in , ,

Air Terjun Langkuik Tinggi, Surga Tersembunyi di Malalak

Menjelajah Indahnya Air Terjun Langkuik Tinggi

Air Terjun Langkuik Tinggi
Air Terjun Langkuik Tinggi (c) Novia Harlina/Travelingyuk

Teman Traveler mungkin masih asing dengan Malalak. Kabupaten di Agam, ini memang tak sepopuler daerah lain di Sumatra Barat. Namun bicara soal air terjun, tempat ini bisa dibilang salah satu surganya. Salah satu yang pantang kalian lewatkan adalah Air Terjun Langkuik Tinggi.

Baca juga : Universall Theme Park, Berlibur Tanah Minang Rasa Eropa

Keasrian yang Terjaga

Air Terjun Langkuik Tinggi menempati salah satu sudut wilayah Malalak, kabupaten yang berada di kaki Gunung Singgalang dan Tandikek. Kawasan sekitar sini memang banyak dipenuhi hutan, dengan panorama alam indah dan keasrian yang masih sangat terjaga. Teman Traveler bisa mencapai tempat ini dengan berkendara kurang lebih satu jam dari Bukittinggi.

Untuk tiket masuk, Teman Traveler cukup bayar Rp5.000 per orang. Jika membawa kendaraan bermotor, kalian harus keluarkan ekstra Rp.5000 untuk tarif parkir. Jika kurang mengenal medan sekitar, bisa meminta bantuan guide warga setempat.

Medan Menantang

dsc02235_kYH.JPG
Perjalanan menuju air terjun (c) Travelingyuk

Selain itu, air terjun ini juga sangat cocok untuk Teman Traveler yang hobi bertualang. Pasalnya medan yang dilalui bakal cukup bervariasi serta menantang. Kalian bakal berjalan melewati kawasan perkebunan milik warga, area hutan, beberapa tanjakan serta turunan, hingga menyusuri pinggiran sungai.

dsc02195_IVH.JPG
Menyusuri sungai (c) Novia Harlina/Travelingyuk

Sedikit tips buat Teman Traveler, sebelum memulai perjalanan pastikan fisik kalian dalam kondisi kuat. Gunakan alas kaki nyaman sesuai medan yang dilewati. Sebaiknya mampir saat musim kemarau agar aliran sungai tak terlalu deras. Oh ya, jangan lupa membawa bekal lengkap karena di lokasi tidak ada warung sama sekali.

Teman Traveler juga harus ekstra hati-hati karena ada banyak jalur yang kemiringannya mencapai 70 derajat. Tapi jangan khawatir ya, pengelola sudah menyiapkan pijak dan tali sebagai pegangan.

Banyak Air Terjun Lain

dsc02176_PIE.JPG
Salah satu air terjun sebelum Langkuik (c) Novia Harlina/Travelingyuk

Teman Traveler bisa menemukan banyak air terjun lain sebelum sampai di tujuan utama. Setelah perjalanan kurang lebih 700 meter, kalian bakal sampai di air terjun pertama. Tempat ini bisa kalian manfaatkan untuk istirahat sejenak sambil mengabadikan momen. 200 meter berselang, akan ada air terjun lagi yang bisa kalian manfaatkan untuk berenang sekaligus beristirahat.

dsc02288_OqN.JPG
Kalian bisa beristirahat di sini (c) Novia Harlina/Travelingyuk

Tak jauh dari air terjun kedua, Teman Traveler akan menemukan air terjun lain yang tidak kalah mempesona. Anggap saja deretan destinasi ini sebagai bonus sebelum kalian sampai di tujuan utama.

Pesona Langkuik Tinggi

dsc02408_4YZ.JPG
Pesona Langkuik dari kejauhan (c) Novia Harlina/Travelingyuk

Langkuik Tinggi menjulang setinggi 100 meter dengan tebing menjulang di sekitarnya. Cipratan airnya sanggup membuat pengunjung basah kuyup hingga radius 15 meter! Berwisata ke sini sungguh takkan bikin Teman Traveler menyesal deh.

dsc02296_trr.JPG
Berfoto dengan latar belakang air terjun (c) Novia Harlina/Travelingyuk

Teman Traveler disarankan tidak mendekat karena aliran airnya lumayan deras. Namun jangan khawatir, masih ada beberapa spot keren untuk kalian berfoto kok. Salah satunya adalah kawasan berbatu seperti yang bisa dilihat dalam gambar di atas. Jangan lupa abadikan momen di sini ya.

Itulah sedikit pengalaman saya menjelajah Air Terjun Langkuik Tinggi, surga tersembunyi di sudut Malalak. Jika Teman Traveler berencana menjelajah wisata Sumatra Barat dan sekitarnya, jangan lupa mampir ke sini ya. Next

ramadan

Jelajah Pulau Merah, Pantai dengan Banyak Atraksi di Banyuwangi

Nasi Jinggo

3 Makanan Khas Bali, Sensasi Kudapan khas Pulau Dewata