in ,

10 Jenis Traveler yang Patut Anda Ketahui

page

Jika dikatakan bahwa semua traveler itu sama, maka ubah pemikiran Anda. Karena seorang penjelajah dan pelancong dibagi menjadi bermacam-macam jenisnya.

Baca juga : Tanggal Kejepit 2019, Yuk Rencanakan Liburanmu dari Sekarang!

Memang sih, akan terlihat sama saja, mengenakan pakaian casual atau cenderung santai serta membawa tas punggung yang terlihat penuh, akan tetapi bukan berarti mereka adalah sama saja. Semua traveler dibagi menurut tujuan atau maksud mereka melakukan perjalanan.

Berikut ini adalah tipe-tipe traveler yang wajib Anda ketahui dan siapa tahu Anda adalah salah satu di antaranya.

1. Collector

Tipe satu ini adalah seorang traveler yang suka bepergian ke tempat, kota atau negara lain. Biasanya tujuan mereka selain untuk mengetahui hal-hal baru di suatu daerah, juga untuk mengumpulkan obyek yang unik, menarik dan langka.

Collector [image source]
Collector [image source]
Mereka biasanya juga akan selalu mengingat secara detail tentang daerah atau kota yang disinggahi ketika diajak ngobrol tentang tempat tersebut. Bahkan dengan gamblang, mereka akan menjelaskan apapun yang ditanyakan kepadanya tentang daerah atau tempat di mana dia mendapatkan barang atau produk yang terkesan sangat langka tersebut.

2. Conformist

Dapat dikatakan bahwa tipe conformist ini merupakan traveler yang melakukan perjalanan bukan karena keingintahuan atau keinginan pribadi melainkan untuk tujuan sosial. Walaupun begitu, ada kalanya dari mereka yang menikmati perjalanan untuk memenuhi hasrat diri dalam mengetahui hal baru di suatu tempat.

Conformist [image source]
Conformist [image source]
Akan tetapi, rata-rata mereka akan memutuskan tempat yang benar-benar anti-mainstream dari yang kebanyakan dipilih oleh para traveler lainnya. Ya, disebabkan memang ada tujuan khusus untuk melakukannya, karena itu alur perjalanan mereka berbeda.

3. Thrill- seeker

Thrill-seeker adalah tipe traveler yang berjiwa petualang dan lebih cenderung mencari tempat atau daerah yang dapat menguji adrenalin mereka sampai batas maksimal. Rata-rata tipe satu ini akan dengan cermat menanti tiket atau pemberangkatan dengan harga murah untuk pergi mengunjungi tempat yang mereka inginkan.

Thrill- seeker [image source]
Thrill- seeker [image source]
Seperti halnya conformist, thrill-seeker akan mencari daerah-daerah yang tidak banyak dikunjungi para traveler lain. Hal ini karena mereka akan bosan ketika harus berada di tempat yang sudah mainstream dan ramai.

4. Escapist

Diambil dari kata escape atau melarikan diri. Maka tipe escapist ini adalah jenis traveler yang akan melakukan perjalanan karena jenuh akan rutinitas. Atau bisa juga untuk sedikit rehat dari masalah yang dialaminya atau yang ada di sekitar tempat tinggal mereka.

Tipe traveler Escapist [image source]
Tipe traveler Escapist [image source]
Kebanyakan tipe escapist ini akan mencari tantangan di tempat baru. Bahkan mereka benar-benar akan merasa excited ketika sudah berada di daerah yang asing. Hal ini karena dia merasa ‘hilang’ dari manapun dan dapat bertindak seperti yang mereka inginkan.

5. Self-improver

Para self-improver ini memiliki jiwa petualang yang hebat dan stamina fisik yang cukup tangguh. Bahkan dapat dikatakan bahwa tipe satu ini adalah survivor untuk segala medan.

Self-improver[image source]
Self-improver[image source]
Banyak hal yang mampu mereka lakukan walaupun dihimpit segala keterbatasan. Bukannya mereka akan menghadapkan diri pada ketidaknyamanan, akan tetapi para self-imrpover lebih yakin pada ketangguhan dirinya sendiri dalam menghadapi masalah dan akan tetap tegar dalam keadaan apapun.

6. Pilgrim

Para pilgrim ini adalah jenis traveler umum yang akan mengunjungi suatu tempat baru dengan cara bergerombol atau dalam kelompok besar atau kecil. Rata-rata mereka sudah mempersiapkan segala sesuatu dengan detail, termasuk masalah finansial agar tidak terkendala saat berada di daerah asing.

Pilgrim [image source]
Pilgrim [image source]
Tidak hanya itu saja, tipe-tipe pilgrim ini lebih suka akan hiburan yang mainstream, seperti berbelanja di mall atau juga berhura-hura di tempat-tempat yang menyajikan sajian hiburan. Rata-rata penganut ‘paham’ pilgrim ini adalah traveler muda yang baru saja mengenal dunia penjelajahan.

7. Pioneer

Tipe satu ini dapat dikatakan merupakan gabungan dari jenis traveler tahan banting lainnya. Mereka akan mencari kesenangan dengan menemukan tempat atau hiburan baru yang anti-mainstream atau tidak banyak diketahui orang kemudian mempublikasikannya.

Pioneer [image source]
Pioneer [image source]
Tidak banyak dari tipe pioneer yang menyukai tempat-tempat yang sudah banyak dikunjungi atau mainstream, karena menurut mereka tidak ada sisi menariknya lagi. Mereka memiliki jiwa dan fisik yang hebat, serta tidak takut akan tantangan, rintangan dan masalah yang siap menghadang setiap waktu.

8. Occasional

Dapat dikatakan bahwa tipe occasional adalah jenis traveler musiman atau hanya akan melakukan perjalanan ketika ada even atau acara khusus saja. Seperti pertandingan olah raga di suatu negara atau tempat lain ketika honeymoon atau sejeninya.

Occasional [iamge source]
Occasional [iamge source]
Tidak banyak hal menarik dari tipe yang satu ini, karena tempat yang mereka kunjungi adalah daerah-daerah yang sudah mainstream dan rata-rata waktu kunjungannya sangat terbatas. Dan juga dapat dikatakan mereka lebih tepat masuk golongan turis daripada traveler.

9. Oblivious

Tipe satu ini merupakan jenis traveler yang hanya akan mengunjungi suatu daerah atau tempat baru tanpa tujuan khusus. Bahkan rata-rata mereka tidak peduli di mana tempat atau negara yang mereka kunjungi.

Oblivious [image source]
Oblivious [image source]
Oleh karenanya, tidak sedikit dari para oblivious yang lupa akan kemenarikan selama mereka melakukan perjalanan. Memang tidak banyak golongan oblivious di dunia ini, namun bukan berarti jenis ini tidak ada.

10. Genuinely curious

Orang-orang yang masuk dalam kategori genuinely curious sangat suka melakukan perjalanan atau berada di suatu tempat, kota atau negara asing. Hal ini karena di situlah mereka akan mendapatkan pengalaman dan hal-hal baru.

Genuinely curious [image source]
Genuinely curious [image source]
Rata-rata tipe jenis ini akan merasa excited berlebihan ketika sudah mencapai daerah baru. Mereka juga akan terus melakukan eksplorasi di tempat tersebut untuk terus menggali kearifan lokal, serta menemukan segala hal yang selama ini tidak mereka tahu atau hanya diketahui dari media saja.

Nah, dari 10 daftar di atas, manakah tipe yang cocok dengan jiwa traveler Anda? Next

ramadan
page

Awas, Jangan Sampai Anda Salah Berlibur ke Kota-Kota Palsu Ini!

Ranto Canyon, Kembaran Green Canyon Pangandaran di Brebes