in ,

5 Air Terjun di Purwakarta, Indahnya Langsung Bikin Jatuh Cinta

Purwakarta termasuk dekat dengan Jakarta karena masih menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat. Ketika ingin cari suasana baru selain Bogor, kamu bisa bertandang ke tetangga Bandung ini. Ada banyak wisata alam yang menunggumu, terutama guyuran air terjun yang membawa kesegaran. Sekali lihat, pasti bikin kamu jatuh cinta. Berikut ini adalah beberapa destinasi air terjun yang bisa kamu pilih.

Baca juga : Tips Liburan di Pantai dengan Anak Kecil, Kamu Bisa Bersenang-senang Juga

1. Curug Cipurut

Curug Cipurut [image source]
Jika berangkat dari pusat Kota Purwakarta, kamu harus menempuh jarak sekitar 30 km menuju ke arah kaki Gunung Burangrang dan tidak begitu jauh dari Terminal Wanayasa. Angkutan banyak tersedia di terminal. Sebenarnya tempat ini terdiri dari 3 air terjun dan yang paling tinggi mencapai 25 meter. Dua lokasi lain bisa didatangi untuk bermain seluncuran air. Juga terdapat area untuk pengunjung yang ingin kemping.

Curug Cipurut [image source]
Lokasi: Babakan, Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

2. Curug Tilu Sukasari

Curug Tilu [image source]
Curug Tilu berada di Sukasari yang sebagian besar areanya masih berupa hutan. Sebutan lainnya adalah Grand Canyon karena memiliki tebing-tebing dengan aliran air yang jernih menyegarkan. Hebatnya, kini telah disediakan fasilitas tempat menginap atau homestay bagi pengunjung yang ingin bermalam. Kalau lapar, kuliner nasi liwet di sini wajib kamu coba. Dari Jakarta kamu bisa lewat Jalur Pantura via Tol Cikampek menuju ke Kota Purwakarta kemudian lanjut ke Ciririp untuk ke sini.

Curug Tilu [image source]
Lokasi : Ciririp, Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

3. Curug Ciseoh

Curug Ciseoh [image source]
Destinasi yang tersembunyi bernama Curug Ciseoh berada di desa terakhir sebelum memasuki Gunung Burangrang. Agar lebih mudah mengaksesnya, arahkan kendaraanmu menuju ke Wanayasa. Lalu lanjut ke arah Kecamatan Bojong sejauh 7 km. Setelah itu harus ke Sindang Panon dan belok kiri menuju Desa Pasanggrahan. Dari sini desa berikutnya adalah Cihanjar tempat Curug Ciseoh berada. Butuh jalan kaki sejauh 1 km dari pemukiman terdekat. Bawa bekal sendiri ya, karena fasilitasnya masih sangat minim.

Curug Ciseoh [image source]
Lokasi : Peuteuy, desa Cihanjawar,kecamatan Bojong,Purwakarta.

4.  Curug Suhada

Curug Suhada [image source]
Perjalananmu yang panjang dan melelahkan menuju ke Curug Suhada tidak akan sia-sia begitu kamu sampai di lokasi. Sekilas, penampakannya mirip dengan Curug Malela di Bandung. Memang tidak terlalu besar, tapi keindahannya juga tidak kalah dari tempat wisata Purwakarta lain.  Karena trgolong aman, pengunjung bisa basah-basahan dan bermain air. Namun tetap haris berhati-hati. Terutama ketika datang di musim hujan. Arah ke sini bisa dilalui menggunakan jalur via SMAN 2 Sukatani. Lanjutkan perjalanan munuju hutan bambu. Lokasi Curug, tidak begitu jauh dari sini.

Curug Suhada [image source]
Lokasi : Kampung Tajur, Desa Sindanglaya, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta

5. Curug Cisomang

Curug Cisomang [image source]
Curug Cisomang mengaliri sebuah tebing yang lumayan tinggi. Di sekitarnya ditumbuhi pohon-pohon rindang serta lebat. Bahkan menurut warga setempat masih ada binatang liar yang hidup di dekat air terjun. Jadi saat melakukan perjalanan ke sini, kamu harus berhati-hati sekali. Karena letaknya masih tersembunyi, tidak banyak yang tahu tentang destinasi ini. Kamu bisa bertanya pada penduduk desa terdekat di Darangdan, kira-kira 25 km dari pusat Kota Purwakarta menuju arah Bandung.

Curug Cisomang [image source]
Lokasi : Desa Depok, Darangdan, Purwakarta

Itulah beberapa air terjun atau curug yang jadi andalan objek wisata Purwakarta. Menikmati alam setelah lelah dengan pekerjaan adalah kegiatan yang menyenangkan. Destinasi mana yang mau kamu kunjungi terlebih dahulu. Next

ramadan

5 Spot Terbaik Menyapa Matahari Pagi di Jogja

Lakukan 5 Hal Ini Agar Terhindar dari Depresi, Traveling Yuk!