in ,

14 Destinasi Wisata Kabupaten Garut Yang Paling Yahud

Curug Nyogong, via instagram

Provinsi Jawa Timur punya Kota Batu yang disebut-sebut sebagai Swiss kecil di tanah Jawa. Sedangkan Provinsi Jawa Barat tidak mau kalah dengan kabupaten Garut-nya yang berjuluk Swiss van Java. Keduanya sama-sama menyandang julukan Swiss lantaran mempunyai alam yang seindah negara di Eropa tersebut.

Baca juga : Jarang Terjamah, Inilah Pesona Pantai Cemara Lombok Timur

Kabupaten yang terkenal dengan jajanan khas Jenang Garut ini memang masih kalah pamor dengan kota wisata lainnya di Jawa Barat sekelas Bogor dan Bandung. Tapi setidaknya kabupaten ini punya potensi besar untuk menjadi salah satu tujuan wisata di masa mendatang. Empat belas destinasi berikut ini menjadi alasan kuat mengapa Garut layak untuk menjadi tujuan wisata yang wajib wisatawan kunjungi.

1. Gunung Papandayan, Destinasi Untuk Para Petualang Sejati

Karena Garut punya julukan Swiss van Java maka cumbui dulu keindahan alamnya saat berkunjung kesana. Salah satu yang wajib disambangi pertama kali yaitu Gunung Papandayan. Gunung berapi aktif setinggi 2.667 mdpl ini cukup ramah didaki oleh petualang pemula sekalipun sebab untuk sampai di puncaknya hanya butuh trekking selama 4 jam saja.

Gunung Papandayan, via instagram
Gunung Papandayan, via instagram

Gunung Papandayan mempunyai empat kawah diantaranya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Dalam perjalanan menuju ke puncak, petualang akan menjumpai banyak suguhan alam nan cantik seperti padang edelweis di Tegal Alun dan pemandangan mistis di hutan mati.

2. Perkebunan Teh Dayeuh Manggung, Matamu Akan Dimanjakan Dengan Hamparan Hijau Kebun Teh

Meskipun belum setenar perkebunan teh di Bogor namun Perkebunan Teh Dayeuh Manggung di Garut layak untuk dikunjungi sebagai destinasi pelepas penat dan juga cuci mata. Pasalnya seperti kebun teh lainnya, Dayeuh Manggung juga berupa hamparan hijau tanaman teh yang menyejukkan mata saat dipandang.

Perkebunan Teh Dayeuh Manggung, via instagram
Perkebunan Teh Dayeuh Manggung, via instagram

Perkebunan Teh Dayeuh Manggung terletak di desa Sabatan, kecamatan Cilawu. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di area perkebunan teh ini selain foto-foto adalah hiking dan juga bersepeda berkeliling kebun. Tenagamu akan serasa di cas ulang selama rekreasi ke kebun teh ini.

3. Gunung Guntur, Gunung Pendek Tapi Paling Menantang

Jika dibanding Gunung Papandayan dan Gunung Batur, Gunung Guntur ini adalah yang paling pendek. Ketinggian gunung ini hanya 2.249 mdpl, tapi jangan dipandang sebelah mata tentang tantangan yang akan kalian temui selama jalur pendakian.

Gunung Guntur, via instagram
Gunung Guntur, via instagram

Gunung Guntur meski paling pendek di antara gunung-gunung di Garut tapi rintangan yang dihadapi selama pendakian bisa dikatakan salah satu yang paling menantang. Pasalnya gunung yang pernah menjadi yang teraktif pada tahun 1.800-an ini punya trek bebatuan terjal dengan kemiringan tajam yang mengharuskan pendaki melakukan semi memanjat.

4. Curug Nyogong, Hidden Paradise di Garut Selatan

Curug Nyogong adalah refleksi dari surga tersembunyi di pedalaman Garut tepatnya berada di desa Mekarwangi, kecamatan Cihurip. Jaraknya sangat jauh dari pusat kota, butuh waktu 3 jam untuk sampai di lokasi. Itupun masih ditambah dengan mengarungi trek naik turun bukit di tengah hutan.

Curug Nyogong, via instagram
Curug Nyogong, via instagram

Curug Nyogong mempunyai debit air yang besar ditambah kondisi alam sekitar yang masih alami sehingga membuat wisatawan bakal betah berada lama-lama di dekat curug. Rasa penat dan perjuangan berat pun akan lunas terbayarkan oleh keindahan Curug Nyogong.

5. Pantai Rancabuaya, Pantai Eksotis di Selatan Garut

Jalan-jalan ke Garut jangan lewatkan kunjungan ke pantai-pantai di selatan Garut. Pantai pertama yang bisa dikunjungi adalah Pantai Rancabuaya yang beralamat di desa Purbayani, kecamatan Caringin. Pantai Rancabuaya merupakan pantai pelabuhan jadi kalau berkunjung ke sini wisatawan bisa membeli ikan tangkapan nelayan setempat.

Pantai Rancabuaya, via instagram
Pantai Rancabuaya, via instagram

Sebagian besar kawasan Pantai Rancabuaya adalah kawasan bebatuan karang. Kawasan tebing karang ini menjadi tempat yang bagus untuk berburu panorama alam. Satu-satunya cara menikmati pantai ini adalah dengan menyaksikan keindahannya dari pinggir pantai sebab ombak pantai ini sangat besar dan cukup riskan untuk berenang.

6. Pantai Sodong Bodas, Pantai Keren Jujugan Pemburu Batu Akik

Setelah bersenang-senang di Pantai Rancabuaya kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Pantai Sodong Bodas. Pantai ini letaknya bersebelahan dengan pantai Rancabuaya. Selain formasi tebing, pantai ini mempunyai hamparan pasir pantai putih yang eksotis.

Pantai Sodong Bodas, via instagram
Pantai Sodong Bodas, via instagram

Saat demam batu akik melanda Indonesia, pantai ini menjadi tujuan favorit pecinta akik. Pasalnya di bibir pantainya menjadi spot berburu batu akik jenis “chrysoprase”. Batu-batu tersebut sering terbawa ombak di tepian pantai.

7. Pulau Santolo, Pulau Kecil Nan Keren di Pantai Selatan Garut

Sebelah selatan kota Garut berbatasan dengan Samudera Hindia jadi semestinya banyak pantai yang bisa wisatawan temui. Salah satu yang paling populer di Garut adalah Pantai Santolo. Panti ini ada di daerah Garut Selatan dan bisa dituju dengan menempuh jarak sekitar 80 kilometer dari pusat kota.

Pulau Santolo, via instagram
Pulau Santolo, via instagram

Yang ikonik dari Pantai Santolo adalah adanya pulau kecil di tengah laut bernama Pulau Santolo. Pulau kecil ini biasanya menjadi spot memancing warga sekitar. Cara menuju ke pulau tersebut diperlukan perahu untuk menyeberang.

8. Curug Salawe, Belum Banyak Dieksplorasi

Gambar di bawah ini adalah penampakan dari Curug Salawe yang didapat Travelingyuk dari postingan di akun instagram Garut Pakidulan. Setelah dicari-cari di internet ternyata belum satupun ulasan yang dibuat mengenai air terjun yang nampak indah ini.

Curug Salawe, via instagram
Curug Salawe, via instagram

Dalam keterangan singkatnya, Curug Salawe berada di kecamatan Peundeuy. Dilihat dari fotonya curug ini memang masih perawan dan belum banyak dijamah wisatawan. Penampakan Curug Salawe cukup tinggi dengan debit air yang melimpah dan kanan-kirinya yang penuh dengan tanaman yang tumbuh subur. Traveler Garut ada yang mau kasih deskripsi lengkap mengenai curug ini?

9. Situ Cangkuang Yang Sarat Nilai Sejarah Wajib Dikunjungi

Situ Cangkuang adalah danau kecil yang ada di tanah Garut. Situ ini menyimpan nilai sejarah yang unik lantaran di tengah danau ini terdapat pulau kecil. Di pulau kecil tersebut ditemukan situs kuno berupa candi Hindu. Uniknya candi yang juga diberi nama Cangkuang tersebut adalah satu-satunya candi yang ditemukan di tanah Sunda.

Situ Cangkuang, via instagram
Situ Cangkuang, via instagram

Uniknya di sekitar candi Hindu tersebut ada tujuh rumah yang sejak zaman dahulu tidak pernah bertambah juga tidak berkurang. Jumlah tujuh rumah tersebut melambangkan tujuh anak dari tokoh yang ada di sana. Keberadaan Situ Cangkuang sendiri ada di desa Cangkuang, Kecamatan Leles.

10. Jangan Lupakan Telaga Bodas, Viewnya Keren Bisa Berendam Pula di Pemandian

Sebuah telaga dengan airnya berwarna putih kehijauan di ketinggian 1.512 mdpl layak jadi jujuganmu saat jalan-jalan di kabupaten Garut. Pasalnya telaga ini sangat cantik untuk jadi latar fotografi. Selain itu lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota, hanya berjarak 1 jam perjalanan.

Telaga Bodas, via instagram
Telaga Bodas, via instagram

Adalah Telaga Bodas, sebuah telaga putih yang terletak di desa Sukamenak, kecamatan Wanaraja. Di sekitar telaga ini terdapat pula kolam pemandian air panas yang nyaman untuk berendam. Tidak hanya itu sepanjang rute menuju ke destinasi ini wisatawan akan disuguhi berbagai pemandangan alam cantik salah satunya adalah gunung Sidahurip yang bentuknya simetris seperti piramida.

11. Curug Sanghyang Taraje, Legenda Sangkuriang Ada di Tempat Ini

Curug Sanghyang Taraje adalah air terjun tertinggi yang dimiliki Garut. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 82 meter. Daya tarik air terjun ini terletak pada kisah legenda yang menyelimutinya di mana dikisahkan bahwa Curug Sanghyang Taraje adalah lokasi Sangkuriang mengambilkan bintang untuk Dayang Sumbi.

Curug Sanghyang Taraje, via instagram
Curug Sanghyang Taraje, via instagram

Di bawah Curug Sanghyang Taraje juga terdapat batu besar yang diyakini masyarakat sebagai tempat penyimpanan harta karun Sangkuriang. Meski demikian tanpa legenda itu sekalipun keindahan Curug Sanghyang Taraje memang sanggup meluluhkan hati para pengunjungnya. Buat yang tertarik berkunjung bisa menjumpai curug ini di desa Kombongan, kecamatan Pakenjeng.

12. Punya Nyali? Ayo Mendaki Gunung Cikurai, Gunung Tertinggi di Garut

Selain gunung Papandayan wisatawan yang hobi petualangan tidak boleh melewatkan pendakian ke Gunung Cikurai. Sebab ini adalah gunung tertinggi keempat di Jawa Barat dan yang tertinggi di kabupaten Garut. Ketinggian gunung ini mencapai 2.821 mdpl.

Gunung Cikurai, via instagram
Gunung Cikurai, via instagram

Gunung Cikurai berada di tiga perbatasan masing-masing diantaranya adalah kecamatan Bayongbong, Cikajang, dan Dayeuh Manggung. Dengan begitu setiap pendaki yang mau trekking ke puncak diberikan tiga pilihan rute pendakian dari masing-masing kecamatan tersebut. Rute terpendek adalah lewat jalur Boyongbong yang sekaligus menandai sebagai trek tercuram.

13. Kawah Kamojang, Sensasi Mandi Uap di Garut

Garut mempunyai gunung berapi dan juga beberapa kawah yang membuatnya kaya dengan pemandian air panas. Namun pemandian yang wajib kamu coba ini bukan berupa air panas melainkan uap panas yang keluar dari perut bumi.

Kawah Kamojang, via instagram
Kawah Kamojang, via instagram

Adalah Kawah Kamojang di kecamatan Samarang. Kawah ini dimanfaatkan PT Pertamina dan PT Indonesia Tower sebagai sumber pembangkit listrik. Tapi kawah ini juga menjadi destinasi wisata, yang mana para wisatawan yang datang ditawari untuk mandi uap di alam terbuka yang konon uap tersebut cukup baik untuk kesehatan.

14. Sungai Cikandang Menantang Petualang Untuk Berarung Jeram

Buat petualang yang suka dengan tantangan tutup perjalananmu di Garut dengan menyambangi Sungai Cikandang. Sungai ini menjadi spot arung jeram yang akan memompa adrenalinmu hingga ke titik maksimal.

Sungai Cikandang, via instagram
Sungai Cikandang, via instagram

Sungai Cikandang mempunyai rute sepanjang 28 kilometer untuk kegiatan arung jeram. Butuh waktu sekitar 4-5 jam dari titik start menuju ke pos finish. Selama perjalanan para petualang akan diuji dengan banyak halang rintang khas jeraman sungai dengan tingkat kesulitan III-IV. Sebagai bonus pemandangan di bantaran sungai penuh pepohonan cukup menyejukkan mata.

Daftar destinasi wisata di atas barulah segelintir saja yang dimiliki Kabupaten Garut dan petualang Garut pasti punya lebih banyak rekomendasi untuk petualang lainnya. Kalau begitu langsung saja kalian lengkapi dengan mengisi kolom komentar di bawah. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Ragam Wisata Kabupaten Tasikmalaya, Kota Delhi-nya Pulau Jawa

Bersantap Hidangan di Pinggir Tebing, Berani Coba?