in , , ,

6 Jalan Berkelok dan Menikung yang Wajib Diketahui Riders, Ada Spot Berfoto

Ada yang buat spot foto juga

Jalan berkelok dan menikung
jalan 5

Teman Traveler yang suka naik motor pasti sering banget menemukan jalan di kawasan pegunungan yang berkelok-kelok bahkan menukik tajam. Seringkali jalan tersebut tidak memiliki lampu penerangan yang cukup hingga mengakibatkan rawan kecelakaan apabila melakukan perjalanan  malam hari. Namun, tahukah jika jalan berkelok dan menikung ini punya kenampakan yang sangat indah jika dilihat keseluruhan dari atas. Jalan apa saja ya?

Baca juga : 4 Rekomendasi Pempek Lezat di Kota Malang

1. Jalan Tembus Tawangmangu-Sairangan

Ilustrasi via ig/@kotasala

Jalur tembusan dimulai dari gerbang Wisata Tawangmangu di Kabupaten Karanganyar. Beberapa jalurnya agak sempit dengan tanjakan yang curan dan panjang. Sementara bagian yang dekat dengan Cemoro Kandang lebih lebar dengan tanjakan yang landai. Teman Traveler akan menemukan pemandangan indah dari Gunung Lawu yang indah saat siang hari. Ada pula terasering persawahan, dan beberapa pemukiman warga yang tertata rapi.

2. Tikungan Strawberry Magetan

Ilustrasi via ig/@beritamagetan

Disebut tikungan strawberry karena bentuk berkeloknya menyerupai strawberry. Tidak ada tanjakan disini, hanya kelokan yang beraturan dengan pemandangan area sawh dan hutan. Beberapa pemukiman warga juga tersebar tidak merata. Berhati-hati saat melewati tikungan yang dekat dengan terasering curam. Tikungan ini berada di kawasan wisata Magetan.

3. Tikungan Ledok Pacet

Ilustrasi via ig/@jokam.id

Pacet, daerah pegunungan yang dingin, menghubungkan antara Batu dan Mojokerto ini dikenal dengan tikungannya yang menikuk tajam. Bukan hanya menikuk, bagian tersebut juga agak tinggi sehingga membutuhkan cara mengendarai yang lihai saat akan menanjak bagian tersebut. Ada bagian kawasan yang berada di area hutan dan jarang sekali terkena matahari. Namun, di tikungan pacet teman traveler akan menemui banyak monyet liar dan juga pemandangan pegunungan yang segar.

4. Tikungan Malimbu Lombok

ilustrasi via ig/@justdewa_

Disebut tikungan legend yang jadi spot foto milineal. Tepat berada di area pantai, Tikungan Malimbu menyajikan panorama pantai biru di kawasan Malimbu, Lombok. Meskipun tikungan ini cukup menikuk, banyak pengendara yang lewat dengan kecepatan lambat sambil menikmati indahnya panorama alam disini.

5. Kelok 9 Payakumbuh Sumbar

Ilustrasi via ig/@gadihbujang_pyk

Berada di tengah kawasan perhutanan, kelok 9 payakumbuh memiliki ruas jalan dengan panjang 2,7 km. Tikungannya tajam dan lebar serta berbatasan langsung dengan jurang. Tikungan yang diapit dua perbukitan di antara dua cagar ala mini menyajikan pemadangan hijau yang segar. Saat malam, pemandangan lampu dan kelokan justru nampak cantik. Namun, tetap harus waspada karena kelok 9 berada di jembatan layang dengan ketinggian mencapai 58 meter.

6. Kelok 44 Maninjau

Ilustrasi via ig/@doolanyuk

Kelok 44 berada di area perbukitan di atas Danau Maninjau, Sumatra Barat. Disebut 44 karena terdapat 44 belokan yang diberi nomor berurut. Tikungannya cukup tajam sehingga para wisatawan harus menggunakan kecepatan lambat. Namun, tak perlu khawatir bosan, di kelok 44 Teman Traveler akan terpesona dengan pemandangan persawahan yang berbentuk terasering, pancuran-pancuran air dari sungai yang bertingkat, serta penampakan hijaunya Bukit Barisan. Bahkan, kelok 44 jadi favorit para bikers karena kelokannya yang menyerupai area balap.

Masih banyak jalan berkelok dan menikung yang ada di Indonesia. Namun, beberapa tikungan tersebut cukup terkenal dengan keindahan panoramanya. Teman Traveler yang ingin melewati area tersebut harus sangat waspada ya. Next

ramadan

Written by dessy humairoh

Ibu rumah tangga yang hobi menulis dan bercerita. Menghabiskan waktu dengan anak sambil tetap produktif mengasah otak adalah hal yang menantang.

fi kuliner mie di jakarta

4 Lokasi Kuliner Mie di Jakarta, Ada Bakmi Ayam Oven

wunung GSK Jogja

Susur Sungai hingga Bercocok Tanam di “Wunung GSK” Jogja