang spot foto d Nusa Penida Berikut ini.

1. Pantai Kelingking

dsc02351_xky.jpg
Tebing berbentuk Tyranosaurus (c) Laila Madania/Travelingyuk

Pantai Kelingking berada di sisi barat Nusa Penida. Keindahan yang ditawarkan di sini benar-benar luar biasa, bisa dinikmati dari atas tebing ataupun maupun pesisirnya. Dari ketinggian, Teman Traveler bahkan bisa melihat sebuah tebing dengan bentuk menyerupai Tyrannosaurus.

Destinasi cantik ini masuk wilayah Bunga Mekar, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Jaraknya sekitar 15 kilometer dari Dermaga Banjar Nyuh, bisa ditempuh dalam perjalanan kurang lebih 50 menit.

2. Broken Beach

img_9757_yHC.JPG
Broken Beach (c) Laila Madania/Travelingyuk

Dua tempat ini bisa Teman Traveler kunjungi sekali jalan karena letaknya berdekatan. Broken Beach sendiri tidak seperti pantai pada umumnya. Di sini kalian bakal melihat sebuah tebing dengan lubang di bagian tengahnya. Jika dilihat, hampir berbentuk mirip jembatan.

Kehadiran tebing tersebut jadi salah satu daya tarik utama Broken Beach. Jika Teman Traveler penasaran, pantai ini berjarak kurang lebih 30 menit dari dermaga.

Sementara itu, Angel Billabong berbentuk seperti kolam alami yang terbentuk dari bebatuan. Wilayah sekitarnya dikelilingi tebing batu dan lengkungan. Jika datang di waktu yang pas, Teman Traveler bisa berenang di sini. Namun jika air laut sedang naik, kalian sebaiknya tidak mencobanya ya.

3. Crystal Bay

img_9825_xYF.JPG
Sunset indah di Crystal Bay (c) Laila Madania/Travelingyuk

Crystal Bay juga jadi salah daya tarik bagi wisawatan Nusa Penida. Destinasi ini terkenal memiliki perairan bening. Selain itu tempatnya juga ideal untuk snorkeling.

img_9818_mfq.JPG
Pepohonan bikin suasana makin rindang (c) Laila Madania/Travelingyuk

Para turis juga kerap berlama-lama di sini untuk menikmati indahnya panorama sunset. Buat Teman Traveler yang sudah ngebet ingin ke sini, butuh waktu kurang lebih 20 menit perjalanan dari dermaga Banjar Nyuh untuk menuju sini.

4. Diamond Beach

img_9968_Pg2.JPG
Pemandangan Diamond Beach dari ketinggian (c) Laila Madania/Travelingyuk

Diamond Beach berada di sisi timur Nusa Penida, tepatnya di daerah Pejukutan. Dari dermaga Banjar Nyuh, Teman Traveler tinggal arahkan kendaraan ke arah timur, melintasi jarak sejauh 28 kilometer. Bisa ditempuh dalam perjalanan kurang lebih satu jam.

img_9618_EMo.jpg
Melihat Diamond Beach dari dekat (c) Laila Madania/Travelingyuk

Sesuai namanya, Diamond Beach tawarkan panorama deretan tebing karst dengan bentuk meruncing menyerupai permata. Untuk menuju sini, Teman Traveler wajib menuruni anak tangga dari batu kapur. Sudah ada pagar dan tali pengaman, namun sebaiknya tetap hati-hati ya.

5. Rumah Pohon Molenteng

img_0193_oJ9.JPG
Menikmati keindahan dari rumah pohon (c) Laila Madania/Travelingyuk

Rumah pohon berada tak jauh dari Diamond Beach. Jaraknya kurang lebih 12 kilometer, bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 40 menit.  Sebenarnya destinasi ini bersebelahan langsung dengan pantai sebelumnya. Namun lantaran tidak ada jalur langsung, Teman Traveler harus kembali ke jalur utama.

Teman Traveler bisa saksikan indahnya Pantai Diamond dan sekitarnya dari Rumah Pohon Molenteng. Sejauh mata menandang, nampak area pepohonan hijau dan deretan tebing indah. Benar-benar memanjakan mata.

img_9840_pRI.jpg
Pemandangan yang menyejukkan mata (c) Laila Madania/Travelingyuk

Pemandangan menawan yang menyejukkan mata ini bisa Teman Traveler nikmati. Suara ombak yang menghempas tebing menciptakan kenangan indah tak terlupakan.

6. Pantai Pandan

Pantai Pandan Wisata di Nusa Penida
Pantai Pandan Wisata di Nusa Penida via Instagram @mrdallee

Suara ombak yang melewati celah besar adalah pemandangan menakjubkan dari tempat indah ini. Bibir pantai yang tidak begitu luas membuatnya nampak indah. Layaknya pantai pribadi, wisata ini sangat cocok bagi Teman Traveler yang ingin menenangkan diri.

7. Pantai Payung

Pantai Payung Bukti Keindahan Nusa Penida
Pantai Payung Bukti Keindahan Nusa Penida via [email protected]runedahl

Pantai yang tidak kalah indahnya ini menjadi salah satu destinasi wisata di Nusa Penida. Pasir yang berwarna putih dan batuan karang indah di kedua sisinya, membuat Pantai Payung nampak menawan dari bidikan kamera.

8. Petra Bay

Wisata Nusa Penida dengan petra bay yang indah
Wisata Nusa Penida dengan petra bay yang indah via Instagram @zuzanatrnovcova

Tebing indah ini menjadi salah satu pemandangan yang memanjakan mata. Warna laut biru yang kontras dengan tebing karang yang kokoh dapat menjadi wisata yang dapat Teman Traveler kunjungi.

9. Pasih Andus

Pasih Andus di Nusa Penida dengan Semburan Ombak yang Indah
Pasih Andus di Nusa Penida dengan Semburan Ombak yang Indah via Instagram @ramenow

Deburan ombak yang menghantam karang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Pasih Andus. Selain menikmati ombak, tempat ini bisa jadi spot yang instagramable banget lho Teman Traveler.

10. Pantai Dolphin

Pantai Dolphin di Nusa Penida
Pantai Dolphin via Google Maps Gung Dwi

Wisata yang satu ini memiliki pemandangan tebing yang menawan. Tak mau kalah dari pantai lainnya, Pantai Dolphin menyuguhkan kolaborasi warna birunya lautan, putih dari tebing dan hijau dari tanaman atas tebing yang begitu memanjakan mata.

11. Pura Telaga Sakti Pakraman Sompang

Pura Telaga Sakti Pakraman Sompang
Pura Telaga Sakti Pakraman Sompang via Google Maps Vlastimil

Pemandangan tebing indah lainnya dapat Teman Traveler saksikan di Pura Telaga Sakti Pakraman Sompang. Tempat yang satu ini cocok banget untuk di abadikan. Sentuhan batang pohon tak berdaun membuatnya makin menarik. Namun, berhati-hatilah dalam melangkah karena tempat satu ini tidak memiliki pagar disisi tebing.

12. Tanjung Seganing

Tanjung Seganing
Tanjung Seganing via Instagram @brianperdana

Tidak bosan dengan pemandangan yang memanjakan mata, Teman Traveler bisa mengunjungi Tanjung Seganik yang mempesona. Ombak yang perlahan menghempas tebing, memberikan rasa nyaman yang akan selalu Teman Traveler ingat setelah kembali dari tempat ini.

13. Angel’s Billabong

Angels Billabong
Angels Billabong via Instagram @@patriciandmiguel

Rasanya memiliki kolam berenang pribadi, begitulah kata yang terbesit di hari Teman Traveler yang melihat langsung Angel’s Billabong. Tempat yang satu ini memberikan kepuasan tersendiri bagi Teman Traveler yang suka berenang. Melihat langsung karang dibawah saat berenang merupakan sentuhan alam yang paling dinantikan.

14. Pantai Korawa

Pantai Korawa
Pantai Korawa via Instagram @espyarcadia

Tidak kalah indah, Pantai Konawa menyajikan kolaborasi warna yang menawan. Tebing indah dengan tumbuhan hijau yang menyejukkan jiwa memberikan kenangan berharga tak ternilai jika Teman Traveler berkunjung ke pantai ini.

15. Manta Bay

Manta Bay di Nusa Penida
Manta Bay via Instagram @mermaidcassi

Manta Bay merupakan salah satu wisata bawah laut Nusa Penida yang tidak boleh dilewatkan ya Teman Traveler. Pemandangan berharga lainnya yang bisa dirasakan adalah ketika berfoto dengan Ikan Pari yang berenang bebas di perairan ini. Sungguh menakjubkan!

16. Bukit Padang Padang

Bukit Padang padang Nusa Penida
Bukit Padang padang Nusa Penida via Instagram @nariieoncrengg

Tidak hanya pantai yang bertebing, Nusa Penida juga memiliki bukit dengan suguhan ilalang yang menjulur tinggi. Padang Padang juga memiliki spot foto keren yang bisa Teman Traveler abadikan dan bagikan. Pemandangan ini tak kalah menariknya bukan dengan pantai bertebing.

17. Pantai Lumangan

Pantai Lumangan
Pantai Lumangan via Instagram @nusapenida_bagus_tours

Pantai berikutnya yang pasti tidak boleh dilewatkan oleh Teman Traveler yaitu Lumangan. Tempat yang menyajikan jejeran tebing ini memiliki satu gua yang terbentuk secara alami. Pemandangan eksklusif ini harus diabadikan ya Teman Traveler.

18. Pantai Bulian

Pantai Bulian
Pantai Bulian via Instagram @oka_tournusapenida

Bulian merupakan salah satu pantai yang memiliki tumbuhan hijau seta kombinasi warna laut biru yang tidak kalah memanjakan mata. Namun beberapa sampah masih bisa terlihat di pantai yang seharusnya tetap terjaga keindahannya ini.

19. Pantai Wasu

Pantai Wasu di Nusa Penida
Pantai Wasu di Nusa Penida via Instagram @subehiim

Masih seputaran pantai bertebing, Wasu menjadi salah satu destinasi yang wajib di kunjungi. Selain tebing, karang besar yang tertancap di tengah laut merupakan ciri khas pantai ini. Tebing tinggi dan cukup curam membuat Teman Traveler harus berhati-hati saat mengabadikan momen.

20. Pura Mas Batu Kuning

Pura Mas Batu Kuning
Pura Mas Batu Kuning via Instagran @twhphotogilvie

Destinasi wisata berikutnya adalah Pura Mas Batu Kuning yang memiliki pemandangan menawan. Berdiri kokoh di tepi laut, tempat ibadah penganut agama hindu yang satu ini memberikan kesejukan hari dan kenangan tak ternilai.

21. T-Rex Bay

T rex Bay Nusa Penida
T rex Bay Nusa Penida via [email protected]kudlyak_video

Pantai indah ini memiliki tebing yang sering dikatakan mirip seperti kepala hewan purbakala, T-Rex. Selain itu, pemandangan ini disempurnakan oleh pasir putih di bawah tebing yang memanjakan mata.

22. Paluang Cliff

Paluang Cliff
Paluang Cliff via Instagram @bam.pj

Instagramable banget! Itulah kata-kata yang akan Teman Traveler ucapkan ketika melihat pemandangan foto di atas. Berbagai spot foto dengan pemandangan langsung ke arah pantai, membuat tempat wisata ini menjadi incaran para pencari konten.

23. Pura Paluang / Car Tample

Pura Paluang
Pura Paluang via [email protected]botany_travel

Pura yang biasanya dijadikan tempat yang sakral ternyata memiliki spot yang unik. Adanya mobil berukuran kecil dan cukup besar membuat tempat ini kerap di sebut sebagai Car Tample. Kombinasi warna kuning, putih dan orange akan memanjakan mata Teman Traveler yang berkunjung ke tempat ini.

24. Pura Gunung Cemeng

Pura Gunung Cemeng
Pura Gunung Cemeng via Instagram @myonimato

Pura Gunung Cemeng juga tak mau kalah memamerkan keindahan alam yang dimiliki. Dulunya kerap dijadikan tempat bertapa para petuah, tempat ini berdiri kokoh di atas tebing yang menjulang tinggi.

25. Air Terjun Seganing

Air Terjun Seganing di Nusa Penida
Air Terjun Seganing di Nusa Penida via [email protected]_febrian

Tebing-tebing yang tinggi tidak memungkiri terbentuknya Air Terjun Seganing. Tepat terletak di depan pantai indah bertebing, tempat ini menjadi salah satu spot foto yang keren banget lho Teman Traveler.

26. Banah Cliff

Banah Cliff
Banah Cliff via Instagram @adisumerta

Bicara tentang Nusa Penida, Banah Cliff menjadi tempat yang sudah tidak asing lagi bagi Teman Traveler. Identik dengan tebing berlubang ditengah laut, tempat ini menjadi spot terkeren. Namun, tebing yang menjulang tinggi mengharuskan Teman Traveler untuk berhati-hati saat mengabadikan lukisan alam yang satu ini.

27. Tembeling Beach and Forest

Tembeling  Beach and Forest
Tembeling Beach and Forest via Instagram @celagihostel

Tempat yang tidak boleh dilewatkan adalah Tembeling Beach and Forest. Mmenyuguhkan kolam renang yang terbentuk alami ini terdapat pasir serta batuan dibawahnya. Belum dikatakan menjelajahi Nusa Penida kalau belum berkunjung ke tempat berpanorama apik ini.

28. Saren Cliff Point

Saren Cliff Point
Saren Cliff Point via Instagram @conquistador_chan

Lekukan Nusa Penida dengan beberapa batu karang kecil di tengah laut menjadi pemandangan Saren Cliff Point yang paling dicari. Dengan suguhannya yang memanjakan mata serta hembusan angin yang menerpa menjadi andalan tempat yang satu ini.

29. Mata Air Guyangan

Mata Air Guyangan
Mata Air Guyangan via Instagram @etherealtrip

Tidak hanya memandang, Teman Traveler bisa langsung menikmati Mata Air Guyangan ini. Terlihat menenangkan dan memanjakan, tempat ini cocok bagi Teman Traveler yang ingin lari dari hiruk piruk kota yang bising.

30. Manta Point Nusa Penida

Manta Point Nusa Penida
Manta Point Nusa Penida via Instagram @nusapenidabali_tour

Manta Point juga menyajikan spot yang intagenic banget. Selain itu pengalaman berenang bersama Ikan Pari yang cukup besar bisa Teman Traveler bawa pulang setelah berkunjung ke tempat ini.

Itulah 30 tempat yang wajib Teman Traveler kunjungi saat berada di
Nusa Penida. Semua tempat menawarkan panorama apik, cocok banget buat Teman Traveler yang hobi berfoto. Jadi tunggu apalagi, segera rencanakan perjalanan liburan ke Bali dan mampir ke sini. Next

ramadan

Pantai Slopeng, Lautan Sumenep dengan Hamparan Pasir yang Sangat Luas

From a Morning Stroll to Hunting for Artworks in Ubud