in , , ,

Wisata Mata Air Kabuyutan Sirah Cipelang, Kesejukan Berenang di Sumber Mata Air

Banyak wisata yang bernuasa air di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, terutama yang sedang hits sekarang, yaitu Bendungan Jatigede. Selain wisata tersebut, sebenarnya masih banyak objek wisata yang bernuansa air di Kabupaten Sumedang. Selain Waduk Jatigede, ada lagi objek wisata lain, di antaranya adalah objek wisata curug atau air terjun, pemandian air panas, dan yang sedang hits sekarang di Sumedang adalah objek wisata mata air.

Baca juga : Soto Kuali Ayam Kampung, Kuliner Nikmat Murah Khas Ponorogo

picsart_12_14_07_kqQ.jpgBerfoto di Mata Air Kabuyutan Sirah Cipelang (c) Risman Nur Haqim/Travelingyuk

Objek wisata mata air ini menjadi hits atau begitu populer di Sumedang, terutama di kalangan anak muda karena lokasinya yang instagrammable. Salah satu objek wisata mata air di Sumedang adalah Mata Air Kabuyutan Sirah Cipelang. Wisata mata air satu ini begitu populer karena punya spot instagenic yang cocok buat hunting foto.

picsart_12_15_06_Ovl.jpgLokasi Mata Air Kabuyutan Sirah Cipelang (c) Risman Nur Haqim/Travelingyuk

Selain suasananya yang asri, airnya pun jernih sehingga saat kita berenang atau berendam di sana dan bisa melihat ikan di dalam air dengan jelas. Objek Wisata Mata Air Sirah Cipelang ini bisa menjadi pilihan wisata saat
musim liburan sekolah tiba, karena selain harganya yang murah juga ada beberapa hal yang membuat objek wisata mata air ini sangat direkomendasikan untuk para pelancong.

Suasana Asri untuk Berenang

Objek Wisata Mata Air Sirah Cipelang berada di Desa Cipamekar, Kecamatan Congeang. Dilihat dari nama tempatnya, yaitu Sirah (Hulu/dalam bahasa Indonesia kepala), hal ini merujuk pada sumber tempat di mana pertama air muncul atau sumber air.

picsart_12_14_06_G7M.jpgBerfoto di Mata Air Kabuyutan Sirah Cipelang (c) Risman Nur Haqim/Travelingyuk

Bisa Teman Traveler bayangkan, bahwa tempat ini merupakan sumber air yang menjadi hulu air mengalir sampai ke hilir. Airnya begitu jernih, suasana sekitar sangat segar, sangat jarang ditemukan di kota-kota besar. Ditambah akar gantung dari pohon beringin, membuat suasana makin asri.

picsart_12_15_06_BaD.jpgKolam Renang Mata Air Kabuyutan Sirah Cipelang (c) Risman Nur Haqim/Travelingyuk

Selain merupakan bendungan, Wisata Mata Air Kabuyutan Sirah Cipelang juga memiliki kolam renang. Sangat cocok bila digunakan untuk berenang dan menikmati suasana wisata mata air ini. Di sini juga terdapat pusat jajanan, pengunjung bisa pesan kopi atau makanan lainnya sambil menikmati suasana sekitar yang begitu asri.

Harga Tiket Murah

picsart_12_15_06_mIF.jpgLokasi Mata Air Kabuyutan Sirah Cipelang (c) Risman Nur Haqim/Travelingyuk

Harga tiket masuknya pun terbilang murah. Teman Traveler hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp7.000 untuk bisa masuk dan menikmati fasilitas di Wisata Mata Air Kabuyutan Sirah Cipelang. Jangan lupa menyediakan uang parkir sebesar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Akses Lokasi

Akses lokasi menuju Wisata Mata Air Kabuyutan Sirah Cipelang cukup mudah. Jika sudah masuk dari arah Sumedang kota di Bunderan Alam Sari atau Bunderan Tugu Adipura Sumedang, hanya memerlukan waktu tempuh kurang lebih 30 menit. Dari Bunderan Alam Sari lurus sampai daerah Paseh, di pertigaan belok kiri menuju Conggeang.

Akses mudah dilalui via Instagram @muhamdrabbani

Karena objek wisata ini cukup terkenal, apabila bingung tinggal bertanya ke masyarakat setempat. Objek wisata ini mudah ditemukan karena berada di pinggir jala. Teman Traveler bakal melihat papan cukup besar menunjukan arah ke lokasi Mata Air Kabuyutan Sirah Cipelang.

Spot Foto Instragrammable

Spot foto yang paling populer di objek wisata ini, yaitu di dekat akar gantung yang berada di atas kolam air sumber. Selain itu juga karena airnya yang jernih, bisa banget berfoto underwater dan memperlihatkan keindahan bawah airnya.

Wisata instagenic via Instagram @nizaramrullah

Apabila Teman Traveler ingin mendapatkan moment berfoto saat lokasi sepi, disarankan datang saat weekday karena biasanya pengunjungnya tak seramai saat weekend.

Dengan segala keindahan serta suasana asri yang dimiliki oleh Wisata Mata Air Kabuyutan Sirah Cipelang, wajib untuk kita menjaga kebersihan serta tidak merusak fasilitas yang ada dan mematuhi peraturan yang ada di objek wisata ini. Next

ramadan

Maret-April 2022, Archipelago Hadirkan Sate Treats di Sejumlah Hotel

Indonesia Rasa Belanda, 4 Destinasi dengan Spot Kincir Angin