in , , ,

Wisata Religi 4 Masjid di Indonesia, Memiliki Bangunan Unik dan Indah

Wisata religi di masjid seluruh Indonesia yang unik dan indah

fi masjid di Indonesia

Memiliki bangunan unik dan indah menjadi daya tarik tersendiri bagi 4 masjid di Indonesia berikut ini. Selain sebagai tempat ibadah, masjid-masjid ini juga selalu didatangi para wisatawan untuk berwisata religi. Yuk simak ulasannya.

Baca juga : Santap Siang Sambil Ngadem di Kafe Bali dengan Kolam Renang

1. Masjid Raya Sumatera Barat, Padang

masjid raya sumatera barat
Ilustrasi via instagram muhammad_nur_montesqiu 

Pertama ada Masjid Raya Sumatera Barat memiliki keunikan pada kubah yang berbentuk atap rumah Gadang dengan ukiran khasnya. Bangunan masjid memiliki tiga lantai, ruang utama sebagai tempat salat yang teletak di lantai atas.

Denah masjid berbentuk persegi yang melancip pada empat penjurunya, seperti bentuk bentangan kain ketika empat kabilah suku Quraisy di Mekkah, berbagi kehormatan memindahkan batu Hajar Aswad. Masjid Raya Sumatera Barat berlokasi di Jalan Khatib Sulaiman, Alai Parak Kopi, Kec. Padang Utara, Sumatra Barat.

2. Masjid Safinatun Najah, Semarang

masjid safinatun najah
Ilustrasi via instagram iwan_fee

Selanjutnya ada Masjid Safinatun Najah dengan keunikan bangunan berbentuk kapal atau orang menyebutnya mirip bahtera Nabi Nuh. Memiliki tiga lantai dilengkapi berbagai fasilitas umum seperti aula pada lantai pertama.

Di lantai kedua para jemaah atau wisatawan dapat melaksanakan salat. Sedangkan lantai ketiga nantinya akan dijadikan perpustakaan. Selain itu pemandangan sawah serta pepohonan pada sekeliling masjid tampak asri dan sejuk. Masjid Safinatun Najah berlokasi di Podorejo, Kec.Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah.

3. Masjid Al Hidayah, Malang

masjid al hidayah malang
Ilustrasi via instagram ihsudn_

Kemudian ada Masjid Al Hidayah Malang ini memiliki keindahan serta keunikan seakan berada di Hagia Sophia, sebab arsitektur bangunannya bergaya ala Turki. Memiliki dua lantai dan mampu menampung 1.000 jemaah. Di sini juga ada makam Mbah Kyai Ismail merupakan cucu ke-14 Sunan Kalijaga.

Masjid Al Hidayah berlokasi di Agung Al Hidayah, Jalan Raya Karangan, Jakaan, Bonowarih, Kecamatan Karang Ploso, Malang, Jawa Timur.

4. Masjid 99 Kubah, Makassar

masjid 99 kubah
Ilustrasi via instagram hery_shagqank

Setelah itu di Makassar terdapat Masjid 99 Kubah yang didesain oleh Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat. Sesuai dengan namanya masjid ini dihiasi dengan puluhan kubah berbagai ukuran, mulai dari kecil hingga besar. Kubah-kubah ini ditata bertingkat, berwarna-warni terang.

Masjid yang mempunyai keindahan senja memikat ini merupakan ikon wisata religi di Sulawesi Selatan. Masjid 99 Kubah dibangun pada lahan reklamasi Pantai Losari. Teman Traveler tertarik mengunjungi masjid ini, bisa datang ke Pantai Losari Makassar.

Demikian ulasan 4 masjid di Indonesia yang unik dan indah, bisa dijadikan wisata religi Teman Traveler. Next

ramadan
fi ccritical 11

Critical 11 Bandung, Nongkrong Sambil Melihat Pesawat Take Off

Gunung lawu

Bukit Mongkrang, Surga di Sisi Selatan Gunung Lawu