in , , ,

Air Terjun Suhom, Pesona Eksotis Wisata Alam di Aceh Barat

Air Terjun Suhom Aceh memiliki pesona eksotis dan keindahan tersendiri, seperti bukit yang ada di belakang air terjun atau kolam cantik.

Air Terjun Suhom

Aceh Barat punya sederet pesona pantai yang menjadi andalan wisata. Saat berada di daerah ini, rasanya kurang afdal kalau tak mengunjungi pantai dan pulaunya. Tapi, ada pula salah satu wisata alam yang tak kalah menarik dari pantai yang ada di Aceh Barat. Ialah Air Terjun Suhom.

Baca juga : Coban Jidor, Keindahan Eksotis di Kawasan Jabung

Air terjun ini menyuguhkan pesona yang cantik dan eksotis. Sayang banget kalau kamu tidak mengunjungi wisata ini saat berada di Aceh Barat. Yuk jelajahi air terjun satu ini!

Pesona Eksotis Air Terjun Suhom

Air Terjun Suhom atau dikenal juga dengan Air Terjun Lhoong atau Air Terjun Krueng Kala berada di Desa Krueng Kala, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Barat, Aceh. Wisata ini menyuguhkan air yang jatuh dari ketinggian sekitar 50 meter yang berasal dari bukit hijau di belakang air terjun. Bukit itu pula yang menambah keunikan dari tempat wisata ini. 

Air Terjun Suhom
Foto via Instagram

Terdapat 3 tingkatan dari air terjun ini, tapi yang boleh dikunjungi hanya tingkat 1. Karena terdapat pembangkit listrik tenaga mikrohidro di tingkatan 2 dan 3, sehingga pengunjung tidak diperkenankan masuk. Selain menjadi objek wisata, air terjun ini juga menjadi sumber energi listrik warga sekitar dengan pembangki listrik yang bisa menghasilkan 23 kw per jam.

HTM dan Kegiatan Seru

Untuk masuk ke sini, Teman Traveler tak perlu merogoh kocek dalam. Hanya perlu membayar sebesar Rp5.000 yang sudah termasuk biaya parkir kendaraan. Kamu bisa menikmati pemandangan dan suasana air terjun sepuasnya. Terdapat kolam dengan air hijau kebiruan sedalam 2 meter yang bisa dibuat berenang para orang dewasa.

Air Terjun Suhom
Foto via Instagram

Khusus untuk anak-anak, bisa berenang di sungai terusan air terjun yang lebih dangkal dengan pengawasan orang tua. Kamu juga bisa duduk santai di bebatuan besar di samping kolam sembari merendam kaki di kolam. Di saat musim durian, kamu bisa menikmati durian lokal yang berasal dari perkebunan durian milik warga di sekitar air terjun.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas yang disediakan pengelola memang belum lengkap dan memadai untuk para pengunjung. Terdapat parkir luas, gazebo, kamar mandi, kamar ganti, masjid, musala, dan warung makan di sekitar air terjun.

Air Terjun Suhom
Foto via Instagram

Untuk bisa ke sini, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari Banda Aceh. Beberapa tantangan pun akan kamu temui saat perjalanan menuju ke sini. Seperti jalanan khas pegunungan yang berkelok, naik turun, dan sempit. 2 gunung akan kamu lewati, yaitu Gunung Kulu dan Gunung Paro. Selain itu, kamu akan mendapati segerombolan kera di perjalanan dekat air terjun.

Meski harus menempuh perjalanan yang sedikit sulit, tapi rasa lelah akan terbayar seketika kamu menginjakkan kaki di area Air Terjun Suhom. Kalau mau ke tempat ini, hindari saat musim hujan ya! Next

ramadan
The Wujil Aqua Park

The Wujil Aqua Park, Wahana Air dengan Balon Terapung Seperti di Benteng Takeshi

Korban selamat pesawat jatuh di Hutan Amazon

Jadi Korban Pesawat Jatuh, 4 Anak Ini Bertahan Hidup Setelah Hilang 40 Hari di Hutan Amazon