in ,

5 Tips Memilih Operator Trip Terpercaya, Penting Agar Tidak Tertipu

Di media sosial beberapa saat lalu sempat ramai diberitakan tentang penipuan yang dilakukan oleh oknum operator trip ke Gunung Rinjani. Kabarnya, dalam penipuan yang dilakukan sekitar 70 orang terlantar saat pendakian. Ini tentu saja mencoreng citra di antara operator trip lainnya.

Baca juga : Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, Menciptakan Destinasi Berkelas Dunia

Sebagai calon wisatawan, ini tentu membuat kamu harus lebih berhati-hati lagi. Jangan sampai kamu memilih operator trip yang keliru dan menjadi repot serta mengalami kerugian saat liburan. Oleh karena itu, ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu terapkan dalam memilih operator trip seperti berikut ini:

Cek legalitas

Operator trip biasanya bisa ditemukan mulai dari rekomendasi teman, melihat iklan para travel influencer atau mencari sendiri melalui media sosial dan lain sebagainya. Dalam pencarian ini tentu sangat dianjurkan jika operator trip yang kamu pilih sebaiknya sudah memiliki legalitas untuk perusahaannya. Salah satu caranya adalah dengan mengecek apakah tujuan pembayaran ditujukan untuk rekening perusahaan atau tidak.

Rekomendasi dan referensi

Selain rekomendasi teman atau sesama wisatawan dalam komunitas, melihat referensi dari testimoni pengguna jasa atau produk sebelumnya juga tak kalah penting. Kamu bisa mengetahui apakah pelayanan operator trip ini memuaskan dan sesuai yang ditawarkan atau tidak. Selain itu, hal ini juga menjadi tolok ukur apakah operator trip ini benar-benar menyediakan apa yang kamu butuhkan.

Cari media sosialnya

Selain melihat lewat mesin pencarian, kamu juga bisa mencari akun media sosial mereka. Sebab jaman sekarang ini hampir semua penyedia jasa atau produk memiliki akun media sosial agar mudah ditemukan dan berinteraksi dengan calon pengguna jasa. Mulai dari akun Facebook, Instagram sampai Youtube dan Tiktok deh perlu kamu telusuri.

Punya sertifikat

Jangan hanya tergiur karena testimoni yang ada, tapi perhatikan juga apakah operator tripmu sudah memiliki sertifikat yang berkaitan. Adanya sertifikat ini juga akan membuatmu merasa aman selama perjalanan. Sebab mereka sudah diakui di bidangnya sehingga keamananmu terjamin.

Harga murah

Justru sebaiknya kamu jangan langsung tergoda jika harga yang diberikan cukup murah atau bahkan di bawah rata-rata. Sebab ini adalah trik yang paling sering digunakan untuk menarik banyak pelanggan. Boleh saja memang mencari harga yang terjangkau, tapi tetap pastikan faktor-faktor lain saat pengecekan ya.

Selain tips di atas, ada juga beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan. Misalnya, cek apa saja isi paket yang disediakan, atau dengan menilai apakah operator trip ini melayani secara cepat atau tidak. Next

ramadan
FI Kuliner Soto di Jogja

Soto Pak Dalbe, Kuliner Jogja dengan Rasa yang Rempah Banget

Kampung Pelangi Sontoh Laut Surabaya, Kian Menghiasi Akhir Pekan