in , ,

Wisata Jenneponto, Pesona Sudut Indah Sulawesi Selatan

Rekomendasi Wisata Elok dan Memukai di Jeneponto

Berfoto di Perbukitan Jeneponto
Berfoto di Perbukitan Jeneponto (c) Ida Rachmaniar Ramli/Travelingyuk

Halo, assalamualaikum Teman Traveler. Tulisan ini saya buka dengan foto bersama teman-teman ketika sedang KKN di Jenneponto, daerah indah dengan banyak potensi wisata alam di Sulawesi Selatan. Tak hanya itu, ternyata banyak wisata Jenneponto yang menyimpan sederet warisan budaya dan adat menarik.

Baca juga : Dookki Jakarta, Topokki All You Can Eat Untuk Pecinta Pedas

Berfoto di sekitar kawasan Jenneponto (c) Ida Rachmaniar Ramli/Travelingyul

Sekilas mengenai Jenneponto, daerah ini merupakan salah satu kabupaten di Makassar dan sebagian besar penduduknya merupakan Suku Bugis. Kawasan ini juga dikenal sebagai penghasil rumput laut, garam, dan gula merah.

Nah, sekarang saatnya fokus ke topik utama, yakni objek wisata Jenneponto. Yuk, simak beberapa keindahan yang bisa Teman Traveler nikmati di kabupaten beribu kota Bontosunggu ini.

Birta Ria Kassi

Foto bersama di Birta Ria Kassi (c) Ida Rachmaniar Ramli/Travelingyuk

Dulunya Birta Ria Kassi termasuk salah satu destinasi wisata Jenneponto populer dan banyak dikunjungi pelancong. Namun lambat laun, tempat ini kian sepi. Fasilitasnya sebenarnya lumayan lengkap, mulai dari penginapan, aula, kolam, gazebo, hingga lapangan futsal. Sayangnya, semua dalam kondisi kurang baik akibat minimnya dana pengelolaan.

Tapi jangan khawatir Teman Traveler, kalian masih bisa berkunjung ke tempat ini kok. Bahkan kalian bisa menikmati suasana pantai di sekitar sini. Hanya saja suasananya memang cenderung sepi karena tak ada banyak pengunjung.

Gunung Teletubbies

Berpose di Gunung Teletubbies (c) Ida Rachmaniar Ramli/Travelingyuk

Mengapa gunung ini saya namakan demikian? Yah, karena bentuknya memang mirip perbukitan di serial anak-anak ‘Teletubbies’ hahaha. Bedanya mungkin Teman Traveler takkan menemukan rumah di kaki gunung.

Tapi serius, panorama dari tempat ini sangat indah. Teman Traveler bisa menikmati eloknya rimbunan pepohonan, berpadu apik dengan lautan luas membentang di kejauhan. Pokoknya mantul buat dijadikan spot foto deh.

Hamparan Laut

Hamparan laut (c) Ida Rachmaniar Ramli/Travelingyuk

Kalau Syahrini bilang hempaskan, kali ini saya justru ingin membahas soal hamparan. Lokasi yang menawarkan hamparan laut indah ini masih berdekatan dengan Gunung Teletubbies dan Birta Ria Kassi. Tinggal bagaimana pintar-pintarnya Teman Traveler memilih sudut pengambilan gambar. Ada banyak keindahan alam yang bisa dinikmati tanpa bayar alias gratis.

Kehangatan Matahari Terbenam

Suasana syahdu kala matahari terbenam (c) Ida Rachmaniar Ramli/Travelingyuk

Entahlah, jika sudah menikmati panorama matahari terbenam saya selalu merasakan yang namanya ketenangan. Padahal ia bukan manusia, yang bisa mendengarkan keluh atau memelukku. Ah sudahlah, terlalu puitis jadinya.

Intinya, tempat ini juga wajib Teman Traveler kunjungi. Lokasinya juga masih berdekatan dari destinasi sebelumnya. Kalian bisa menikmati suasana syahdu sembari mengagumi indahnya Sang Mentari tenggelam di balik cakrawala.

Lembah Hijau Rumbia

Berfoto di spot Instagenic Lembah Rumbia (c) Ida Rachmaniar Ramli/Travelingyuk

Mengapa tempat ini dinamakan Lembah Hijau Rumbia? Bisa jadi karena kawasan sekitarnya menawarkan beragam keindahan alam menakjubkan dan benar-benar masih terasa alami. Teman Traveler juga bisa menjajal aktivitas seru seperti berenang dan flying fox. Fasilitas lain yang tersedia di wisata Jeneponto ini antara lain spot Instagenic, kafe, wahana permainan, dan mushola.

Air Terjun Bossolo

Berfoto di sekitar air terjun (c) Ida Rachmaniar Ramli/Travelingyuk

Melihat foto di atas, saya langsung teringat perjuangan pulang menuju dataran yang lebih tinggi. Mungkin kala itu saya harus menaiki puluhan atau bahkan ratusan anak tangga. Turunnya sih enak, tapi naiknya benar-benar bikin ngos-ngosan.

Semua terbayar lunas karena panorama di wisata Makassar ini sangat indah. Teman Traveler tak bakal rugi berkunjung ke sini. Dua tempat yang kerap jadi spot favorit untuk berfoto adalah air terjun dan pemandangan hamparan gunung. Jangan sampai dilewatkan.

Oh ya, jika Teman Traveler merasa kelelahan, tenang saja. Ada banyak gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat. Kalian juga bisa membeli makanan atau minuman di penjual kaki lima di sekitar air terjun. Tak perlu takut kelaparan maupun kehausan.

Itulah beberapa keindahan wisata Jeneponto yang bisa Teman Traveler nikmati. Beragam pesona alam memikat sudah menanti kalian. Jadi, kapan memutuskan untuk menghabiskan liburan di sini? Next

ramadan
Senja di Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira, Suguhan Panorama Alam Luar Biasa

rawon dengan nama unik

Rawon dengan Nama Unik di Surabaya, Anti Mainstream Namun Rasanya Juara