in ,

5 Destinasi Religi Terpopuler di Indonesia, Kulik Inspirasi Sambil Kontemplasi Hidup

Menikmati pesona religi Indonesia

Indonesia terkenal memiliki keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya, dan aliran kepercayaan yang beragam. Hal itu mendasari dibangunnya banyak destinasi religi terpopuler yang menyedot banyak wisatawan.

Baca juga : Danau Tanralili, Pendakian 2 Jam yang Terbayar Lunas

Kedatangan mereka pun diwarnai motivasi beragam, mulai dari hanya sekadar berdoa hingga mencari ilham hidup. Bagi Teman Traveler yang ingin singgah di sana, Travelingyuk rangkum 5 destinasi religi terpopuler yang mampu memberi kalian jutaan inspirasi ilahi.

1. Masjid Istiqlal, Jakarta

Masjid Istiqlal via Shutterstock

Destinasi religi yang satu ini disebut sebagai yang terbesar di Asia Tenggara. Kapasitasnya mampu menampung hingga 200.000 jemaah. Masjid ini dibangun sebagai simbol kebanggaan bangsa Indonesia, mengingat mayoritas masyarakat beragama Islam.

Tempat ibadah yang selesai dibangun pada tahun 1978 ini sering dikunjungi banyak tokoh negara dunia, mulai dari Presiden AS Barrack Obama hingga Raja Salman dari Saudi Arabia. Lebih dari itu, masjid ini juga menjadi tempat berlabuh para jemaahnya yang menginginkan kedamaian dan inspirasi batin.

2. Patung Yesus Kristus, Toraja

Patung Yesus Kristus Tana Toraja via Shutterstock

Bila kita sedang mengunjungi Tana Toraja, tidak lengkap rasanya jika belum mengunjungi Patung Yesus Kristus di Puncak Buntu Burake. Destinasi religi terpopuler ini berdiri setinggi 40 meter dan digadang-gadang mengalahkan Patung Yesus Kristus yang berdiri di Rio de Janeiro, Brazil.

Tempat wisata yang berdiri sejak 2015 ini menjadi inspirasi bagi umat Kristiani di Tanah Toraja karena posisinya yang seolah-olah sedang memberkati kota. Banyak warga ke sini, selain untuk berfoto hits, juga berdoa dan memohon inspirasi ilahi untuk kehidupan mendatang.

3. Kompleks Semana Santa, Larantuka, NTT

Image may contain: 2 people, people standing, sky and outdoor
Perayaan Semana Santa di Larantuka via Shutterstock

Setiap Pekan Suci Paskah, daerah Larantuka di NTT selalu dipadati oleh puluhan ribu umat Katolik dari berbagai wilayah di Indonesia. Hal ini disebabkan adanya tradisi yang sudah berjalan sejak ratusan tahun lalu bernama Semana Santa.

Pada saat ini, patung Tuan Ma, atau dikenal dengan Bunda Maria, diarak secara meriah bersamaan dengan patung Salib bercorpus dan kotak berlapis kain hitam yang disimbolkan sebagai makam Yesus Kristus. Banyak umat yang mengikuti ziarah ini guna mencari pertobatan dan kesembuhan batin.

4. Pura Tanah Lot, Bali

Pura Tanah Lot via Shutterstock

Terletak di Kabupaten Tabanan, sekitar 20 kilometer dari Kota Denpasar, destinasi religi yang satu ini sudah dikenal oleh banyak wisatawan sebagai ikon Bali favorit. Ungkapan “belum ke Bali kalau tidak mengunjungi Tanah Lot” nampaknya benar.

Sebagai salah satu pura yang disucikan bagi umat Hindu Bali, tempat ini juga digunakan sebagai pusat peribadatan bagi warga lokal. Banyak yang percaya dengan meminum air sumber yang keluar dari gua di bawahnya, atau sekadar menyentuh ular bermotif hitam-putih di sana, akan memperoleh berkah dan ilham.

5. Candi Borobudur, Magelang

Candi Borobudur via Shutterstock

Destinasi religi yang satu ini sudah dikenal banyak Teman Traveler. Selain dinobatkan sebagai candi Buddha terbesar di dunia, pesona keindahannya mampu memikat banyak wisatawan berkunjung. Tercatat sudah banyak tokoh dunia yang mampir ke Candi Borobudur, mulai dari Ratu Elizabeth II, Presiden Obama, hingga Dalai Lama.

Meskipun sempat dibom pada tahun 1985 hingga merusak struktur atas bangunan, namun candi ini tetap menyimpan ilham serta inspirasi bagi wisatawan dan umat Buddha. Setiap tahunnya, destinasi religi ini menjadi pusat peringatan Hari Raya Waisak yang dimeriahkan dengan pesta lampion.

Itulah tadi deretan destinasi religi terpopuler di Indonesia. Selain cantik, tempat wisata tadi juga mampu memberikan kedamaian batin serta mengontemplasikan hidup jadi lebih baik. Tertarik untuk ke sana? Next

ramadan

Tips Cegah Hipotermia, Jangan Sampe Liburan Jadi Petaka!

5 Wisata Belanja Tradisional Terpopuler di Indonesia, Ada yang Sajikan Kuliner Ekstrem