in ,

Pulang Kampung ke Surabaya, 10 Oleh-Oleh Khas ini Wajib Dibeli

Baik kalian yang sedang pulang kampung atau sekedar liburan di Surabaya ada banyak pilihan oleh-oleh yang siap kamu bawa. Sudah menjadi tradisi jika mengunjungi suatu daerah pulangnya selalu membeli oleh-oleh khas daerah tersebut. Begitu juga saat mudik, nanti pas balik tak ketinggalan membawa oleh-oleh seabreg yang isinya jajanan khas kampung halaman dan juga suvenir.

Baca juga : Kuliner Serba Lontong di Surabaya, Cocok Buat Kamu yang Bosan Sama Nasi

Surabaya sebagai kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia memiliki banyak jajanan khas dan juga suvenir untuk dijadikan oleh-oleh. Musim libur lebaran seperti sekarang banyak dimanfaatkan pemudik untuk berburu oleh-oleh sebelum kembali ke perantauan. Berikut Travelingyuk rangkum daftar oleh-oleh khas yang bisa dibeli.

1. Kue Perut Ayam

Kue perut ayam adalah jajanan tradisional yang sangat terkenal di Pulau Jawa. Jajanan ini menjadi oleh-oleh khas bagi beberapa daerah di Jawa termasuk Surabaya. Kue perut ayam dibuat dari bahan tepung terigu dan telur, diolah dengan cara digoreng.

Kue Perut Ayam by @niladriana . Bahan: * 250 gr tepung terigu * 100 ml air kelapa * 100 gr gula pasir * 3 butir telur ayam * 1sendok teh baking powder * 1/4 sendok teh garam * Minyak untuk menggoreng Cara membuat kue perut ayam : 1. Campurkan tepung terigu bersama dengan baking powder aduk hingga rata. 2. Tambahkan dengan telur, lalu uleni hingga rata, setelah itu masukkan air kelapa sedikit demi sedikit sambil di uleni selama 10 menit. 3. Tambahkan dengan garam, aduk hingga rata. Diamkan adonan selama 20 menit. 4. Setelah itu masukkan adonan ke dalam plastik segitiga, lalu potong ujung plastik segitiga. 5. Panaskan minyak dengan api sedang, lalu semprotkan ke dalam minyak dengan bentuk melingkar seperti perut ayam. 6. Goreng sambil di siram siram minyak hingga kuning keemasan dan matang, angkat tiriskan #shareresep #sukamasak #gorengan #masakanku #foodporn #fotomasak ##resepmakanan #kueperutayam #jajanpasar #instafood #iphonefoodphotography #iphonefood #homemade #homecooking #cooklovers #masaksendiri #inthekitch_en

A post shared by Kitchen (@kitch.en) on

Sepintas bentuknya seperti gulungan usus ayam, dari situlah kemudian kue ini dinamakan perut ayam. Rasa kue ini manis gurih yang khas sehingga membuat semua penikmatnya akan selalu rindu mencicipinya. Di Surabaya jajanan ini bisa ditemukan di toko kue, pedagang kaki lima dan sentra oleh-oleh. Kalau di Malang, kue perut ayam dikenal dengan nama kue usus ayam.

2. Kue Getas

Kue khas Surabaya yang tak kalah tenar adalah kue getas. Kue ini tersedia banyak di pasaran sehingga untuk orang-orang yang mau menjadikannya oleh-oleh tidak akan kesulitan untuk mendapatkannya. Kue getas punya cita rasa yang manis dengan tekstur renyah.

Kue Getas empuk Bahan-bahan : 125 gram tepung ketan putih 50 gram tepung beras 50 gr kentang kukus haluskan 150 gram kelapa parut kasar 3/4 sendok teh garam 125 ml santan dari 1/2 butir kelapa minyak untuk menggoreng Bahan Besta: 75 gram gula pasir 1/8sdt vanili 35 ml air 1/2 sendok teh garam Cara Pengolahan : 1. Aduk rata tepung ketan putih, tepung beras, kentang,kelapa parut, dan garam. Tuang santan sedikit – sedikit. Aduk rata. Bentuk bulat pipih. 2. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang. 3. Besta: rebus gula pasir, vanili ,garam dan air  sambil diaduk sampai berambut dan kental. Masukkan kue. Aduk rata. Matikan api. Aduk terus sampai kering. Tips agar besta warnanya bisa putih..buat bestanya pakai api kecil dan aduk terus sampai kental dan berambut..baru masukkan getasnya..aduk2 dan matikan api..nanti gula akan mengkristal dengan sendirinya. Buat ukuran getasnya jangan terlalu besar ya, supaya cepat matang sampai ke dalam2 juga, kalau terlalu besar dan kelamaan di goreng, hati2 getasnya bisa mbledos..hihi. #jajanpasar #sukamasak #homemade #gorengan #kuegetas #masakanku #instafood #indonesiafood #food #foodlover #homecooking #cook #cooklovers #bukankoki

A post shared by Nila Adriana (@niladriana) on

Kue getas terbuat dari adonan tepung ketan putih yang dicampur dengan santan dan kelapa parut. Kemudian adonan tersebut digoreng hingga matang. Untuk penyajiannya, kue getas ini umumnya akan ditaburi dengan gula pasir lembut seperti halnya donat.

3. Kue Leker

Kue leker menjadi salah satu jajanan khas Surabaya yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga atau untuk dibawah pulang sebagai oleh-oleh. Pembuatannya dilakukan dengan cara mencampurkan adonan tepung terigu, telur, gula dan air.

https://www.instagram.com/p/BD2xiy1uKfi/

Kue leker berbentuk tipis sehingga saat digigit kue ini akan terasa renyah. Namun ada juga kue leker yang diberi isi potongan pisang yang membuatnya jadi kue basah. Katanya, kue leker berasal dari bahasa Belanda “lekker” yang berarti lezat. Coba saja cicipi kelezatan kue ini, jika dirasa cocok di lidah langsung borong buat oleh-oleh.

4. Bikang Peneleh

Orang asli Surabaya pasti sudah punya pilihan sendiri mau bawa oleh-oleh apa saat balik nanti, atau untuk wisatawan kalau tanya warga asli Surabaya sudah tentu bakal direkomendasikan untuk membeli oleh-oleh ini. Adalah bikang peneleh yang rasanya bikin meleleh.

https://www.instagram.com/p/v9vDEwHyOO/

Bikang peneleh memiliki varian warna yang beraneka ragam. Bikang ini sebetulnya sama dengan bikang-bikang pada umumnya. Jajanan ini bisa didapatkan di beberapa toko oleh-oleh atau langsung meluncur ke Jalan Peneleh 32 – 34 Surabaya, di sanalah sentra pembuatan dan penjualan bikang peneleh.

5. Kerupuk Ikan Kenjeran

Baik traveling atau mudik ke Surabaya umumnya akan diisi dengan kegiatan rekreasi ke Pantai Kenjeran. Nah, di destinasi wisata ini terdapat oleh-oleh khas yang rekomended untuk dibeli. Adalah kerupuk ikan Kenjeran yang terbuat dari bahan seafood hasil tangkapan nelayan setempat.

Kerupuk Ikan Kenjeran tidak hanya dijual dalam bentuk kemasan sebagai oleh-oleh namun juga digoreng untuk siap santap di lokasi. Dengan begitu setiap orang yang datang ke pantai Kenjeran, semakin dekat dengan kawasan objek wisata akan tercium bau kerupuk ikan yang makin menyengat. Mau memborong Kerupuk Ikan Kenjeran? Langsung datang ke alamat Jalan Sukolilo & Kawasan Pantai Kenjeran, Surabaya.

6. Almond Crispy Cheese

Almond Crispy Cheese sangat direkomendasikan sebagai oleh-oleh yang wajib dibeli saat berada di Surabaya. Meski jenisnya sebagai camilan baru akan tetapi jajanan ini sudah sangat populer dan disukai banyak warga Surabaya.

https://www.instagram.com/p/BG396Gksa1i/

Saking populernya dalam waktu singkat Almond Crispy Cheese mampu mencuri hati banyak wisatawan. Mereka yang berlibur ke Surabaya tak sedikit yang mencari jajanan ini. Almond Crispy Cheese terbuat dari tepung terigu, susu skim, gula, telur, keju, dan kacang almond untuk topping. Untuk mendapatkannya kamu bisa datang ke pusat oleh-oleh Wisata Rasa di Jalan Raya Jemursari No. 164, Surabaya.

7. Sambal Udang Bu Rudy

Bukan hanya jajanan saja yang bisa dijadikan oleh-oleh khas dari Surabaya, sambal pun juga bisa. Kota Pahlawan ini punya sambal udang yang sangat khas yang banyak disukai banyak orang. Adalah sambal udang Bu Rudy yang terletak di Jalan Dharmahusada No. 140 menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib dibeli.

Kata para pelanggan sambal udang Bu Rudy ini memiliki cita rasa yang khas lain dari pada sambal pada umumnya. Selain menjual sambal udang, toko ini juga menjual varian sambal lainnya dalam bentuk kemasan seperti sambal bajak hingga sambal bawang yang semuanya dikemas dalam toples kaca.

8. Lapis Surabaya atau Spikoe

Kue khas yang masih mempertahankan cita rasa dan bahan-bahannya adalah lapis Surabaya atau lebih dikenal dengan nama modern spikoe. Spikoe resep kuno ini benar-benar mempertahankan resep dan rasa yang telah turun-temurun.

Ini lapisku…mana lapismu #lapissurabaya #resepkuno #hadituwendirecipe

A post shared by Bayu Samudra (@samuderabayu) on

Kue ini terdiri dari tiga lapis kue yang berwarna kuning, cokelat dan kuning. Tekstur kuenya sangat lembut yang berasal dari kuning telur yang banyak dalam adonan. Umumnya kue ini dijual dalam dua pilihan paket, paket reguler dan paket spesial yang biasanya hanya dijual pada momen tertentu seperti Idul Fitri seperti sekarang. Kalau tertarik mau beli, datang saja ke alamat Jalan Rungkut Madya No. 41, Surabaya.

9. Siropen Telasih

Berikutnya adalah minuman khas bernama siropen telasih. Minuman yang sangat bersejarah ini telah ada sejak tahun 1923 dimana pertama kali minuman ini dibuat oleh perusahaan Belanda. Setelah kemerdekaan perusahaan minuman ini dikelola oleh pengusaha Indonesia dan menjadi minuman khas arek Surabaya.

Siropen jadul, rada londo , made in lokal. Siap menyambut ramadhan #siropen #amsterdam #dutch

A post shared by atika nurina (@atikanurina) on

Siropen telasih memiliki banyak varian rasa mulai dari rasa cocopandan, frambozen, mawar, jeruk keprok dan rasa vanili. Kemasannya juga bermacam-macam, namun jika mau membelinya untuk oleh-oleh pilih yang kemasan premium yang terbuat dari semacam botol wine dan memancarkan kesan mahal dan berkelas. Membeli minuman para bangsawan ini bisa dilakukan di Jalan Mliwis, Surabaya.

10. Kaos Cak Cuk

Oleh-oleh rekomendasi Travelingyuk yang terakhir ini bukan berupa jajanan melainkan produk sandang berupa kaos khas bernama Kaos Cak Cuk. Kaos ini keberadaannya sangat terkenal layaknya Joger di Bali dan Dagadu di Jogja.

https://www.instagram.com/p/BC-sujgLTk2/

Toko yang menjual kaos Cak Cuk yang asli berada di sebuah distro di Jalan Dharmawangsa no 35. Selain belanja kaos dengan kata-kata “umpatan” khas Suroboyoan, di distro ini pengunjung juga bisa membeli pernak-pernik lain seperti tas, mug, patung, magnet, pin, dan lain sebagainya. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

5 Museum Terkenal di Eropa Ini Punya Koleksi Sejarah Islam

Yang Unik Dari Maroko, Kambing yang Terampil Memanjat Pohon!