in

Yang Unik Dari Maroko, Kambing yang Terampil Memanjat Pohon!

Sebuah fenomena unik bisa bikin traveler geleng-geleng kepala saat mengunjungi sebuah daerah di Maroko. Di sini bukan hanya monyet saja yang pandai memanjat pohon, kambingpun terampil melakukannya. Jadi jangan heran jika di atas pohon melihat banyak kambing yang sedang asyik makan daun.

Baca juga : Wisata Kuliner Menembus Zaman di Shin-Yokohama Raumen Museum

Umumnya kambing tidak diciptakan dengan keterampilan memanjat pohon layaknya monyet. Tapi ada yang beda dengan kambing-kambing di Maroko, mereka sangat lihai memanjat pohon untuk mencari makan. Tidak percaya lihat saja foto-foto dan video yang ada di bawah artikel ini. Lho bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Dilansir Travelingyuk dari berbagai sumber, fenomena kambing yang bisa memanjat ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Adalah hal yang lumrah kambing-kambing di Maroko pandai memanjat pohon, Bukan sembarang pohon yang mereka panjat melainkan pohon bernama Argan.

Pohon Argan atau Argania adalah jenis tanaman yang khas di padang pasir. Bentuk pohon yang punya nama ilmiah Argania spinosa ini biasa saja, punya batang berduri, cabang yang berlekuk serta daun yang kecil khas tanaman gurun.

I figured you would enjoy and appreciate this to the fullest extent. @raeraediggitydog #goattree#treegoat#wtf

A post shared by Nicholas Canzonier (@nick_c13) on

Yang menarik adalah bahwa pohon Argan ini sangat disukai oleh kambing. Hewan herbivora ini sangat suka dengan buah yang dihasilkan pohon tersebut. Buahnya berbentuk polong berukuran 2-4 cm dengan aroma yang manis.

Untuk mendapatkan buah kesukaannya inilah kemudian kambing-kambing di Maroko seakan mengeluarkan kemampuan terpendamnya hingga mampu memanjat pohon yang sebenarnya bukan kodrat hewan tersebut.

Ajaibnya kambing-kambing tersebut bukan hanya memanjat di bagian dahan yang rendah saja namun mereka bisa menjaga keseimbangan hingga ke percabangan paling pucuk. Pemandangan ini jamak terlihat pada musim Argan berbuah yaitu sekitar bulan Juli. Karena kemampuannya inilah kemudian para peternak kambing memanfaatkannya untuk membantu memanen buah Argan.

Bagi manusia, buah Argan bisa dimanfaatkan untuk membuat minyak yang harganya sangat mahal. Buah ini pula dapat diolah menjadi kosmetik yang dipasarkan hingga ke mancanegara. Prosesnya, kambing-kambing akan memakan buah Argan, kemudian kotoran yang masih berupa biji Argan yang utuh akan diolah menjadi kosmetik dan minyak tadi. Keren ya! Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Pulang Kampung ke Surabaya, 10 Oleh-Oleh Khas ini Wajib Dibeli

Pulang Kampung ke Malang, Saat Balik 8 Oleh-Oleh Khas Ini Wajib di Bawa