in , , , ,

6 Kuliner Khas di Lumajang, Ada Pecel yang Antimainstream!

Kuliner Khas Lumajang yang Unik dan Enak serta Patut Dicoba Teman Traveler

Keripik Pisang Agung Lumajang
Keripik Pisang Agung Lumajang

Siapa yang tak kenal dengan Lumajang? Kawasan yang satu ini terkenal dengan berbagai tempat wisatanya yang diincar oleh berbagai wisatawan. Selain itu, ternyata Lumajang juga punya berbagai kuliner khas, Teman Traveler. Yuk simak ulasan berikut ini.

Baca juga : Empat Kafe Jamu di Jakarta, Nongkrong Sehat Jadi Tren Terbaru

1. Pecel Telo

Pecel Telo via Qupas

Salah satu kuliner khas Lumajang yang unik adalah Pecel Telo. Makanan ini sudah menjadi makanan populer dan ternyata keberadaannya sudah lama ada. Pecel Telo Lumajang ini terbuat dari sayur-mayur seperti jantung pisang, semanggi, genjer, kacang panjang, dan kecambah. Sesuatu yang menjadikan makanan ini unik adalah bumbunya yang terbuat dari ubi jalar, sedangkan pada pecel lain bumbunya terbuat dari kacang. Makanan yang satu ini patut dicoba Teman Traveler.

Pecel Telo via Cookpad

2. Lontong Petis

Lontong Petis via Azzamaviero

Makanan ini juga merupakan kuliner khasnya Lumajang yang terbuat dari potongan ketupat, tahu, sayuran dan petis sebagai bumbunya. Makanan ini hampir mirip dengan tahu tek, Teman Traveler. Ketika dimakan, Lontong Petis Lumajang ini terasa nikmat karena bumbunya yang sedap dan adanya suwiran ayam tipis-tipis.

Lontong Petis via Putra Travel

Sajian lontong ini sering dijumpai saat Lebaran di rumah warga. Lontong ini disajikan dengan daging ayam, tahu dan tentunya petis yang sudah lebih dahulu diolah menjadi lebih sedap. Di beberapa depot khusus lontong, makanan ini bisa ditemui, meski tidak mudah, karena orang cenderung membuatnya saat Lebaran datang.

3. Bledus

Bledus via Tribunnews

Salah satu makanan yang bikin susah move on di Lumajang, yakni Bledus. Terbuat dari bahan dasar jagung pipil kering yang direndam lalu direbus, makanan ini diburu wisatawan. Taburan kelapa parut diatas bledus, membuat rasa menjadi gurih dan unik. Kuliner ini bisa ditemui di Lumajang. Jagung pipil kering ini terasa lembut karena waktu rebusnya lama. Warnanya juga cerah dan menarik, Teman Traveler.

Bledus via Foodnesia

4. Kue Latok

Kue Latok via Budaya Indonesia

Kue Latok ini mirip dengan kue cenil. Namun bedanya, latok dikukus, sementara cenil direbus. Kenyalnya kue ditambah dengan siraman gula merah, membuat siapapun jadi ketagihan. Kue ini cukup mudah ditemui, khususnya di pasar-pasar tradisional Lumajang.

Kue Latok via Cookpad

Asli dari Lumajang, warna kue ini menarik karena berwarna hijau dan merah. Disajikan dengan taburan kelapa parut yang melimpah, kue ini menjadi favorit di kota asalnya, Teman Traveler.

5. Kue Lupis

Kue Lupis via Tribunnews

Lupis mungkin banyak ditemui di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, tapi Teman Traveler patut mencoba lupis langsung dari kota asalnya. Terbuat dari ketan atau terigu, disajikan dengan gula merah serta parutan kelapa membuatnya menjadi makin lezat.

Kue Lupis via IDN Times

6. Keripik Pisang Agung

Keripik Pisang Agung via Keripik Pisang Pasru Jambe

Lumajang terkenal sebagai Kota Pisang. Tentunya Pisang Agung menjadi khasnya. Pisang ini berukuran sangat besar dengan rasa yang enak. Cocok juga untuk dijadikan keripik. Rasa keripik pisang agung khas di Lumajang, karena lebih gurih dan tahan lama. Keripik ini bisa didapatkan di berbagai tempat, seperti di Lumajangstore dengan Keripik Mahameru yang diolah dengan berbagai varian rasa. Lalu juga ada di toko oleh-oleh Jati Arum dan Kembang Jaya Lumajang.

Keripik Pisang Agung via Foodnesia

Teman Traveler juga bisa membawanya sebagai oleh-oleh. Selain gurih dan renyah, harganya pun murah. Dijamin beda rasanya dengan keripik pisang lainnya.

Itulah 6 kuliner khas Lumajang yang patut dicoba oleh Teman Traveler. Sangat unik dan tertarik untuk mencicipinya bukan? Selamat berwisata kuliner di Lumajang, Teman Traveler!

Next

ramadan

Xing Fu Tang, Antre 2 Jam Untuk Sruput Boba Fenomenal Asal Taiwan

Serunya Jelajah Pecinan Glodok, Pas Temani Libur Imlekmu