in , , ,

5 “Grand Canyon” di Indonesia, Enggak Kalah Indah Dari yang Asli

Grand Canyon adalah ngarai tebing besar yang terletak di Colorado, Negara Bagian Arizona, Amerika Serikat. Nagarai ini terbentuk dari pengikisan aliran sungai Colorado yang memotong sebuah selat selama jutaan tahun. panjangnya kira-kira 446 km, dengan lebar mulai dari 6 sampai 29 km dan dengan kedalaman lebih dari 1.600 m. Keindahan Grand Canyon sudah engga diragukan lagi bahkan Grand Canyon masuk dalam salah satu keajaiban dunia.

Baca juga : Kopi Florist, Kedai Edukasi Kopi Terbaik di Tengah Bandung

Untuk menikmati pesona dan keindahan Grand Canyon kamu enggak perlu jauh-jauh ke Amerika, kamu dapat menikmati keindahan ala Grand Canyon di indonesia loh. Berikut 5 Grand canyon di Indonesia yang enggak kalah indah dari yang asli.

Beji Guwang

Via IG @thebaliguideline

Narai super indah ini berlokasi di Jalan Sahadewa Kabupaten Gianyar, Bali. Selain dikunjungi wisatawan lokal tempat ini juga populer dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Tempat wisata yang satu ini berunsur “Hidden” mempunyai pemandangan ala “canyon” yang bisa bikin teman-teman instagram kamu iri. Saat kamu sampai ke tempat ini kamu enggak akan menyangka tempat ini di bali loh, pokoknya tempat ini fotogenic banget.

Curug Putri Cerita

Via IG @shawneesaphier

Curug Putri Cerita Ini terletak di Pantai Cerita perhutani Banten. Tempat ini dikelola oleh Perhutani dan Balai Taman Hutan Raya. Curug setinggi 3 meter ini terlihat mempesona karena diapit oleh tebing batu yang mempesona dan merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Airnya yang berwarna biru jernih menambah pesona curug ini dengan panjang aliran 50 meter dan diapit oleh tebing yang berkelok-kelok membuat tempat ini instagramable banget, pokonya cocok banget untuk berfoto ria ala Canyon gitu.

Cukang Taneuh

Via IG @michellesundari

Faktanya sebelum dibuka menjadi tempat wisata, Cukang Taneuh merupakan tempat yang terkenal angker. Objek wisata sungai yang terletak di Kabupaten Pangandaran Jawa Barat menyajikan suasana yang tenang dan hening serta ditambah dengan riak air sungai. Namun kesan seram itu pun akan hilang seketika saat melihat keindahan tempat ini.

Cukang Taneuh menawarkan pemandangan dinding batu stalaktit yang mengapit kedua sisi sungai. Selain disuguhi oleh pemandangan tebing batu kamu juga bisa melihat flora dan fauna yang mendiami sungai seperti ikan, biawak, burung aneka warna dan tumbuhan tropis di kedua sisi sungai. Atraksi wisata yang populer di tempat ini adalah arung jeram dan susur sungai.

Kedung Jembar

Via IG @yoiki_malang

Berlokasi di Desa Sumber Roto, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, air terjun ini memiliki keunikan yaitu berundak atau membentuk seperti sebuah tangga. Tempanya yang masih alami dan menyajikan suasana yang hening dengan gemercik air terjun menjadi daya tarik tempat ini.

Sungainya yang berkelok membentuk kolam-kolam kecil bisa digunakan untuk mandi dan berenang. Nuansa warna hijau dan tebing batu yang berada disisi sungai ini menjadikan perpaduan menarik untuk objek berfoto ria teman traveler yang instagramable.

Leuwi Liyet

Via IG @aridyprasetya

Grand Canyon yang satu ini berada di Sentul, Bogor. Keunikan tempat ini adalah memiliki tebing batu yang eksotis berbentuk huruf U dan tidak terlalu tinggi sehingga sering menjadi ajang lompat indah bagi wisatawan yang berkunjung. Sensasi teduh dan sejuk yang ditawarkan tempat ini membuat betah berlama-lama disini.

Untuk mencapai tempat ini kamu harus menyiapkan tenaga dan stamina yang prima karena jalurnya cukup terjal dan menguras tenaga. Dari cerita beberapa pengunjung, ada oknum-oknum yang terkadang menghadang pengunjung, dengan alasan pelancong harus membayar tiket masuk, padahal belum ada tiketnya. Namun terlepas dari itu tempat ini sangat indah dan instagramable banget.

Nah itu 5 “Grand Canyon” di Indonesia yang enggak kalah indah dari yang asli. Next

ramadan
Sungai Maron

Sungai Maron, Amazonnya Indonesia di Pacitan

Kisah Perjalanan dari Sleman Menuju Puncak Merbabu via Selo