in , ,

7 Kampung Arab yang Ada di Indonesia, Wajib Dikunjungi Saat Ramadhan

Ramadhan tiba, Ramadhan tiba.. Tahun ini sepertinya Ramadhan akan sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pandemi yang diisyaratkan sedang membaik, mungkin membuka peluang umat Islam yang menjalani puasa kembali merasakan momen-momen khas Ramadhan. Misalnya, ngabuburit di tempat wisata seperti kampung Arab.

Baca juga : Ramaikan Pemilu 2019, Pemilik Nama Mirip Presiden Dapat Makan Gratis di Ancol!

Tahu tidak Teman Traveler, di Indonesia ada berapa sih kota yang memiliki kampung Arab? Nih untuk kamu yang penasaran, kita simak daftarnya ya.

Kampung Arab Pekalongan

Foto via Instagram @discover.pekalongan

Temukan peninggalan orang Arab seperti bangunan dengan arsitektur Timur Tengah hingga masjid wakaf di Kampung Arab Pekalongan. Kawasan ini sering dikunjungi sebagai wisata sejarah dan religi juga loh. Biasanya ada event buka bersama untuk umum.

Kampung Arab di Kota Malang

Foto via Instagram @vazarkasi

Kawasan ini lebih dikenal sebagai Embong Arab, di mana masyarakat keturunan Arab banyak tinggal di sini. Lokasi tepatnya ada di jalan Syarif Alqodri. Apa yang bisa ditemukan dis ini? Rumah Makan Cairo, toko perlengkapan ibadah, toko oleh-oleh atau masakan Arab, parfum khas, hingga toko kurma.

Kampung Arab di Surabaya

Foto via Instagram @nonameaja35

Kampung Arab di kota Pahlawan ini berpusat di kawasan wisata religi Sunan Ampel. Meski berisi kampung-kampung sempit yang dihuni etnis Arab, kawasan wisata ini sangat kuat akan aroma Timur Tengahnya. Tak cuma pernak-pernik, di sini juga banyak tempat makan yang meyediakan olahan khas Timur Tengah. Beli oleh-oleh di tempat ini dijamin kalap.

Kampung Arab di Puncak Bogor

Foto via Akumassa

Wilayah yang kini sangat kental suasana Arabnya ini, dulunya bernama Kampung Sampay dan Warung Kaleng. Dulu kampung ini justru bernuansa China loh. Awalnya hanya sering jadi destinasi orang Timur Tengah, kemudian makin banyak orang Arab yang tinggal di sini. Hingga kini masih ditemukan tempat-tempat dengan plang bahasa Arab di sini.

Kampung Pekojan di Jakarta

Foto via Instagram @huans.ikiaku

Masih termasuk kawasan Kota Tua Jakarta, Kampung Pekojan bisa jadi destinasi yang didatangi jika kamu mencari kampung Arab. Nama kampung ini diambil dari kata Khoja atau Kaja, daerah di India dengan penduduk muslim. Ternyata, dulu kawasan ini memang dihuni oleh Muslim Koja dari Bengali.

Kampung Arab Al Munawar di Palembang

Foto via Instagram @palembangkulukilir

Tidak jauh dari Jembatan Ampera, kamu dapat temukan kampung dengan nuansa Arab. Jika ingin datang kesini, pastikan kamu berpakaian sopan ya. Di waktu-waktu khusus seperti Ramadhan atau tahun baru Islam, di kampung ini selalu ada pertunjukan kesenian gambus.

Kampung Arab di Manado

Foto via Instagram @benq2_mrdjabssy

Kampung ini menjadi salah satu saksi awal berkembangnya Islam di Manado. Kala itu, saudagar dan ulama dari Yaman datang ke Manado untuk dakwah dan dagang. Di kampung ini ada Masjid Istiqlal juga loh, yang jadi pusat aktivitas muslim di sini.

Itu dia beberapa kampung Arab yang ada di Indonesia. Menjelang Ramadhan begini, tentu akan ada banyak kegiatan istimewa di kampung-kampung ini. Well, semoga Teman Traveler yang menunaikan ibadah puasa bisa dipertemukan kembali dengan bulan suci ini ya. Next

ramadan

Taman Carambola, Wahana Edukasi di Pare yang Penuh dengan Bunga Matahari nan Instagenic

Yuk Jelajahi 7 Destinasi Wisata Religi Banten