in , , ,

Air Terjun Dlundung, Perpaduan Keindahan Alami, Suasana Sejuk, dan Pengelolaan Yang Baik

Kalau kita mencari objek wisata alam air terjun di Jawa Timur, mungkin sudah sangat umum rasanya kalau kita mencarinya di wilayah Malang. Selain itu, kita bisa menjelajah wilayah Mojokerto untuk menemukan sensasi air terjun yang berbeda. Tepatnya di Trawas, Kabupaten Mojokerto, Teman Traveler bisa mengunjungi Air Terjun Dlundung. Lokasinya ada di Jl. Raya Trawas, yang menghubungkan ke Tretes, Kabupaten Pasuruan.

Baca juga : Tol Manado-Bitung Siap Digunakan, Sambut Mudik 2019

Air Terjun Dlundung via @suwallireng

Lokasinya akan sangat mudah kita temui, karena di jalan utama sudah terdapat petunjuk arah yang jelas. Selain itu, melalui aplikasi google maps juga bisa terlacak seakurat mungkin. Jika Teman Traveler menempuh perjalanan dari Surabaya akan memakan waktu sekitar 1 jam. Tapi akan lebih cepat jika memulai perjalanan dari Pandaan, karena hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit saja.

1. Keindahan Dimulai Sejak Area Parkir Kendaraan

Pemerintah Kabupaten Mojokerto terlihat sangat serius mengelola setiap potensi pariwisata yang ada di wilayahnya. Ini terlihat juga pada Air Terjun Dlundung yang sangat terjaga kebersihan dan keindahannya, bahkan sejak gerbang masuk dan area parkir kendaraan objek wisata ini. Area parkir ini sangat tertata rapi dan menarik dengan latar pepohonan hutan yang sangat rimbun. Tentunya hal ini membuat kita penasaran akan keindahan air terjun di dalamnya.

2. Disambut Dengan Sebuah Kolam Alami Yang Segar

Baru saja beranjak beberapa langkah setelah memarkir kendaraan, Teman Traveler akan disuguhi sebuah kolam dengan air sangat jernih dan segar yang mengalir langsung dari sungai tempat Air Terjun Dlundung berada. Teman Traveler bisa beristirahat sejenak di tempat ini setelah perjalanan jauh, dengan sekedar bermain air atau duduk di tepian kolam sambil menikmati sejuknya suasana. Di tepi kolam ini ada sebuah bangunan toilet yang sangat unik dan sangat mungkin untuk kita jadikan objek foto.

3. Jalanan Teduh Menuju Lokasi Air Terjun

Karena lokasi wisata Air Terjun Dlundung yang sudah dikelola dengan sangat baik, semua kebutuhan wisatawan pun terfasilitasi dengan sangat baik pula. Ini juga terlihat pada jalanan yang disediakan untuk menuju lokasi air terjun. Dari area parkir kendaraan, Teman Traveler akan langsung disambut sebuah tangga yang berlanjut ke sebuah jalan yang indah menuju air terjun dengan tebing dan pepohonan rindang di sisi-sisinya. Banyak juga yang memanfaatkan jalan ini untuk tempat berfoto, karena dari atas jalan ini juga terlihat taman bunga yang ada di bawahnya.

4. Air Terjun Yang Lumayan Deras Menggoda Untuk Mandi

Di ujung jalanan indah yang dilalui mulai dari area parkir, Teman Traveler akan langsung menemukan air terjun yang diberi nama Dlundung. Walaupun airnya tidak terlalu deras, tapi air terjun ini lumayan tinggi dengan tebing batu yang berlapis-lapis bersembunyi di balik air terjunnya.

Tepat di bawah air terjun ini, Teman Traveler bisa menemui sebuah kolam penampungan air yang tidak begitu dalam. Karena air yang tidak begitu deras dengan kolam air yang dangkal ini, banyak wisatawan yang mandi di sana. Tapi yang perlu diingat adalah tetap adanya larangan bermain di bawah air terjun jika hujan turun, karena dikhawatirkan ada batu yang jatuh dari atas aliran air terjun.

Bukan hanya sebuah air terjun indah yang akan Teman Traveler temukan, berjalan sedikit ke sisi bawah air terjun akan terlihat kolam-kolam air yang sengaja diberi sekat agar menahan airnya yang jernih dan bisa digunakan untuk mandi atau bermain air.

Kolam-kolam air ini ada beberapa buah yang bentuknya seperti terasiring di sebuah aliran sungai. Tempat ini sangat cocok digunakan untuk anak-anak bermain air, mengingat arus airnya yang sangat tenang dengan kedalaman yang dangkal. Tapi Teman Traveler tentu harus tetap mengawasi mereka, karena bebatuan yang ada di sini lumayan licin.

5. Spot Berfoto di Samping Air Terjun

Selain menikmati pemandangan air terjun yang sangat indah, datang ke Air Terjun Dlundung Teman Traveler juga bisa menemukan spot foto hits. Spot foto ini bisa kita temukan tepat di samping air terjun. Tulisan “Dlundung Waterfall” berwarna keemasan yang terpasang di dinding tebing yang ada di tepi sungai jernih dan segar ini banyak dijadikan spot foto favorit oleh pengunjung. Kalau datang ke air terjun ini di hari libur, pastinya Teman Traveler harus bersabar untuk antri berfoto, karena pengunjung akan memadati tempat ini berebut posisi terbaik untuk selfie.

6. Taman-Taman Bunga yang Indah

Lokasinya yang berada di lereng pegunungan membuat hawa sejuk selalu menyelimuti objek wisata ini. Pinus dan pepohonan tinggi lainnya akan Teman Traveler temukan di tempat ini. Tidak hanya itu, dinginnya udara di tempat ini membuat berbagai macam jenis bunga-bunga indah tumbuh di taman yang ditata begitu sangat rapi. Untuk pengunjung yang menyukai bunga, pasti akan betah jalan-jalan di taman bunga yang ada di wisata alam ini.

7. Gazebo Bersantai di Tengah Taman

Kalau sudah lelah mengelilingi area wisata Air Terjun Dlundung, Teman Traveler bisa mampir ke gazebo yang ada di area samping tempat wisata ini. Lokasi gazebo yang bisa digunakan untuk duduk bersantai ini, ada di tengah-tengah taman bunga dan juga pepohonan yang membuat tempat ini menjadi sangat teduh. Membuka bekal untuk makan bersama teman-teman di gazebo ini pasti akan sangat menyenangkan.

8. Mampir ke Taman Kelinci di Perjalanan Pulang

Di perjalanan pulang dari Air Terjun Dlundung yang jaraknya kurang dari 200 meter, Teman Traveler bisa menemukan sebuah taman bunga yang amat sangat indah. Lokasinya dengan sangat gampang bisa ditemukan karena berada tepat di sisi jalan dan hanya cukup menyeberangi sebuah jembatan di atas sungai saja untuk masuk ke area ini.

Nama spot wisata ini adalah Taman Kelinci. Di sini ada sebuah area kandang kelinci yang sangat imut, dan tentunya dengan dikelilingi area taman bunga yang indah. Masuk ke tempat ini, Teman Traveler akan dikenakan biaya tambahan Rp5.000 saja per orang.

9. Terdapat Area Camping di Tengah Hutan Pinus

Masih di sisi jalanan mengarah ke luar area wisata Dlundung, Teman Traveler bisa menemukan area yang disediakan untuk kamping. Tempat berkemah ini sangat indah di antara pepohonan pinus yang tinggi. Tempat ini biasanya ramai digunakan pengunjung untuk kamping di akhir pekan. Selain itu lokasi ini menjadi tempat favorit untuk berkemah bagi anggota pramuka.

Tempat wisata alam Air Terjun Dlundung ini sangat cocok untuk Teman Traveler kunjungi bersama keluarga, mengingat lokasinya yang mudah ditemukan, memiliki pemandangan indah dengan segala fasilitas yang ada, serta medan yang sangat bersahabat. Masuk ke taman wisata ini juga sangat terjangkau, Teman Traveler hanya dikenai biaya masuk Rp10 ribu per orang di hari biasa, Rp13 ribu di hari libur, Rp5 ribu untuk parkir mobil, dan Rp3 ribu untuk parkir motor. Next

ramadan

Sejuknya Hutan Jati Cafe Purwakarta Cocok Bersama Sahabat

Bukit Puser Angin Kudus, Indahnya Bak Raja Ampat