in ,

Catat! 10 Agenda Wisata di Indonesia Pada Bulan Februari

Festival Bau Nyale 2016, via instagram

Banyak agenda wisata yang sudah disiapkan di berbagai daerah di penjuru nusantara pada bulan Februari ini. Untuk itu, sangat sayang jika kamu melewatkan acara-acara yang bakal seru ini. Mulai dari Solo Great Sale hingga agenda Cap Go Meh paling meriah yang bakal diselenggarakan lagi di Singkawang.

Baca juga : Ngedate di Kota Kembang, Ini Rekomendasi Restoran Romantis di Bandung

Bingung mau liburan ke mana bulan Februari ini? Jangan sedih, karena Travelingyuk akan memberikanmu referensi liburan ke acara-acara seru di berbagai pelosok negeri. Daerah-daerah mana saja yang punya agenda wisata keren di bulan ini? Simak terus ulasan Travelingyuk berikut ini. Catat jangan sampai terlewat!

1. Festival Bau Nyale 2016

Catat, tanggal 28 Februari akan ada perayaan Festival Bau Nyale 2016 yang mengambil tempat di salah satu pantai di Mandalika yaitu Pantai Seger Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Bau Nyale adalah tradisi menangkap nyale atau cacing laut yang dilakukan oleh penduduk Lombok yang berdomisili di bagian selatan, khususnya penganut Wetu Telu.

Festival Bau Nyale 2016, via instagram
Festival Bau Nyale 2016, via instagram

Tentu saja di samping acara menangkap cacing laut, akan ada acara lainnya yang sangat seru yaitu pagelaran drama kolosal yang menceritakan perjalanan Putri Mandalika. Pantai Seger menjadi tempat penyelenggaraan acara ini setiap tahunnya. Ini karena menurut legenda di pantai inilah Putri Mandalika menceburkan diri ke laut.

2. Solo Great Sale 2016

Solo Great Sale 2016 hadir dalam rangka memperingati hari jadi Kota Surakarta yang ke-271. Rangkaian acara ini akan berlangsung sejak tanggal 1 hingga 29 Februari 2016. So, buat traveler yang hobi berbelanja, arahkan tujuan travelingmu bulan ini ke kota Solo, karena dijamin akan ada banyak diskon yang menarik di pusat-pusat perbelanjaan di kota ini.

Solo Great Sale 2016, via instagram
Solo Great Sale 2016, via instagram

Seperti dilansir Travelingyuk dari situs resmi pariwisata Indonesia. Dalam Solo Great Sale 2016 yang juga menjadi rangkaian acara pesta ulang tahun kota Solo diselenggarakan pula beragam jenis acara seru yang sayang kamu lewatkan. Beberapa acara yang bisa diikuti oleh traveler antara lain, Grebeg Sudiro (31 Januari-8 Februari) di kawasan Pasar Gede, Solo Imlek Festival (1-7 Februari) di Benteng Vastenburg, Pemecahan Rekor MURI menulis kaligrafi Cina 500 M (7/2) di Solo Paragon Mall, Pesta Kembang Api dan Lampion Terbang (7 Februari) di Balaikota Surakarta, Senam Masal HUT PHRI (14 Februari) di CFD Ngarsopuro, dan masih banyak yang lainnya.

3. Festival Jenang 2016 di Solo

Masih dalam rangka menyambut hari jadi kota Solo yang ke-271. Akan ada Festival Jenang 2016 yang diadakan untuk kali keempat. Acara ini direncanakan berlangsung dari tanggal 14-17 Februari 2016. Acara ini mengambil tempat di Koridor Budaya Ngarsopuro Solo dan Pamedan Mangkunegaran Solo.

Festival Jenang 2016 di Solo, via instagram
Festival Jenang 2016 di Solo, via instagram

Dilansir Travelingyuk dari situs pariwisata Indonesia, selama empat hari perayaan akan diselenggarakan acara-acara seperti berikut:
1. Pembagian 20.000 jenang gratis kepada masyarakat dan pengunjung Festival Jenang Solo
2. Jelajah sejarah jenang, dengan jalan sehat mengunjungi tempat pembuatan jenang
3. Masak jenang dengan ukuran yang besar
4. Seminar dan workshop pembuatan jenang
5. Pameran foto jumbo festival jenang 2012-2015
6. Lomba jenang tradisi dan kontemporer
7. Lomba dan pameran foto acara Festival Jenang 2016
8. Produksi jenang lintas agama “Adhang Agung” di Gedong Putih, di 51 kelurahan, 5 kecamatan dan di berbagai komunitas di Solo
9. Pagelaran seni dan budaya Solo
10. Pembukaan 100 stand jenang dengan menyajikan dan membagikan lebih dari 20.000 jenang tradisi secara gratis kepada seluruh pengunjung yang hadir
11. Bazar berbagai jenang untuk buah tangan dan bazar merchandise Festival Jenang Solo 2016
12. Penerbitan table book Festival Jenang Solo 2016

4. Imlek Fair di Pematangsiantar

Traveler yang masih bingung mau liburan ke mana di awal pekan bulan Februari ini, datang saja ke Pematangsiantar, Sumatera Utara. Bertempat di Kelurahan Dwikora, Kecamatan Siantar Barat telah diselenggarakan Imlek Fair sejak tanggal 1 kemarin hingga 6 Februari 2016. Acara yang digagas oleh Bankom Bhayangkara Polres Pematangsiantar ini bertujuan untuk menggali potensi budaya Tionghoa yang telah lama berkembang di kota tersebut.

Imlek Fair di Pematangsiantar, via instagram
Imlek Fair di Pematangsiantar, via instagram

Selain pesta lampion, dalam acara puncak Imlek Fair yang berlangsung pada tanggal 8 Februari akan diadakan pagelaran barongsai. Tertarik bergabung dalam Imlek Fair, datang saja ke Kota Pematangsiantar. Kalau dari Medan, kamu harus menempuh jarak 128 kilometer. Kota ini cukup terkenal, karena menjadi jalur perlintasan bagi wisatawan yang ingin pergi ke Danau Toba.

5. Gebyar Budaya Garut 2016

Mulai pertengahan bulan Februari hingga akhir adalah saat terbaik untuk liburan ke Garut. Pasalnya kabupaten ini akan merayakan hari jadinya yang ke-203, sehingga bakal ada perayaan besar di sana yang bertajuk Gebyar Budaya Garut 2016. Pusat acara ini akan mengambil tempat di Alun-Alun dan Pendopo Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Sedianya rangkaian acara ini akan berlangsung mulai tanggal 14-28 Februari 2016.

Gebyar Budaya Garut 2016, via instagram
Gebyar Budaya Garut 2016, via instagram

Rangkaian acara yang akan dilaksanakan pada rentang waktu tersebut antara lain, napak tilas berkuda dari Limbangan menuju ke Garut Kota, pameran pembangunan, gelaran budaya Garut dan ASEAN, Festival dan Pasanggiri Seni Budaya, Parade Garut Intan Carnival, hingga malam puncak di tanggal 27 Februari 2016 yang akan menampilkan pentas seni dan budaya.

6. Festival Pulau Penyengat

Tahun ini pemerintah berencana mengembangkan satu kawasan di Tanjungpinang untuk menjadi salah satu destinasi wisata andalan yaitu Pulau Penyengat. Untuk memuluskan rencana tersebut, maka dibuatkan berbagai agenda promosi yang salah satunya akan dilaksanakan pada bulan Februari ini. Adalah Festival Pulau Penyengat, sebuah agenda wisata dan promosi yang diselenggarakan mulai tanggal 20-24 Februari 2016.

Festival Pulau Penyengat, via instagram
Festival Pulau Penyengat, via instagram

Festival ini sedianya akan berlangsung di tiga tempat di Pulau Penyengat. Masing-masing adalah Balai Adat, Balai Desa, dan Kampung Bulang. Dalam acara ini, bukan hanya ditampilkan aneka kesenian dengan muatan budaya khas Melayu saja, namun juga ada lomba perahu layar. Acara pendukung lainnya yang melengkapi Festival Pulau Penyengat adalah lomba fotografi, kuliner, fashion show busana Melayu, dan cerita rakyat. Tak ketinggalan pula akan ada penampilan membaca Gurindam 12, baca puisi, cerdas cermat pantun, penyajian sejarah dan masih banyak lagi.

7. Tabalong Ethnic Festival 2016

Pada tanggal 15-21 Februari 2016, jika kamu punya rencana liburan di kawasan Kalimantan Selatan jangan lupa mampir ke kabupaten Tabalong. Di sana akan diselenggarakan agenda wisata bertajuk Tabalong Ethnic Festival 2016 yang akan menampilkan harmoni budaya Banjar dan Dayak yang menarik untuk disaksikan.

Tabalong Ethnic Festival 2016, via instagram
Tabalong Ethnic Festival 2016, via instagram

Dalam acara tersebut, para wisatawan dapat menyaksikan berbagai pertunjukan budaya, Voice of Borneo, Ethnic Carnaval, Sasirangan Fashion Show, Traditional Martial Art, Traditional Game Workshop, Karasmin Music Festival, Panting Music Festival dan Tourism Expo. Ini adalah gelaran acara serupa yang kelima kalinya. Ethnic Carnaval adalah salah satu rangkaian acara yang paling ditunggu-tunggu. Layaknya Jember Fashion Carnival, acara tersebut juga menampilkan fashion berbasis budaya.

8. Cap Go Meh di Singkawang

Sudah sejak lama jika perayaan cap Go Meh di Singkawang adalah yang paling meriah di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Tahun ini acara serupa kembali digelar yang akan mengambil waktu pada 22 Februari 2015. Jadi catat dulu di agendamu untuk pergi liburan ke Kota Seribu Kelenteng ini pada tanggal tersebut.

Cap Go Meh di Singkawang, via instagram
Cap Go Meh di Singkawang, via instagram

Cap Go Meh adalah perayaan yang diselenggarakan pada 15 hari pasca perayaan Imlek setiap tahunnya. Perayaan cap Go Meh ini akan dimeriahkan dengan pertunjukan barongsai, ular naga, choi lam shin atau keranjang jelangkung dan yang paling istimewa adalah atraksi tatung. Atraksi tatung ini yang paling ditunggu-tunggu, di mana peserta akan dirasuki roh leluhur dan menunjukkan aksi ekstrim berupa menusuk pipinya dengan jeruji tajam, serta mempertunjukkan aksi kebal senjata tajam lainnya layaknya debus.

9. Lawu Trail Run 2016

Buat traveler pecinta olahraga ekstrim dan petualangan, bisa bergabung dalam acara Lawu Trail Run 2016 yang akan diselenggarakan pada tanggal 21 Februari 2016. Lokasi acara ini berada di Tahura KGPAA Mangkunegoro I Ngargoyoso, Dusun Sukuh, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah.

Lawu Trail Run 2016, via instagram
Lawu Trail Run 2016, via instagram

Ini adalah kompetisi yang dibuka untuk umum dari mahasiswa hingga pelari profesional. Rencananya rute lari ini akan menempuh jarak 12 hingga 21 kilometer, yang terbagi dalam kategori putra dan putri. Treknya berupa jalan perbukitan, dengan medan yang menantang dan panorama Gunung Lawu sebagai bonusnya. Biaya pendaftaran lomba ini adalah Rp. 150 ribu per orang. Informasi lebih lengkap kamu bisa mengunjungi laman http://lawurun.com/.

10. Hari Raya Galungan dan Kuningan

Saksikan sakralnya umat Hindu Bali merayakan Hari Raya Galungan dan Hari Raya Kuningan, yang masing-masing akan jatuh pada tanggal 10 Februari dan 20 Februari 2016. Pada Hari Raya Galungan, warga Hindu Bali akan memperingati terciptanya alam semesta beserta isinya, serta kemenangan dharma melawan adharma di mana saat itu mereka melakukan persembahan ke hadapan Sang Hyang Widi dan Dewa/Bhatara sebagai tanda puji syukur atas rahmat serta kesehatan.

Hari Raya Galungan dan Kuningan, via instagram
Hari Raya Galungan dan Kuningan, via instagram

Pada tanggal 20 Februari, dilanjutkan dengan memperingati Hari Kuningan yang menandai kembalinya dewa dan leluhur ke alam mereka sendiri. Sedangkan antara tanggal 10-20 Februari, hampir di seluruh tanah Bali akan dihiasi berbagai macam dekorasi sekaligus kegiatan keagamaan Hindu Bali.

Itu tadi berbagai agenda wisata di bulan Februari yang bisa jadi referensi untuk liburanmu nanti. Sudah memutuskan untuk bergabung di salah satu acara tersebut? Semoga liburanmu menyenangkan! Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Eco-Luxury Bungalow, Bali dan 5 Akomodasi Terbaik di Dunia Untuk Me-Recharge Energi

5 Ketakutan Umum yang Dapat Hancurkan Impian Anda Menjadi Seorang Traveler Solo