in , , , , ,

Budget Minim Liburan Maksimal di Agrowisata Rancabali Bandung

Rehatkan Badan dan Pikiran di Agrowisata Rancabali Bandung yang Menawan

Agrowisata Rancabali Bandung (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk
Agrowisata Rancabali Bandung (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Mengajak keluarga atau sanak saudara berlibur adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan. Bukan hanya menjaga tali silaturahmi, tapi bisa mempererat hubungan kekeluargaan agar selalu tampil kompak, apa lagi di era digital dimana hubungan sosial antar keluarga menurun karena orang lebih cendrung sibuk dengan gadget masing-masing, walau gadget memiliki banyak manfaat di era modern tapi secara tidak langsung telah menjadi pemisah real communication antar sosial.

Baca juga : Bermodal 20 Ribu, Ini Jajanan Tradisional Pasar Kranggan Jogja yang Bisa Dicicip

Tapi pernah gak sih saat merencanakan suatu rencana untuk berlibur bersama keluarga malah bingung mau pergi kemana? Tentunya hal itu sering terjadi, apalagi mempertimbangan jarak dan budget yang sesuai dengan kondisi keuangannya. Liburan ke tempat ini tidak memerlukan budget yang besar. Kemana? Yuk simak ulasannya.

Agrowisata Rancabali

Perkebunana Rancabali Ciwidey Bandung (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk
Perkebunana Rancabali Ciwidey Bandung (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk
Dari namanya saja sudah jelas yah, Agrowisata adalah aktivitas wisata yang melibatkan penggunaan lahan pertanian atau perkebunan yang telah dikombinasikan menjadi tempat destinasi menarik untuk berwisata. Bukan sekedar berwisata biasa ya, tapi bisa lebih mendekatkan diri pada alam atau pada sumber yang sering Teman Traveler gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Agrowista Rancabali terletak di kawasan Perkebunan Teh Rancabali, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung sekitar 50 km dari Kota Bandung. Perkebunan ini berada di bawah pengelolaan PT Perkebunan Nusantara (PTPN). Kalau mengenai luas perkebunan Ranacabali ini, jangan di tanya karena hamparan perkebunan ini akan langsung menjawab pertanyaan tersebut.

Transportasi dan Akses

View Alam Disekitar Penginapan (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk 
View Alam Disekitar Penginapan (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk 
Bagi wisatawan asal Bandung pasti sudah tidak bingung lagi untuk mendatangi lokasi Perkebunan Rancabali ini, namun bagaimana dengan wisatawan dari luar kota? Tentunya akan bingung, apa lagi jika belum pernah mengunjungi tempat ini. Wisatawan cendrung menggunakan kendaraan pribadi apa lagi bersama dengan keluarga. Transportasi ini dipilih karena lebih hemat ketimbang menggunakan angkutan umum. Next

Jika berencana menggunakan angkutan umum, Teman Traveler bisa turun di Terminal Leuwi Panjang kemudian naik angkutan colt warna putih yang menuju terminal besar pasar Cibeureum Ciwidey dengan tarif sekitar Rp20.000, tapi angkutan ini jarang tersedia. Dari Pasar Cibeureum ke lokasi perkebunan masih cukup jauh yakni sekitar 25 km dan biasanya angkutan dari Pasar Cibeureum ke perkebunan jarang narik penumpang kecuali carteran dengan tarif sekitar Rp350.000 hingga Rp400.000, tergantung skill tawar menawar Teman Traveler.

Aktivitas dan Fasilitas

Villa Kidang Kencana Rancabali (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk
Villa Kidang Kencana Rancabali (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Fasilitas yang ditawarkan di perkebunan Rancabali sangat banyak, salah satunya adalah villa yang terletak di area perkebunan. Tarifnya bervariasi mulai dari harga Rp500.000 sampai Rp2.000.000 tergantung tipe villa yang akan disewa dan bisa di isi sampai 25 orang loh! Letak villa di area perkebunan dan tingginya sekitar 1.628Mdpl ini membuat udara di sini sangat dingin, suhu nya bisa mencapai sekitar 18 derajat celcius, jadi harus membawa selimut atau jaket tebal ya Teman Traveler.

Kolam Renang yang Berada di Depan Villa (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk
Kolam Renang yang Berada di Depan Villa (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk
Banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan selama berlibur di sini, selain mendaki perkebunan teh dengan view hijau yang menyegarkan mata, Teman Traveler bisa mengunjungi pabrik teh, atau bermain FTV, wisata ilmiah juga sudah tersedia di sini, dan yang lebih seru lagi yaitu berenang di kolam yang terdapat di depan villa. Jangan takut masuk angin karena kolam renang ini airnya hangat jadi bisa berlama-lama berendam bersama keluarga dan anak tercinta.

Daya Tarik

Perkebunan Teh Rancabali (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk
Perkebunan Teh Rancabali (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Alam dengan panorama berwarna hijau tentunya sehat bagi rohani serta jasmani Teman Traveler, ditambah dengan udara sejuk bisa menjadi terapi yang baik bagi paru-paru. Agrowisata Rancabali ini menjadi daya tarik serta pilihan bijak untuk berlibur bersama keluarga atau sanak saudara. Kalau sedang berunung, Teman Traveler bisa menikmati kebun bunga yang sedang bermekaran di sekitar villa.

Kebun Bunga Disekitar Villa (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk
Kebun Bunga Disekitar Villa (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk
Daya tarik lain yang di tawarkan perkebunan Rancabali Ciwidey ini adalah banyaknya lokasi wisata yang saling berdekatan, seperti Situ Patenggang, Kawah Rengganis, Kawah Putih dan masih banyak lagi yang lainnya. Jangan heran yang kalau jalan menuju ke sini biasanya suka padat alias macet, apa lagi kalo menjelang hari libur national. Bagi penduduk sekitar, pemandangan tersebut sudah wajar dan biasa, apalagi di tempat wisata yang menyegarkan ini.

Udara Dingin Saat Pagi (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk
Udara Dingin Saat Pagi (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk
Jangan bingun lagi untuk mencari tempat liburan seru dan menyehatkan ya. Atur jadwal dan tanggal Teman Traveler untuk berlibur bersama keluarga tercintanya ke sini. Selamat berlibur!
ramadan

Air Terjun Kembang Soka, Permata Tersembunyi Kulon Progo yang Menawan

Fish and Chips Malang, Harga Ekonomis Rasa Lezat Abis!