in , , ,

Wisata di Purwakarta, Liburan Seru Setelah PPKM

Fi wisata Purwakarta

Mempersiapkan perjalanan pelesir tidak ada salahnya membuat list perjalanan terlebih dahulu, berikut ada 4 rekomendasi wisata di Purwakarta, Jawa Barat. Referensi liburan seru setelah PPKM berakhir, yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Spot Wisata Instagenic di Tulungagung, Nggak Perlu Bingung Kalo Mau Photoshoot

1. Tebing Boyer

Tebing boyer
Ilustrasi via instagram warnanmullya

Pertama ada Tebing Boyer sebuah tempat bekas penggilingan batu andesit untuk pembangunan Waduk Jatiluhur pada tahun 1957. Saat ini lokasi tebing dijadikan spot swafoto oleh para wisatawan. Selain itu pemandangan waduk dari atasnya juga indah, apalagi tempatnya sejuk banyak pepohonan. Saat berada di atasnya tetap berhati-hati ya Teman Traveler karena tidak adanya pagar pembatas.

Fasilitas wisata ada area parkir, musala, toilet, spot foto, dan lainnya. Harga tiket masuk sangat terjangkau yaitu Rp 5.000 per orang, biaya parkir motor Rp 5.000 dan mobil Rp 10.000. Tebing Boyer berlokasi di Kampung Talun, Desa Tajursindang, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Jam operasional wisata buka selama 24 jam setiap hari.

2. Waduk Jatiluhur

Waduk jatiluhur
Ilustrasi via instagram kusumastari

Selanjutnya Teman Traveler bisa sekalian mengunjungi Waduk Jatiluhur di bawah Tebing Boyer. Waduk terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara ini, bisa dijadikan lokasi liburan keluarga. Teman Traveler bisa berkemah, memancing, naik perahu menjelajahi waduk dan berfoto dengan latar belakang pemandangan Gunung Parang serta Gunung Tiga Menara yang indah.

Fasilitas wisata ada area parkir, toilet, musala, restoran, tempat menginap seperti hotel serta bungalow, area camping, playground, kolam renang, wahana olahraga air dan sebagainya. Harga tiket masuk cukup terjangkau Rp 15.000 per orang saat weekday, dan weekend serta libur nasional Rp 20.000.

Waduk Jatiluhur berlokasi di Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Dari pusat kota berjarak 11 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan. Jam operasional wisata pukul 08.00-17.00 WIB, buka setiap hari.

3. Gunung Bangkok

Gunung bangkok
Ilustrasi via instagram imsisara

Berikutnya untuk pendaki pemula bisa mencoba trekking di Gunung Bangkok, jalurnya cukup mudah banyak dikelilingi pepohonan. Setelah dipuncaknya Teman Traveler bisa melihat pemandangan indah di Puncak Watu Tumpuk. Kemudian berkemah untuk berburu sunrise keesokan harinya, tentunya akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Fasilitas wisata ada area parkir, toilet, musala, gazebo, spot foto, warung makanan serta minuman, jasa pemandu wisata dan lainnya. Harga tiket masuk juga terjangkau Rp 12.000 per orang, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Gunung Bangkok berlokasi di Desa Cikandang, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Dari pusat kota Purwakarta berjarak 25 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 25 menit perjalanan. Jam operasional wisata buka selama 24 jam setiap hari.

4. Curug Cijalu

Curug cijalu
Ilustrasi via instagram intannurhidayahf

Kemudian ada Curug Cijalu yang berada pada kawasan cagar alam Gunung Burangrang di ketinggian 1.300 mdpl, sedangkan air terjunnya mempunyai ketinggian mencapai 70 meter. Untuk menuju lokasi curug tentu harus melakukan trekking terlebih dahulu, sejauh 300 meter dari area parkir. Selama perjalanan Teman Traveler akan melihat banyak pepohonan, perkebunan teh dan perbukitan. Suasana sejuk, derasnya air mengalir pada kolam alami serta kicauan burung akan menyapa setelah sesampainya di lokasi, jangan lupa untuk merasakan kesegaran air dengan berenang di kolam alaminya.

Fasilitas wisata ada area parkir, toilet, musala, jalur trekking, tempat duduk istirahat, warung makanan serta minuman, dan lainnya. Harga tiket masuk Rp 17.500 per orang, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Cirug Cijalu berlokasi di Cipancar, Sarangpanjang, Pusakamulya, Kiarapedes, Subang, Jawa Barat. Dari pusat Purwakarta berjarak 35 km dengan waktu tempuh 1 jam 15 menit perjalanan. Jam operasional wisata pukul 07.30-17.00 WIB, buka setiap hari.

Demikian ulasan 4 rekomendasi wisata di Purwakarta dan sekitarnya. Bisa dijadikan referensi liburan Teman Traveler selanjutnya. Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Next

ramadan
Fi pulau saipan

Pulau Saipan di Kepulauan Mariana Utara, Lokasi Bali Baru Bagi Warga Australia

Fi mendatte park

Mendatte Park di Sulawesi Selatan, Tempat Berkemah Dengan Keindahan Negeri Dongeng