in , ,

Nikmatnya Yammie Kranggan Jogja, Dari Rasa Turun ke Hati

Lezatnya Yammie Kranggan Bikin Lidah Ketagihan

Yammie Kranggan
Yammie Kranggan (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Teman Traveler termasuk pecinta yammie? Jangan lewatkan kesempatan mencicipi Yammie Kranggan yang populer di Jogja. Rasa yang ditawarkan tidak abal-abal. Buktinya kuliner satu ini sudah punya banyak pelanggan setia. Kalian juga wajib coba, karena sajian yammie di sini benar-benar so yummy!

Baca juga : Akulturasi Budaya 3 Negara dalam Semangkuk Mie Belitung, Begini Asal-Usulnya!

Tak Jauh dari Tugu Jogja

Yammie Kranggan Jogja (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Berada tak jauh dari pusat kota, Kedai Yammie Kranggan sangat mudah dijangkau. Jaraknya hanya sekitar 500 meter dari Tugu Jogja dan Pasar Kranggan.

Jika berangkat dari tugu, Teman Traveler tinggal arahkan kendaraan ke utara hingga pertigaan Jalan AM. Sangaji dan Jalan Kranggan. Berikutnya, belok kiri lalu ikuti jalan ke arah barat kira-kira 300 meter. Yammie Kranggan bisa kalian temukan di sisi kiri jalan, tak jauh dari Blanco Coffee and Books.  

Sajikan menu menggoda selera (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Beralamat di Jalan Kranggan No.29, Cokrodiningratan, Jogja, kedai ini sudah eksis sejak 2014. Antrian panjang sudah jadi pemandangan biasa di sini. Bahkan tak sedikit pelanggan yang meminta Yammie Kranggan memperbesar ruangan karena saking ramainya di saat jam makan siang.

Buka setiap hari, kuliner Jogja populer ini beroperasi mulai pukul 09.00 hingga 21.00. Bisa banget jadi alternatif makan siang atau santap malam.    

Yammie Kuah Jadi Andalan

Meracik yammie (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Dengan ukuran lebih kecil dari mie biasa, yammie bisa diolah menjadi aneka sajian menggiurkan. Di Yammie Kranggan, bahan tersebut disandingkan dengan kuah, ayam, pangsit, bawang goreng, dan daun loncang. Kombinasi ini bakal lebih nikmat jika kuah hangat disiram dulu ke mangkok sebelum siap disantap.

Yammie pangsit jamur (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Yammie kuah memang jadi andalan Yammie Kranggan. Selain kuah kaldu ayamnya menyegarkan, yammie-nya sendiri pun terasa gurih dengan tekstur kenyal. Sempurna ketika disantap bersama ayam suwir dan pangsit basah.

Tersedia pula acar yang cocok jadi pelengkap makan yammie. Sensasi asamnya bakal tambah nendang dipadukan bersama sambal dan kecap.  

Gurih dan kaya bumbu (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Beberapa varian yammie kuah yang bisa Teman Traveler pesan di sini adalah Yammie Pangsit Biasa, Yammie Pangsit Bakso, Yammie Pangsit Jamur, dan Yammie Pangsit Jamur Bakso. Harganya bervariasi, mulai Rp12.000 hingga Rp16.000. Cukup ekonomis, tak bakal bikin dompet tipis. Meski porsinya tak terlalu banyak, semangkok dijamin sudah cukup untuk sekedar mengganjal perut lapar.    

Yammie Goreng Jangan Sampai Lolos

Yammie Goreng (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Kedai ini juga menghidangkan yammie goreng yang tak kalah nikmat dibanding yammie kuah. Meski disajikan kering, rasanya tetap memanjakan lidah. Uniknya, sajian ini tak benar-benar digoreng lho. Setelah ditiriskan, yammie dicampur berbagai bumbu dan disajikan bersama ayam suwir dan pangsit.

Taburan daun loncang dan bawang goreng membuat rasa yammie goreng kian menggugah selera. Berwarna agak kemerahan, varian yammie satu ini rasanya cenderung manis dan pedas.  

Tak kalah nikmat dibanding yammie kuah (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Seperti halnya yammie kuah, yammie goreng juga tersedia dalam beberapa varian. Selain Yammie Goreng Biasa, ada juga Yammie Goreng Jamur, Yammie Goreng Bakso, dan Yammie Goreng Jamur Bakso.

Jika ingin rasa yang lebih mantap, Teman Traveler sebaiknya memesan Yammie Goreng Jamur Bakso. Dijamin puas, dengan cita rasa enak maksimal. Porsi biasa dibanderol antara Rp12.000 hingga Rp17.000 saja. Cukup murah bukan?

Siomay Bakso Pantang Dilewatkan

Siomay bakso kuah (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Selain nikmatnya yammie kuah dan goreng, menu lain yang juga pantang dilewatkan adalah siomay bakso. Sajian satu ini juga jadi salah satu favorit pembeli. Bisa digoreng atau disajikan bersama kuah, sesuai selera. Dan

Teman Traveler wajib cicipi siomay bakso kuah ala Yammie Kranggan. Seporsinya dijamin bakal menggoyang lidah kalian, lengkap dengan isian dua siomay, dua bakso sapi, dan dua pangsit basah.  

Rasanya juara (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Siomay-nya berukuran besar, dengan isian penuh daging sapi gurih. Teksturnya lembut, begitu pula dengan pangsit dan baksonya. Tak ada perlawanan di tiap gigitan. Sensasi segar, gurih, dan asin langsung terasa begitu kuah menuentuh lidah.

Cita rasanya makin sedap berkat kehadiran taburan daun loncang dan bawang goreng. Benar-benar perpaduan cita rasa juara. Seporsi siomay kuah Yammie Kranggan bisa ditebus dengan harga Rp12.000 saja.

Tersedia Porsi Jumbo

Porsi jumbo lebih puas (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Beberapa Teman Traveler mungkin belum cukup kenyang dengan porsi biasa. Tenang saja, karena Yammie Kranggan juga menyediakan porsi jumbo, dua kali lipat porsi biasa. Cukup siapkan uang antara Rp16.000 hingga Rp21.000, yammie ukuran jumbo siap disantap.

Jika Teman Traveler mengaku penggemar mie, wajib hukumnya mencoba Yammie Kranggan. Kelezatannya sudah terbukti. Harganya juga tak bikin kantong jebol. Tunggu apa lagi, langsung datang ke Jogjakarta dan buktikan sendiri nikmatnya sajian ini. Next

ramadan

Written by Annissa NCSaputri

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Tropical House Mall Alam Sutera

10 Spot Intagenic Tropical House, One Stop Selfie Bertema Tropis di Mall Alam Sutera

SAH! Pernikahan Irish Bella dan Ammar Zoni Bikin Baper, Intip Pine Hill Cibodas yang Jadi Wedding Venue Mereka