in , , , ,

Bukit Teletabis, Sebutan Gunung Masjid di Ponorogo yang Menawan

Ponorogo merupakan salah satu kota identik dengan kesenian reognya. Namun kota ini tak hanya menyuguhkan wisata budaya melainkan wisata alamnya yang tak kalah indahnya. Meski tak sebanyak kota wisata lainnya, Ponorogo memberikan alam dengan keindahan yang tersembunyi. Tak banyak wisatawan mengeksplore alam Ponorogo membuat naturalnya tetap terjaga.

Baca juga : Taman bawah Laut TWP Kapoposang Makassar, Eksotis Luar Biasa

Puncak Gunung Masjid yang menyerupai kubah masjid sebagai asal usul nama Gunung tersebut via tripzilla.id

Teritori Ponorogo yang tak berbatasan dengan lautan, namun menyuguhkan berbagai pebukitan yang indah. Salah satunya Gunung Masjid yang tengah populer akan rerumputannya yang menyerupai film teletabies.

Memang tak setinggi gunung gunung pada umunya hingga diatas 2.500 mdpl. Tetapi jangan heran saat trakking menuju puncak. Jurang dan bebatuan terjal selalu menemani perjalanan mu mendekati puncak. Perjuangan mu akan terbayar setelah melewati rintangan yang memicu adrenalin.

Tak setinggi gunung besar lainnya tetapi trekking sungguh menguras tenaga via instagram @dodikreza

Tampak bukit-bukit kecil nan hijau membentuk gundukan indah menyerupai kubah masjid adalah nama dari gunung tersebut berasal. Yang jelas puncak dari gunung ini terhampar luas pemandangan alam yang menyejukkan mata.

Bagi kamu penyuka golden sunrise dan sunset Gunung Masjid adalah pilihan yang tepat. Datanglah saat sore hari dengan cuaca yang terang, kamu akan disuguhkan pemandangan langit dengan gradasi golden sunset yang memukau. Kilauan warna jingga tersorot memantul di rerumputan bukit tampak seperti filter polarisasi alami.

Gradasi langit sore hari dipuncak gunung masjid yang menawan via instagram @arif_f5

Namun bawalah peralatan headlamp jika kamu menginginkan suasana matahari tenggelam, karena perjalan pulang menantimu dengan kegelapan yang menyeramkan. Tetaplah berhati hati mengingat jalan turunan yang terjal serta licin membuat mu berjalan merangkak penuh perjuangan.

Hamparan pebukitan yang hijau didepan mata foto via instagram @farhan_hon

Gunung Masjid lebih tepatnya berlokasi di Taman arum, Desa Pundak, Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Sudah terdapat pelang arah Desa Pundak untuk mempercepat perjalan ke lokasi. Namun saat sampai desa Pundak, sering seringlah bertanya pada penduduk sekitar karena perjalanan ke loket Gunung pundak melewati jalanan kampung yang kecil. Tidak disarankan untuk membawa kendaraan roda empat karena lebar jalan cukup untuk kendaraan sejenis motor.

Fasilitas gunung tersebut memang tak semewah wisata lainnya. Loket menjadi satu dengan warung penjualan kue dan jajanan kudapan yang bisa dijadikan bekal menuju puncak. Tak ada tarif tiket masuk, melainkan disediakan kotak sebagai tempat keikhlasan pengunjung untuk sumbangan perawatan sarana yang sudah dibangun di gunung Masjid. Next

ramadan
fi wisata keluarga di batu

4 Objek Wisata Keluarga di Batu, Cocok Untuk Berakhir Pekan

Stone Garden

Wisata Tersembunyi di Bandung yang Menyimpan Keindahan