in , , ,

4 Tempat Wisata di Dataran Tinggi Dieng, Wajib Dikunjungi Setelah PPKM

Kawah Sikadang

Dataran Tinggi Dieng memiliki fenomena alam dan budaya yang membuat siapapun yang berkunjung merasa kagum, dan akhir-akhir ini juga ada fenomena embun es atau sering disebut “bun upas”, dan sudah terjadi sampai 5 kali akan tetapi, masih belum bisa dinikmati oleh wisatawan.

Baca juga : Tari Tradisional Samarindah, Mulai dari Luwes Hingga Picu Adrenalin

Setelah masa PPKM ini, Teman Traveler bisa menjadikan referensi liburan untuk menyegarkan fikiran. Ada beberapa rekomendasi tempat wisata di sana yang bisa dikunjungi. Yuk simak ulasan berikut.

1. Komplek Candi Arjuna

Komplek candi arjuna
Ilustrasi via instagram hanakrisna_

Candi Arjuna berlokasi di Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Candi ini merupakan peninggalan kerajaan Mataram Kuno dan dibangun untuk menyembah Dewa Syiwa. Di dalam kompleks Candi Arjuna terdapat lima buah candi. selain view nya yang cantik akhir-akhir ini juga terdapat embun es di sana yang menjadikannya semakin indah.

2. Petak 9 Dieng

tapak 9 dieng
Ilustrasi via instagram petak_9_dieng_bukit_sidengkeng

Petak 9 Dieng berlokasi di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Tempat Wisata yang juga dikenal dengan nama Bukit Sidengkeng ini, merupakan spot kunci jika Anda ingin melihat Telaga Warna dari kejauhan dengan latar belakang pegunungan. Pengunjung juga bisa camping di Camping Ground yang terdapat di Puncak Bukit Sidengkeng untuk menikmati kaindahannya lebih lama.

3. Kawah Sikadang

Kawah Sikadang
Ilustrasi via instagram olfatsky

Kawah Sikadang berlokasi di Bakal Buntu, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Pemandangan di sekitar kawah ini sagat indah, dengan perpaduan hamparan bukit hijau dan tanah kapur di sekitar kawah. Pastikan Teman Traveler memakai masker jika berkunjung ke sini, karena aroma belerangnya cukup tajam dan dapat membahayakan kesehatan.

4. Gunung Prau

gunung prau
ilustrasi via instagram anandaavinoo

Gunung Prau berlokasi di Kabupaten Batang Kendal-Wonosobo, Jawa Tengah.

Buat Temen Traveler yang hobi hiking, bisa coba ke Gunung Prau dengan ketinggian hampir 2.600 mdpl, Gunung Prau merupakan gunung dengan puncak paling tinggi di Dieng, di sini dapat melihat indahnya pemandangan alam dan hamparan bunya yang menutupi tanah.

Waktu paling tepat berkunjung ke Gunung Prau adalah ketika matahari terbit dan terbenam. Musim paling pas untuk mendaki saat kemarau, karena jalur tidak licin.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Dieng yang bisa dijadikan referensi liburan. Tempat mana yang akan Teman Traveler kunjungi lebih dahulu ? Next

ramadan
fi hujan di greenland

Hujan Lebat Terjadi di Greenland, Fenomena Langka yang Mengkhawatirkan?

Karang Potong Ocean View di Cianjur, Tempat Wisata Baru Ala Bali dan Santorini