in ,

Kesegaran Air Terjun di Tapanuli Tengah Memang Susah Ditolak, Bikin Pingin Main Air Terus

Air Terjun di Tapanuli Tengah, Segarnya Susah Ditolak

Air Terjun di Tapanuli Tengah
Air Terjun di Tapanuli Tengah

Tapanuli Tengah, kabupaten yang berada di Provinsi Sumatera Utara, tersohor akan keindahan wisata alamnya seperti pantai-pantai. Beberapa di antaranya adalah Pantai Pandan, Pantai Bosur, Pantai Kahona. Terdapat juga pulau yang memiliki panorama indah layak untuk disinggahi, sebut saja Pulau Mursala dan Pulau Putri. Tidak hanya itu, kawasan ini pun menawarkan air terjun di Tapanuli Tengah dengan keistimewaan masing-masing. Ada apa saja ya?

Baca juga : Rekomendasi Kuliner Enak di Pasuruan yang Wajib Dicoba

Air Terjun Silaklak

Air Terjun Silaklak via Shutterstock
Air Terjun Silaklak via Shutterstock

Air terjun Silaklak berlokasi di Desa Unte Mungkur III Kecamatan Kolang, dengan ketinggian sekitar 35 meter ini terletak di tengah-tengah hutan lebat, tidak heran kalau pelancong lokal memilih menghabiskan waktu berlibur di area ini. Apalagi posisinya tidak begitu jauh dari jalan utama, Jalan Sibolga-Barus, sekitar 400 meter yang ditempuh dengan berjalan kaki melewati jalan setapak. Sepeda motor atau mobil di parkir di sekitar pinggir jalan raya tersebut.

Teman Traveler sebaiknya membawa bekal sendiri ya, karena belum ada warung di sekitar air terjun. Menariknya, guyuran air terjun membentuk kolam alami dengan luas kurang lebih 15 meter persegi dengan kedalaman 1 hingga 2 meter. Tidak terlalu dalam untuk ukuran orang dewasa, jadi bisa dimanfaatkan untuk berenang dan berendam. Air terjun di Tapanuli Tengah ini disebut juga Sipitu-pitu karena memiliki 7 tingkatan air terjun, ini mempunyai cerita rakyat.

Air Terjun Aloban Bair

Air Terjun Aloban Bair via Instagram @nadirsyah_sihotang
Air Terjun Aloban Bair via Instagram @nadirsyah_sihotang

Air terjun di Tapanuli Tengah ini menawarkan beberapa tingkatan air dengan ketinggian berbeda-beda. Berada di Desa Aloban Kecamatan Tapian Nauli, air terjun utama di Aloban Bair bisa ditempuh oleh sebagian besar wisatawan dengan ketinggian air sekitar 8 meter dengan kolam paling luas dan paling dalam. Di sinilah wisatawan biasa menikmati kesegaran air terjun Aloban Bair dengan berenang dan berendam.

Kawasan ini tepat sekali bagi pecinta susur tebing. Demi menuju puncak air terjun, Teman Traveler harus melewati sisi-sisi tebing bebatuan yang membutuhkan keahlian khusus. Air terjun Aloban Bair bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor dari pusat Tapanuli Tengah sektiar 60 menit. Kemudian dari Jalan Sibolga-Barus, berjarak kurang lebih 30 menit dengan motor. Aksesnya berupa jalan beton, namun harus tetap berhati-hati karena ada bagian jalan yang rusak dan licin.

Air Terjun Mursala

Air Terjun Mursala via Instagram @adi_spoetra
Air Terjun Mursala via Instagram @adi_spoetra

Air terjun di Tapanuli Tengah satu ini tergolong unik, karena guyuran airnya mengalir langsung ke lautan. Berada di Pulau Mursala, ditempuh dengan menggunakan speed boat selama sekitar 45 menit dari Kota Pandan, ibu kota Tapanuli Tengah. Bisa juga ditempuh dengan kapal kayu namun memakan waktu lebih lama, setidaknya 3 jam. Teman Traveler harus menyiapkan budget Rp2,5 jutaan untuk menyewa speed boat yang bisa dinaiki maksimal 20 orang.

Berwisata ke air terjun Mursala memang lebih enak rame-rame, bisa menghemat ongkos. Setelah tiba, Teman Traveler bisa nyebur ke lautan menikmati keindahan air terjun Mursala. Tetap berhati-hati ya karena arus air laut dan debit air terjun deras dan kencang. Untuk jarak aman, setidaknya 50 meter dari air terjun dengan ketinggian 35 meter.

Air Terjun Sihobuk

Air Terjun Si Buni Buni via Instagram @zin.otto_libra
Air Terjun Sihobuk via Instagram @zin.otto_libra

Air terjun Sihobuk yang dulunya disebut Sibuni-buni ini merupakan tempat pelancong lokal menghabiskan liburan, kawasan ini sangat ramai terutama di akhir pekan. Berada di Desa Sibuni-buni Kecamatan Sarudik, berjarak kurang lebih 18 menit dari Kecamatan Pandan, ibu kota Tapanuli Tengah. Kolam yang menampung air terjun telah diberi dinding pembatas, terdapat 3 kolam dengan beragam kedalaman. Fasilitas di sini terbilang lengkap, ada kamar mandi, warung, gazebo, dan tempat berjualan oleh-oleh.

Sebagian air terjun di Tapanuli Tengah yang telah diulas di atas, memiliki akses yang mudah dijangkau. Bisa jadi referensi liburan bagi yang berada di Tapanuli Tengah dan sekitarnya. Teman Traveler sudah pernah singgah di air terjun yang mana? Next

ramadan
Grojogan Sewu

Grojogan Sewu Kulon Progo, Surga di Balik Perbukitan Menoreh

Inspirasi Spot Foto Pantai di Malang, Siap Pasang di Instagram Bikin Iri Banyak Orang!