in , ,

Air Terjun Banyumala, Cara Lain Kagumi Pesona Pulau Dewata

Suasana Syahdu, Cocok untuk Menepi Sejenak dari Kebisingan Kota

Air Terjun Banyumala
Air Terjun Banyumala (c) Putu Rima/Travelingyuk

Bali selama ini identik dengan deretan pantai cantik. Namun tahukah Teman Traveler, masih ada banyak cara lho untuk menikmati pesona alam Pulau Dewata. Salah satunya dengan mengunjungi satu dari sekian banyak air terjun eksotis di Bali, seperti Banyumala. Penasaran? Yuk, simak ulasan lengkap soal Air Terjun Banyumala berikut ini.

Baca juga : Oleh-Oleh Khas Jember Wajib Diborong, Catat ya!

Melihat Pelangi

20200102_133717_q7c.jpg
Pemandangan di sekitar air terjun (c) Putu Rima/Travelingyuk

Banyumala merupakan air terjun yang memiliki daya tarik unik. Salah satunya adalah airnya yang begitu jernih, serta tanaman cacar air dan lumut. Kehadiran dua vegetasi tersebut seolah-olah membagi destinasi ini menjadi beberapa bagian. Jika beruntung, Teman Traveler juga bisa melihat pelangi yang tercipta dari percikan air di sekitar sini.

Tak hanya enak dipandang, destinasi ini juga sangat cocok untuk berenang. Arusnya tidak begitu deras, sementara di bagian muara Teman Traveler akan menemukan kolam dengan kedalaman antara 1,5-2 meter. Jika tak ingin berbasah-basah ria, kalian bisa duduk santai sambil menikmati pemandangan di tepi kolam.

Menuju Banyumala

20200102_115041_ui3.jpg
Aliran airnya seolah terbelah (c) Putu Rima/Travelingyuk

Banyumala terletak di Desa Wanagiri, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng, Bali. Secara geografis, air terjun ini berada di sisi utara Pulau Dewata. Jika Teman Traveler bertolak dari Denpasar dengan menumpang sepeda motor, bakal butuh waktu kurang lebih satu jam 45 menit sebelum sampai tujuan. Bisa molor hingga dua jam jika menggunakan mobil.

Namun demikian, perjalanan Teman Traveler dijamin takkan membosankan. Kalian bakal disuguhi deretan pepohonan hijau dan suasana sejuk khas Danau Beratan di Desa Candikuning. Kalian juga akan melewati Danau Buyan di Desa Pancasari.

Biaya dan Fasilitas

20200102_134428_Wx2.jpg
Pintu masuk menuju air terjun (c) Putu Rima/Travelingyuk

Untuk dapat menikmati keindahan Banyumala, Teman Traveler hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp20.000 dan biaya parkir Rp2.000 untuk sepeda motor. Kalian bakal mendapat sebotol air mineral dan akses menuju kamar mandi untuk berganti pakaian.

20200102_134519_XLS.jpg
Loket masuk (c) Putu Rima/Travelingyuk

Tak hanya berenang dan cuci mata, di sini Teman Traveler juga bisa puaskan hasrat berburu foto Instagenic. Kalian bisa langsung berpose dengan latar belakang air terjun, jembatan kayu, maupun jembatan merah. Hasilnya dijamin bakal keren deh.

Tips Berkunjung

20200102_133522_Zql.jpg
Spot foto di air terjun (c) Putu Rima/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang tertarik berkunjung, sebaiknya menumpang sepeda motor karena jalan menuju parkiran tidak terlalu lebar. Jika memilih menggunakan mobil, perjalanan bakal lebih lama karena kalian akan melewati kawasan wisata yang cukup ramai.

Selain itu, saat berkunjung siapkan juga fisik yang cukup. Pasalnya, trek menuju air terjun bakal cukup menguras tenaga. Selain itu, sebelum mampir sebaiknya perhatikan perkiraan cuaca terlebih dahulu. Kawasan Wanagiri memiliki intensitas hujan lumayan tinggi dibanding daerah lain di Bali.

Puas menjelajah Banyumala, Teman Traveler juga bisa lho mampir ke air terjun lain di sekitar Wanagiri. Mulai dari Air Terjun Gitgit, Aling-aling, dan masih banyak lagi. Semuanya sangat layak disambangi, terutama jika kalian ingin mencari suasana tenang dari hiruk-pikuk perkotaan dan menikmati suasana pegunungan.

Oh ya, selama berkunjung jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan objek wisata ya. Selamat liburan Teman Traveler! Next

ramadan

Merapi Lava Tour, Sarana Belajar Sejarah dan Mitigasi Bencana Terbaik di Jawa Tengah

Sajian di Seecul Coffee Bar

Seecul Coffee Bar, Kopi Jalanan Hits ala Sukabumi