in , ,

Wisata Jogja untuk Libur Nataru, Yuk Catat!

Seru-seruan Bareng Keluarga di Kota Gudeg

Taman Sari Jogja
Taman Sari Jogja (c) Ahmad Azhari/Travelingyuk

2019 akan segera berakhir dalam hitungan pekan. Teman Traveler mungkin sudah mulai sibuk mencari destinasi keren untuk habiskan liburan Natal dan Tahun Baru (nataru) bersama keluarga maupun teman. Nah, jika memang demikian, wisata Jogja bisa jadi pilihan bagus.

Baca juga : Tempat Bulan Madu Paling Hits di Jawa Timur, Bikin Pasangan Makin Lengket

Kota Pelajar punya banyak wisata apik bernuansa sejarah dan edukatif, pas untuk habiskan waktu berkualitas bareng sosok terdekat atau kerabat. Yuk, simak rekomendasi wisata Jogja untuk libur akhir tahun berikut ini.

1. Malioboro

img20191208162505_07_FAe.jpg
Jalan Malioboro (c) Ahmad Azahri/Travelingyuk

Kawasan populer ini wajib dikunjungi selama Teman Traveler liburan di Jogja. Di sepanjang kawasan jalan ini, kalian bakal menemukan beragam pedagang yang tawarkan aneka makanan khas, mulai dari gudeg, bakpia pathuk, yangko, hingga oseng-oseng mercon. Kalian juga bisa berburu kaus, batik, dan gantungan kunci Jogja lho di sini.

2. Tugu Jogja

img20191208154037_1kk.jpg
Tugu Jogja (c) Ahmad Azhari/Travelingyuk

Ikon kota pelajar ini merupakan bangunan bersejarah yang terletak di simpang empat antara Jalan Sudirman, Jalan AM Sangaji, Jalan Diponegoro, dan Jalan Mangkubumi. Teman Traveler bisa luangkan waktu untuk berfoto di sekitar sini. Menurut mitos yang beredar, siapapun yang melakukannya bakal kembali lagi ke Kota Gudeg suatu saat nanti. Menarik bukan?

3. Keraton Jogja

img20191208164300_8GV.jpg
Keraton Jogja (c) Ahmad Azhari/Travelingyuk

Liburan ke Jogja tak lengkap rasanya jika belum mengunjungi bangunan kerajaan megah ini. Hingga kini bangunannya masih berfungsi sebagai tempat tinggal Sultan beserta keluarga. Terletak di pusat kota, bangunan megah ini membentang luas dari utara hingga selatan. Halaman depannya dikenal sebagai Alun-Alun Lor, sementara halaman belakangnya kerap disebut dengan Alun-Alun Kidul.

Mengunjungi kawasan Keraton, Teman Traveler bakal disuguhi pameran koleksi beragam barang kuno seperti keramik, batik, gamelan, lukisan kuno, dan benda-benda pribadi raja. Untuk masuk sini, kalian cukup bayar Rp5.000 per orang.

4. Taman Sari

img20191207142454_nC6.jpg
Istana Air di Taman Sari (c) Ahmad Azhari/Travelingyuk

Kawasan ini merupakan bekas taman kerajaan dari Abad ke-18, dengan detail arsitektur yang begitu cantik. Dari pintu masuk saja, Teman Traveler sudah bisa melihat sedikit pengaruh Islam, Hindu, dan Budha. Secara total, komplek ini memiliki 57 bangunan berbeda, terdiri dari kolam pemandian Sultan, lorong bawah tanah, jembatan gantung, masjid bawah tanah, dan masih banyak lagi.

Masuk sini Teman Traveler cukup membeli tiket Rp5.000 per orang. Kalian bisa memanfaatkan jasa guide dengan biaya Rp50.000. Tenang saja, bakal worth it karena destinasi lumayan luas, terbagi menjadi beberapa tempat dan melewati wilayah perkampungan.

5. Taman Pintar

tamanpintar_5xI.jpg
Pintu masuk Taman Pintar (c) Ahmad Azhari/Travelingyuk

Teman Traveler menyukai wisata bernuansa edukatif? Jika demikian, jangan lupa mampir ke sini. Begitu masuk, kalian bakal disambut berbagai wahana interaktif bertema pengetahuan sains, budaya, sejarah, sosial, dan keterampilan.

Tak hanya itu, kawasan ini juga memiliki wahana hiburan, seperti naik perahu, menonton film, dan masih banyak lagi. Rasakan sensasi seru jalan-jalan bersama keluarga, sambil dapatkan berbagai pengetahuan anyar. Pastinya bakal sangat asyik.

Itulah beberapa wisata Jogja yang bisa masuk dalam daftar kunjungan Teman Traveler saat habiskan liburan Natal dan Tahun Baru. Semoga rekomendasi ini bermanfaat. Selamat habiskan akhir tahun dengan cara berkesan bersama sosok terdekat! Next

ramadan

Kopi Luwak Slokan, Nikmati Sajian Kuliner di Tempat Bernuansa Pedesaan

Saksikan Gemerlap Malam Hari Malaysia di THE TOP Penang Theme Park