in ,

Pulang Kampung ke Malang, Saat Balik 8 Oleh-Oleh Khas Ini Wajib di Bawa

Malang Strudel [image source]

Momen pulang kampung dijadikan kesempatan untuk berbagi rezeki dengan keluarga di kota kelahiran. Umumnya mereka yang mudik akan membawakan oleh-oleh berupa pakaian baru dan sebagainya yang dibeli dari kota perantauan. Begitu pula sebaliknya saat hari libur sudah habis, mereka yang balik juga akan membawa oleh-oleh yang khas dari kampung untuk dibagikan tetangga dan kerabat yang ada di perantauan.

Baca juga : Tradisi Ela-Ela, Cara Masyarakat Ternate Sambut Lailatul Qadar

Bagi warga Malang tidak susah mencari oleh-oleh khas untuk dibawa balik ke perantauan. kamu bisa menemukan segudang kuliner Malang dan suvenir khas. Nah, untuk yang masih bingung mencari oleh-oleh khas Malang berikut travelingyuk kumpulkan daftarnya untuk kalian semua.

1. Malang Strudel

Malang Strudel [image source]
Malang Strudel adalah jajanan khas yang tergolong baru dan lagi hits saat ini. Makanan ini berupa kue lapis yang terbuat dari pastry dan di isi berbagai buah-buahan yang menjadi jajanan khas negara di Eropa khususnya Austria. Meski makanan ini bukan jenis kuliner asli Indonesia akan tetapi cita rasa Malang Strudel ini sudah disesuaikan dengan lidah orang lokal.

Malang Strudel [image source]
Malang Strudel ini baru dibuka pada tahun 2014 dan langsung masuk dalam jajaran oleh-oleh khas kota Apel.Toko pertamanya berada di alamat Jalan Ardimulyo no 14 Singosari, Malang. Kini wisatawan bisa membelinya di gerai Malang Strudel yang ada di Jalan Soekarno Hatta, kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.

Lokasi : Jl. Soekarno Hatta, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur

2. Keripik Tempe Sanan

Kripik Tempe [image source]
Kuliner Malang selanjutnya yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas adalah keripik tempe. Hampir sama dengan jajanan khas Trenggalek yang sama-sama keripik dari tempe hanya saja yang di Malang ini memiliki nama spesifik yaitu keripik tempe sanan.

Kripik Tempe [image source]
Dinamakan sanan karena sentra produksinya berada di kawasan Sanan, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing. Proses pembuatannya pun tidak ada yang berbeda dari keripik tempe lainnya, yaitu dengan mengiris tipis tempe kemudian digoreng dengan adonan tepung bumbu hingga kering dan terasa renyah.

Lokasi : Kripik Tempe Lancar Jaya

Jl. R. Tumenggung Suryo No.86, Bunulrejo, Blimbing, Kota Malang

3. Pia Mangkok

Pia Mangkok [image source]
Lagi jajanan khas Malang yang mirip dengan jajanan daerah lain yaitu pia mangkok. Jajanan ini lebih tepatnya mirip dengan bakpia patok, kue basah berisi kacang hijau khas Yogyakarta. Kemiripan tersebut bisa dilihat dari bentuk, tekstur hingga cita rasanya.

Pia Mangkok [image source]
Pia mangkok dijual dalam berbagai varian rasa mulai dari rasa kacang hijau, durian, keju, cokelat dan kopi. Kue ini bisa dibeli di toko oleh-oleh yang ada di Malang atau toko yang terletak di alamat Jalan Semeru No. 25 Malang. Coba saja beli untuk oleh-oleh dan analisa sendiri dimana letak perbedaannya dengan bakpia patok.

Lokasi : Jalan Semeru No.25, Kauman, Klojen, Malang

4. Kripik Buah

Kripik Buah [image source]
Malang dikenal memiliki daerah pertanian yang sangat subur sehingga hampir semua jenis tanaman dan buah-buahan bisa tumbuh subur dan menghasilkan buah yang berkualitas. Selain dijual dalam bentuk buah segar, banyak pelaku usaha yang melakukan inovasi dengan membuat varian makanan dari olahan berbagai buah-buahan.

Kripik Buah [image source]
Malang sendiri sangat terkenal akan keripik buah yang lezat. Ada keripik apel, nangka, mangga, rambutan hingga durian. Keripik buah ini tersedia dalam beragam merek dagang. Untuk mendapatkannya tidak terlalu sulit karena hampir setiap toko oleh-oleh di Malang menjual keripik buah.

Lokasi : Kripik Tempe Lancar Jaya

Jl. R. Tumenggung Suryo No.86, Bunulrejo, Blimbing, Kota Malang

5. Apel Malang

apel malang [image source]
Malang dikenal sebagai kota Apel, so tidak usah bingung mau beli apa untuk oleh-oleh nanti. Satu jenis oleh-oleh yang pantang terlewatkan yakni apel Malang. Ada dua jenis apel di kota ini yaitu apel manalagi yang berbentuk kecil berwarna hijau rasanya manis dan apel ana yang bentuknya lonjong dengan semburan kemerahan namun rasanya asam.

apel malang [image source]
Buah apel banyak dijumpai di berbagai sudut kota Malang. Kalau mau yang harganya lebih terjangkau dan merasakan sensasi memetik buahnya langsung dari kebun datang saja ke beberapa agrowisata yang ada di Malang. Salah satu yang paling terkenal adalah Kusuma Agrowisata yang terletak di kota Batu.

6. Sari Apel

Sari Apel [image source]
Selain menjual dalam bentuk buah segar, di Malang juga tersedia olahan buah apel yang dikenal dengan nama Sari Apel. Sari Apel ini dibuat dengan cara memasukkan buah apel pilihan pada mesin pemeras untuk memisahkan sari buah dari ampasnya. Apel yang digunakan untuk membuat minuman segar ini adalah jenis apel manalagi yang rasanya manis.

Sari Apel [image source]
Di Malang banyak sekali produsen sari buah apel. Penjualnya pun mudah ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh. Hanya saja pembeli harus pintar memilih sebab ada juga produk sari buah yang menggunakan pemanis buatan serta pengawet.

Lokasi : Kripik Tempe Lancar Jaya

Jl. R. Tumenggung Suryo No.86, Bunulrejo, Blimbing, Kota Malang

7. Keripik Ceker

Keripik Ceker [image source]
Selain terkenal dengan oleh-oleh khas berupa keripik tempe dan juga keripik buah, Malang masih punya satu lagi varian keripik yang juga cocok buat oleh-oleh yakni keripik ceker. Seperti namanya keripik ini dibuat dari ceker ayam yang digoreng garing menjadi keripik.

keripik ceker [image source]
Keripik ceker dipercaya memiliki banyak kebaikan untuk tubuh karena mengandung asam amino, kolagen dan kalsium. Pemasarannya dilakukan dalam berbagai ukuran kemasan. Makanan ini juga banyak dijual di toko oleh-oleh yang ada di kota Malang.

8. Keramik Dinoyo

Keramik Dinoyo [image source]
Untuk yang mencari oleh-oleh yang awet dan tahan lama bisa datang ke Jalan MT Haryono XI. Di sana terdapat deretan toko yang menjual oleh-oleh khas yang tidak basi dan awet hingga bertahun-tahun. Tentu saja karena rekomendasi oleh-oleh ini bukan berupa makanan melainkan suvenir berbentuk kerajinan keramik.

Keramik Dinoyo [image source]
Malang memiliki keramik khas yang dinamakan Keramik Dinoyo. Di kawasan Jalan MT Haryono ini setidaknya terdapat 30 kios kerajinan yang menjual aneka bentuk keramik mulai dari mug, vas bunga, guci berbagai ukuran hingga hiasan dinding dan meja. Tentu membawa oleh-oleh berupa kerajinan keramik dan dipajang di rumah akan membuatmu selalu teringat kampung halaman.

Lokasi : Jl. MT. Haryono XIII No. 450, Dinoyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang

Ternyata ada banyak kuliner Malang yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga atau sahabat di kampung halaman. Memang banyak pilihannya, jika kamu bingung kenapa tidak membeli semuanya? Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Yang Unik Dari Maroko, Kambing yang Terampil Memanjat Pohon!

Rekomendasi Oleh-Oleh Buat yang Mudik ke Jogja