in , , , , , , , , ,

Itinerary 3D2N, Jelajahi 5 Tempat Menawan di Derawan Kalimantan Timur

Jelajahi 5 Tempat di Derawan Kalimantan Timur Lebih Murah Jika Bersama Banyak Orang

Jelajahi Derawan Bersama Banyak Teman (c) Lisa Ramayanti/Travelingyuk

Derawan Island, surga Kalimantan Timur yang terletak di Kabupaten Berau yang menjadi idaman Teman Traveler khususnya yang menyukai laut. Selain terkenal dengan keindahan pulau-pulaunya, Derawan juga terkenal dengan pemandangan bawah laut yang bisa membuat Teman Traveler jatuh hati. Tetapi tingginya biaya transportasi menuju Berau menjadi penghalang backpacker untuk menginjakkan kaki di sini.

Baca juga : Aneka Tempat Angker di Bandung yang Cocok Untuk Uji Nyali

Berangkat ke Derawan

Kalau Teman Traveler berangkat dari luar Kalimantan Timur, bisa mengambil penerbangan yang melewati Berau. Selain itu, Teman Traveler bisa melewati Tarakan dan naik speed boat selama 3 jam. Jika berangkat dari Kalimantan Timur, Teman Traveler juga bisa langsung naik pesawat ke Berau dan melakukan perjalanan dengan mobil untuk sampai ke Tanjung Batu (penyebrangan ke derawan). Setelah itu menyebrang selama 45 menit menggunakan speed boat.

Tips murah untuk liburan ke Derawan adalah dengan membawa banyak teman karena pengeluaran akan semakin murah. 

Hari ke 1: Penjemputan di dermaga menuju derasan island

Hari ke  2: Hoping island; Maratua island, pratasaba resort maratua, kakaban island, gusung sanggalau, sangalaki island.

Hari ke 3: Di antar kembali ke dermaga

Speed boat Rp5.000.000 untuk 11 Orang

Speed boat berkapasitas 20 orang akan dikenakan biaya Rp5.000.000 sehingga untuk masing-masing orang membayar sekitar Rp455.000.

Derawan Island Water Cottage Mulai dari Rp250.000

Water Cottage Derawan Island via instagram @Lisaramynti

Pertama sampai di Derawan, Teman Traveler akan disambut dengan jernih dan biru nya air laut dan ikan-ikan yang berenang langsung di bawah dermaga dan water cottage. Untuk biaya penginapan di Derawan mulai dari Rp250.000 sudah bisa menikmati makan pagi, kopi dan teh. Teman Traveler bisa pilih mau penginapan yang mana aja karena relatif murah untuk ukuran water cottage.

Sewa Sepeda Rp20.000/Hari

Main Sepeda di Derawan Island @Lisaramynti

Di Derawan, Teman Traveler bisa bermain ke pantai dan menyewa sepeda dengan biaya Rp20.000/hari sehingga bisa menelusuri pulau terasa lebih mudah dan menyenangkan.

Maratua Island Tiket Masuk Rp40.000

Maratua Island via instagram @Lisaramynti

Tiket masuk Maratua Island sebesar Rp40.000, sudah dapat teh atau kopi dan kue. Banyak spot foto menarik yang ada di pulau ini.

Maratua Island via instagram @Lisaramynti

Di kenal sebagai Maldive nya Indonesia, Maratua Island memang harus masuk list Teman Traveler yang mencintai lautan. Teman Traveler akan terkagum-kagum dengan keindahan Maratua.

Snorkeling di Pratasaba Maratua Resort Mulai dari Rp40.000

Snorkeling pratasaba maratua resort via instagram @Lisaramynti

Dekat dengan Maratua Island, terdapat Pratasaba Maratua Resort yang bisa Teman Traveler nikmati dengan snorkeling. Pemandangan bawah laut akan dipenuhi dengan berbagai jenis ikan. Teman Traveler diperbolehkan untuk membawa roti atau biskuit saat menyelam agar ikan akan menghampiri Teman Traveler dan terciptalah momen underwater yang pas untuk diabadikan kamera. Alat snorkeling, masker disewakan seharga Rp20.000 dan fin Rp20.000.

Kakaban Island Tiket Masuk Rp100.000/boat

Kakaban island via instagram @Lisaramynti

Berenang di kawasan Kakaban, di larang memakai sunblock atau cream yang bisa mencemarkan habitat ubur-ubur begitu juga dengan penggunaan fin.

Kakaban Islan via instagram @Lisaramynti

Kakaban di kenal dengan pulau ubur-ubur yang tidak menyengat. Teman Traveler bebas berenang tanpa khawatir akan tersengat. Banyak wisatawan asing yang snorkeling di pulau ini. Untuk biaya masuk tergantung besar speed boat yang digunakan. Speed berukuran besar ditarifkan Rp100.000. 

Sangalaki Island Tiket Masuk Rp5.000

Sangalaki Island via instagram @Lisaramynti

Sangalaki Island memiliki penangkaran anak penyu yang di sebut tukik. Tiket masuknya Rp5.000 per orang. Terdapat berbagai resort yang bisa dipesan. Selain melihat penangkaran penyu, wisatawan juga bisa snorkeling dan melihat langsung terumbu karang serta hewan laut yang ada di dalamnya.

Nikmati Sunset Gusung Sanggalau

Gusung Sanggalau via instagram @Lisaramynti

Di Gusung Sanggalau, Teman Traveker bisa menikmati sunset di atas gunukan pasir putih yang muncul ketika air sedang surut. Momen yang sangat tepat untuk diabadikan dengan teman-teman.

Sewa Fotografer Mulai dari Rp800.000

Agar mendapatkan foto-foto dan feed instagram yang keren, Teman Traveler bisa menggunakan jasa guide lokal yang sekaligus bisa menjadi fotografer dengan biaya Rp800.000. Sehingga untuk masing-masing orang dapat membayar Rp73.000.

Jadi siapa bilang ke Derawan mahal? Lebih banyak teman, perjalanan akan jauh lebih murah lho Teman Traveler. Yuk jaga dan jelajahi surga Kalimantan Timur. Next

ramadan

5 Tempat Makan di Surabaya yang Buka Sampai Pagi, Solusi Lapar Saat Dini Hari

Tempat Daging Enak di Jakarta Ini Harus Kamu Coba, Bikin Nagih!