in , , ,

4 Air Terjun di Indonesia, Keindahan yang Menakjubkan Wajib Dikunjungi

fi air terjun di indonesia

Teman Traveler pasti menyukai wisata air tentu senang mengunjungi curug atau air terjun. Berikut ada 4 air terjun di Indonesia memiliki keindahan yang menakjubkan dengan pemandangan cantik, sejuk dan menenangkan pikiran, wajib dikunjungi. Yuk simak daftar di bawah ini.

Baca juga : Kuah Beulangong, Kuliner Aceh dengan Rahasia Kelezatan tak Terduga

1. Air Terjun Sipiso Piso

air terjun sipiso piso
Ilustrasi via instagram doni_ss366

Pertama ada Air Terjun Sipiso Piso, salah satu air terjun tertinggi di Karo dan Sumatra dengan ketinggian 120 meter. Merupakan aliran air dari sungai Pangambatan yang terjun bebas dari tebing tinggi, jalur trekking sendiri sangat mudah berupa 1.000 anak tangga. Pemandangan sekitar sangat asri, sejuk ada banyak pepohonan, lalu ada perkebunan, hamparan sawah, pegunungan serta bukit yang sangat menenangkan.

Fasilitas wisata ada area parkir, toilet, warung makanan serta minuman, spot foto, toko souvenir, dan sebagainya. Biaya tiket masuk Rp 5.000 per orang, harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. Air Terjun Sipiso Piso berlokasi di Desa Tongging, Kecamatan Merak, Kabupaten Karo, Sumatra Utara. Jam operasional wisata buka selama 24 jam setiap hari.

2. Air Terjun Cikaso

curug cikaso
Ilustrasi via instagram hadjukemal

Selanjutnya ada Air Terjun Cikaso atau Curug Cikaso, memiliki keindahan air berwarna kebiruan jernih serta kesejukan alam membuat objek wisata ini menjadi lokasi favorit untuk menghabiskan waktu liburan. Saat memasuki kawasannya seperti berada di taman surga, mempunyai ketinggian 80 meter dengan kedalaman 100 meter. Teman Traveler bisa menyusuri sungai jernih di bawahnya dengan perahu.

Fasilitas wisata ada area parkir, toilet, ruang ganti, warung makanan serta minuman, toko souvenir dan sebagainya. Biaya tiket masuk Rp 3.000 per orang, dan biaya sewa perahu Rp 50.000-Rp 70.000. Air Terjun Cikaso berlokasi di Desa Ciniti, Cibitung, Sukabumi, Jawa Barat. Jam operasional wisata pukul 06.00-17.00 WIB.

3. Air Terjun Tumpak Sewu

air terjun tumpak sewu
Ilustrasi via instagram malthezimakoff

Kemudian air terjun indah lainnya ada Air Terjun Tumpak Sewu berada di antara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Kecantikan air terjun ini unik berbentuk seperti tirai dengan banyak aliran, berada di hutan membuat suasana asri nan sejuk sangat terasa ditambah banyak pepohonan. Di dalam air terjun ini terdapat sebuah gua dinamai Gua Bidadari, biasanya dijadikan tempat bersemedi pada aliran kepercayaan tertentu.

Fasilitas wisata ada area parkir, toilet, musala, warung makanan serta minuman, dan lainnya. Biaya tiket masuk Rp 10.000 per orang, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Air Terjun Tapak Sewu berlokasi di Kampung Siji, Jalan Raya Sidorenggo, Besukcukit, Sidomulyo, Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur. Jam operasional wisata buka selama 24 jam setiap hari.

4. Air Terjun Benang Kelambu

air terjun benang kelambu
Ilustrasi via instagram johan_aza123

Berikutnya Air Terjun Benang Kelambu yang tak kalah cantikn, seperti namanya air terjun ini berbentuk seperti kelambu melewati sela-sela tanaman gambung dengan tingkatan berbeda mulai ketinggian 30 meter, 10 meter dan 5 meter. Suasana sejuk menenangkan akan terasa di sini, Teman Traveler juga bisa berkemah menikmati alamnya.

Fasilitas wisata ada area parkir, toilet, gazebo, spot foto, warung makanan serta minuman dan sebagainya. Biaya tiket masuk Rp 10.000 per orang, jasa tur Rp 50.000 per 7 orang, jasa ojek Rp 35.000 dan parkir Rp 5.000. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Air Terjun Benang Kelambu berlokasi di Desa Aik Berik, Batukilang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Jam operasional wisata pukul 07.00-18.00 WIB, buka setiap hari.

Demikian ulasan daftar 4 air terjun di Indonesia yang memiliki keindahan wajib dikunjungi Teman Traveler. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan. Next

ramadan
Brewu Coffee & Pastry Bali

Ngopi Dengan Cemilan Melimpah di Brewu Coffee & Pastry Bali

Kolam dengan Jacuzy

El Royal Hotel Bandung, dengan Jacuzy Yang Asyik