in

5 Air Terjun di Pulau Lombok, yang Sangat Indah

Mangku Sakti
Mangku Sakti

Siapa yang tidak tahu keindahan Pulau Lombok? Pulau kecil yang disebut Pulau Seribu Masjid dan memiliki pantai dengan pasir putih. Ditambah pemandangan alamnya juga begitu indah. Ada banyak pesona wisata menarik mulai dari alam, budaya, hingga keagamaan yang menunggu untuk kamu jelajahi. Contihnya seperti beberapa air terjun di Lombo berikut ini.

Baca juga : Mandapa Reserve, Resort Penuh Ketenangan di Puncak Surgawi Dunia: Ubud

1. Air Terjun Tiu Kelep

Tiu Kelep
Tiu Kelep via IG @ekoprnmo

Air terjun Tiu Kelep berlokasi di kaki Gunung Rinjani, Lombok. Pengunjung harus tracking sekitar 45 menit dari pintu masuk untuk sampai di air terjun Tiu Kelep. Medan yang dilalui tak mudah, jalanan sebagian besar masih berupa tanah, bebatuan dengan kontur menanjak, menurun hingga menyusuri sungai.

Nama Tiu Kelep sendiri memiliki arti ‘kolam terbang’. Dinamakan demikian karena pada bagian dasarnya terdapat kolam cekungan yang kira-kira hanya sepinggang orang dewasa.

Air Terjun Tiu Kelep masih lebih alami, jarang warung makan atau tempat mandi untuk bilas. Turis senang datang ke sini untuk basah-basahan. Air terjunnya terlihat sangat cantik, Bahkan di bawah air terjun terlihat pelangi saat matahari sedang terik-teriknya.

2. Air Terjun Sendang Gile

Sendang Gile Waterfall
Sendang Gile Waterfall via IG @marsheldotcom

Air Terjun Sendang Gile berada di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, propinsi Nusa Tenggara Barat. Air terjun ini merupakan akses menuju puncak Rinjani. Bahkan lokasi air terjun merupakan pintu masuk untuk pendakian menuju puncak Rinjani.

Untuk menuju ke tempat ini, para pengunjung harus melalui ratusan anak tangga yang mencapai ketinggian 40 meter. Juga ada jembatan berlubang membentang di atas sebuah lembah. Perjalanan alternatif juga bisa dilakukan dengan cara menyelusuri pinggir lembah yang agak curam dan mengikuti saluran irigasi serta menyeberangi jembatan yang terbuat dari rotan, namun perjalanannya lebih ringan tanpa pendakian dan melewati persawahan dan sungai. 

Ketika mandi di air terjun ini, kamu akan mendapatkan sensasi unik yaitu ketika diam di bawah air terjun dan merasakan jatuhnya air ke tubuh, kamu akan merasakan seperti mendapatkan pijatan secara gratis. Pada awalnya ketika memposisikan diri di bawah air terjun, badan akan terasa sakit. Namun lama kelamaan rasa sakit tersebut berubah menjadi pijatan yang akan membuat tubuh kamu menjadi lebih segar dan tidak capek lagi.

3. Air Terjun Mangku Sakti

Mangku Sakti
Mangku Sakti

Salah sattu tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di wilayah lereng Gunung Rinjani adalah Air Terjun Mangku Sakti. Air terjun ini terletak di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur. Air terjun ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Jaraknya sekitar 50 km dari pusat Kota Selong kalo, kamu akan melewati jalur perbukitan Sembalun, dengan jalan yang lumayan terjal dengan hawa yang sangat sejuk.

Air Terjun Mangku Sakti merupakan air terjun yang berwarna hijau toska, karena campuran belerang pada air terjun. Aliran air terjun Mangku Sakti berasal dari Kokoq Puteq yang airnya langsung dari Danau Segara Anak di Gunung Rinjani. Air ini dipercayai berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit. Namun perlu di perhatikan, pengunjung tidak dibolehkan untuk mengambil lumpur belereng dari air terjun.

Objek wisata air terjun di kaki Gunung Rinjani ini memang cocok bagi kamu yang ingin mengeksplor sisi lain dari bentang alam pulau Lombok. Selain panorama alamnya yang mempesona, Mangku Sakti juga termasuk ke dalam kategori destinasi wisata berharga terjangkau, kamu cukup menyiapkan uang 10.000 buat pengendara sepeda motor atau 20.000 buat pengendara mobil, itu sudah termasuk parkir dan tiket masuknya plus kamu bisa basah-basahan di bawah air terjun yang sangat seger.

4. Air Terjun Benang Kelambu

Benang Kelambu
Benang Kelambu via IG @kproxi

Air Terjun Benang Kelambu terletak di Desa Aik Beriq, kecamatan Bsatukliyang Utara Lombok Tengah, di lereng selatan Gunung Rinjani. Dari sini juga menjadi salah satu pintu masuk pendakian Gunung Rinjai , jika naik mobil atau sepeda motor dari Mataram dapat di tempuh selama sekitar 1 jam perjalanan. Dinamakan Benang Kelambu karena curahan air dari banyak mata air diatas berjajar rapi seperti untaian benang yang membentuk kelambu.

Untuk menuju air terjn ini dapat dilakukan dengan tracking melewati areal hutan kemasyarakatan atau menumpang ojek motor dengan kondisi jalan bebatuan yang rusak. Sepanjang kiri kanan jalan kamu akan melihat banyak pohon-pohon kayu dan buah seperti durian, kopi, dan masih banyak lainnya. Selanjutnya kita mesti menuruni ratusan anak tangga yang menuju untuk sampai di tepi air terjun. Serombongan kera ekor panjang akan menyambut dengan berbagai suara cuitan antara malu atau ragu untuk mendekat.

Pada jarak yang agak jauh, pemandangan yang akan kamu lihat adalah aliran air berlapis-lapis, mulai dari atas tebing hingga ke kolam. Kamu juga bisa duduk santai di tepi bibir kolam sambil merendam kaki merasakan dingin dan kesejukannya air yang bikin hati nyaman dan damai. Pemandangan di bawah kolam juga terdapat sungai dengan aliran airnya yang tenang, namun suaranya bikin hati tenang.

5. Air Terjun Timponan

Air Terjun Timponan
Air Terjun Timponan

Air terjun Timponan terletak di Dusun Praba, Desa Batu Mekar, Kecamatan Lingsar, kabupaten Lombok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Air terjun ini berada di kedalaman hutan wisata Sesaot, posisinya tepat di ujung lahan perkebunan warga dan memiliki ketinggian sekitar 35 m dengan posisi terjunan air yang vertikal. 

Airnya cukup jernih, dan dingin dengan debit yang tidak terlalu besar.  Di bawahnya terdapat kolam berdiameter sekitar 10 m dengan kedalaman hingga setinggi badan orang dewasa.  Di kolam ini banyak terdapat binatang air seperti kepiting, udang dan ikan kecil.

Air terjun ini jatuh mengalir dari tebing yang ditumbuhi lumut sehingga terlihat eksotis. Kamu pasti akan takjub dengan suasana alam sekitar yang masih terdapat pohon-pohon rindang. Tentunya suasana di tempat wisata air terjun ini begitu segar dan juga sejuk.

 jika kamu datang ke wisata air terjun timponan, kamu akan merasakan sensasi tracking dan menjelajah ke hutan. Selain itu air terjun tersebut dapat kamu gunakan untuk berenang maupun sekedar bermain air di sana. Tapi kamu harus berhati-hati karena banyak bebatuan licin sehingga mudah sekali membuat siapa saja terpleset. Alamnya yang masih asri pun juga sangat keren bila kamu menggunakannya untuk berfoto maupun berselfie pastinya akan terlihat keren.

Untuk masuk wisata air terjun ini cukup murah. Kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 untuk biaya masuk. Sedangkan untuk parkir menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya Rp 2.000 saja. Memang sangatlah murah dan kamu pun bisa menikmati keindahan air terjun tersebut. Next

ramadan
Mie Ayam Blitar

Mie Ayam di Blitar yang Murah dan Enak

Pawon Sasak

Enaknya Masakan Ala Pawon Sasak Tastura Lombok Tengah