in , ,

Air Terjun Benang Kelambu, Bukti Keindahan Paripurna Lombok Tengah

Pesona keindahan alam Lombok

Kabupaten Lombok Tengah tak hanya menyajikan deretan pantai eksostis. Di bagian utara juga terdapat air terjun yang sering dikunjungi wisatawan, salah satunya adalah Air Terjun Benang Kelambu. Bersumber dari alur kawasan hutan kaki Gunung Rinjani yang mengalir ke bagian selatan dan tumpah tepat di bagian utara wilayah Kabuptaen Lombok Tengah.

Baca juga : Kafe di Malang Ini Bikin Perut Kenyang dan Kerja Nyaman

Nikmati Eksotisme Alam Lombok

6_Gpm.jpg
Suasana air terjun (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Jika kalian hendak ke Lombok, cobalah menikmati eksotika alam pegunungan di daerah air terjun Benang Kelambu. Tidak hanya itu, ada dua pilihan tempat yang bisa dikunjungi di sana; Air Terjun Benang Kelambu dan juga Benang Stokel.

Menuju lokasi air terjun, Teman Traveler akan melewati kawasan hutan yang sebagian dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan oleh warga setempat. Posisi gerbang masuk ke lokasi ini cukup berada di lahan yang tinggi, sehingga untuk menuju ke sana akan menuruni ratusan tingkat anak tangga.

1dsc01864_gpx.jpg
Air terjun (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Dari gerbang masuk ke Benang Kelambu, Teman Traveler akan melalui jalan berkerikil. Sebagian ada yang sudah dibeton. Jalannya cukup lebar, sekira 2 meter. Traveler akan melewati jalan itu yang posisinya membelah perkebunan warga yang mengelola kawasan hutan di sana. Waktu tempuh sekitar 20 menit. 

Terjangkau dan Mudah Digapai

1dsc01858_s6O.jpg
Suasan alam (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Jika tak ingin berjalan terlalu lama, Teman Traveler bisa menggunakan motor dan parkir di pos pemberhentian. Untuk kalian yang datang menggunakan mobil bisa memarkir di area sebelum pintu masuk yang sudah disediakan oleh pengelola wisata di sana. 

Untuk biaya parkir, Teman Traveler cukup membayar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. Sementara itu, biaya tiket masuk seharga Rp5.000 per orang. Di lokasi ini juga disediakan jasa transportasi ojek untuk menuju ke lokasi air terjun Benang Kelambu.

Setelah menempuh jalan tanah dan berkerikil, kalian akan mulai berjalan menuruni anak tangga yang berjejer rapi. Ratusan anak tangga yang mengular diselimuti rimbunnya hutan terlihat sangat menakjubkan. 

Sajikan Pemandangan Paripurna

1dsc01888_nwX.jpg
Air terjun yang indah (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Pada level anak tangga yang lebih dekat, suara rintik air terjun sudah mulai terdengar. Hawa dingin dan sejuk akan mulai terasa. Dari kejauhan pemandangan air terjun pun sudah bisa di lihat setelah menempuh setengah perjalanan. 

Air terjun yang tumpah dari sela rerimbun semak terlihat seperti tirai atau benang kelambu. Tak heran jika air terjun ini dinamakan Benang Kelambu. Airnya yang tumpah terasa lembut dan tipis-tipis. 

Air terjun ini terlihat bertingkat dengan beberapa titik sumber air. Menariknya, air yang mengalir melalui semak tetumbuhan yang merambat di atas tebing bukit, seperti membentuk tirai air.

Bisa Berendam di Air Dingin

1dsc01916_2Ay.jpg
Air terjun (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Terdapat jalan setapak yang bisa kalian lalui di balik tirai air yang tumpah, sehingga Teman Traveler tak kesulitan untuk dapat mencoba kesegaran air dari titik satu ke yang lain dari sumber alur tumpahan yang berbeda. Di sana juga disediakan kolam penampungan air yang bisa digunakan untuk berenang atau sekadar membenamkan diri.

Jadi tunggu apalagi? Yuk segera luangkan waktu Teman Traveler ke Air Terjun Benang Kelambu di Lombok! Next

ramadan

Mengenal Sederet Pantai Cantik bak Surga di Kuta Selatan

Seupan Tales, Jajanan Tradisional Bogor yang Tak Bikin Tekor