in ,

Deretan Pesona Air Terjun di Grobogan, Mana yang Jadi Favoritmu?

Yuk, main basah-basahan di air terjun ini!

Wisata air terjun di Grobogan
Wisata air terjun di Grobogan

Terletak di Jawa Tengah dan beribu kota di Purwodadi, Kabupaten Grobogan selain memiliki kuliner yang mampu menggugah selera, kabupaten ini juga memiliki wisata alam yang patut dicoba. Nah, beberapa air terjun di Grobogan ini bisa Teman Traveler kunjungi jika ingin melepaskan penat sesaat. Ingin mencobanya? Simak artikel di bawah ini yuk!

Baca juga : Klappertaart Huize & Resto, Nikmatnya Dessert ala Belanda di Kota Hujan

Air Terjun Mbengkat

Air Terjun Mbengkat
Air Terjun Mbengkat via Instagram/wisatagrobogan

Air terjun satu ini patut banget untuk dikunjungi. Berada di Desa Taruman, Kecamatan Klambu, air terjun ini tidak pernah mengalami kekeringan di saat musim kemarau. Dengan aliran yang berasal dari hutan yang dikelola oleh Perhutani, Mbengkat memiliki tingkat kejernihan air yang baik.

Selain itu warga sekitar juga memiliki kepercayaan jika berkunjung ke tempat ini akan mendapatkan jodoh. Masih belum dikelola secara maksimal oleh pemerintah, di sini Teman Traveler tidak akan menemukan fasilitas berupa kamar mandi dan juga tempat sampah. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp2.000 untuk parkir kendaraan dan juga harus hati-hati karena jalur cukup curam dan terjal.

Air Terjun Nganyongan

Air Terjun Nganyongan
Air Terjun Nganyongan via Instagram/denandii

Air terjun di Grobogan selanjutnya adalah Nganyongan yang berlokasi di Desa Karangasem, Kecamatan Wonosari. Memiliki air yang jernih serta udara yang segar membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi saat akhir pekan.

Di sini juga telah tersedia beberapa fasilitas yang bisa digunakan seperti mushola, kamar mandi (MCK), area parkir yang luas, penginapan, dan lain-lain. Air terjun Nganyongan hanya berjarak sekitar 30 km dari kota Purwodadi dan 10 km dari Kecamatan Wonosari. Jangan lupa bawa kamera untuk berfoto-foto di sini ya!

Air Terjun Kinasih

Air Terjun Kinasih
Air Terjun Kinasih via Insstagram/wisatagrobogan

Salah satu air terjun yang juga tidak mengalami kekeringan saat musim kemarau adalah Air Terjun Kinasih atau yang lebih dikenal dengan Grojogan Kinasih. Tidak terlalu ramai oleh pengunjung, tempat yang beralamat di Jl. Salip Karangasem-Tegalrejo ini masih terasa alami. Pengunjung akan dimanjakan dengan banyaknya pepophonan hijau yang rindang.

Walaupun tahun lalu sempat hits di kalangan anak muda dan media sosial, tempat ini masih belum memiliki fasilitas yang memadai. Untuk menuju ke sini, diharapkan bagi Teman Traveler untuk menggunakan kendaraan pribadi karena tidak terlalu banyak kendaraan umum yang lewat tempat ini.

Watu Ondo

Air Terjun Watu Ondo
Air Terjun Watu Ondo via Instagram/jowansaarda9

Terkahir ada Air Terjun Watu Ondo yang berada di area hutan milik perhutani KPH Purwodadi, dan terletak persis di Dusun Linduk, Desa Lebak. Dalam bahasa Indonesia, Watu Ondo ini berarti batu yang berundak-undak.

Keunikannya adalah terletak pada aliran sungai yang berundak-undak seperti anak tangga dan memiliki cekungan dengan kedalaman 1,5 meter yang biasanya digunakan untuk berenang. Berada di Pegunungan Kendeng, pengunjung bisa merasakan kesejukan udara sekitar air terjun. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah ketika musim penghujan karena pada musim kemarau, aliran di Watu Ondo tidak terlihat.

Jika Teman Traveler suka basah-basahan, wajib banget nih untuk berwisata ke beberapa wisata air terjun yang ada di Grobogan Jawa Tengah. Bagaimana, Teman Traveler mau berkunjung ke yang mana dulu, nih? Next

ramadan

Perang Pandan, an Annual Thorny War in Bali

Pemandangan dari Pura Luhur Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu, Sajian Cantik Panorama Samudra Hindia